Ikan Sepat - 5 Jenis Ikan Sepat Hias Beserta Harga dan Cara Merawat

Ikan Sepat - Siapa sih yang tidak tahu apa itu ikan sepat ? Di indonesia ikan sepat ini sangat populer loh namun bukan sebagai ikan hias namun sebagai ikan konsumsi karena rasanya yang nikmat dan sering dibuat untuk ikan sepat asin. Sekarang ada jenis ikan sepat yang digunakan sebagai ikan hias loh.

Ikan sepat hias ini juga tidak kalah bagus dari jenis ikan hias lainnya dan mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi. Ikan sepat juga sering dikatakan sebagai ikan labirin karena sistem pada pernafasan ikan ini disebut organ labirin berarti ikan ini mempunyai sistem pernafasan dari lipatan membran yang menutup tulang dan membentuk seperti organ dan membentuk jaringan tipis yang berfungsi untuk pernafasan.

ikan sepat
ikan sepat
daftar isi

  1. Ikan Sepat
  2. Jenis Ikan Sepat
  3. Cara Merawat Ikan Sepat
  4. Harga Ikan Sepat

Ikan Sepat

Ikan sepat ini mempunyai nama lain yaitu ikan labirin hal tersebut dikarenakan pada pernafasan ikan sepat ini mempunyai organ labirin yang disusun dari lipatan membran yang menutup tulang dan membentuk organ tersebut. Jaringan yang tipis tersebut mempunyai fungsi sebagai pernafasan.

Ikan ini mempunyai habitat asli di Thailand, Vietnam, dan di sekitar Malaysia. Ikan sepat ini mempunyai kelemahan yaitu ikan ini jika dibawa ke perjalanan yang jauh ikan ini akan mudah stress dan mati.

Bentuk dari ikan sepat ini adalah pipih dan memanjang, warna dari tubuhnya juga indah jadi tidak perlu dipungkiri lagi ikan ini sudah berevolusi dari ikan konsumsi ke ikan sepat hiasan .Ikan sepat hias yang dicari untuk dipelihara juga biasanya mempunyai warna corak pada tubuhnya sangat cantik dan sulit ditemukan.

Bentuk sirip pada perut ikan ini seperti duri tipis yang sensitif. Pada bagian tersebut juga dipakai untuk mendeteksi informasi tentang lingkungan di sekeliling ikan sepat ini tinggal. Ikan ini termasuk ke dalam ikan hias besar karena bisa tumbuh mencapai 6 cm. Ikan ini punya jangka waktu untuk hidup sekitar 4 tahun sampai 6 tahun.

Sebenarnya ikan sepat ini masuk dalam jenis ikan gurami. Untuk membedakannya sendiri adalah ikan ini mempunyai warna ke abu-abuan atau ada warna kebiruan yang terdapat pola butiran berwarna kehijauan atau berwarna perak layaknya taburan mutiara.

Kali ini setelah saya membahas secara umum tentang ikan sepat ini sekarang hewan air info akan membahas tentang jenis ikan sepat atau lebih tepatnya jenis ikan sepat hias.

Jenis Ikan Sepat

1. Ikan Sepat Siam

ikan sepat - ikan sepat siam
Ikan Sepat Siam

 Jenis pertama yaitu ikan sepat siam yang mempunyai nama lain yaitu trichogaster pectoralis atau ikan air tawar sejenis dengan gurami. Di daerah Jawa Timur ikan ini dikenal dengan nama sliper. Ikan ini juga mempunyai nama lain yaitu snake skin gouramy atau gurami kulit ular dinamakan seperti itu karena ikan sepat siam ini mempunyai pola warna belang-belang pada sisi-sisi tubuhnya.

Ikan sepat siam ini mempunyai ukuran tubuh yang sedang dengan panjang umumnya hanya mencapai 20 cm dan panjang maksimalnya bisa 20 cm. Untuk ikan yang liar biasanya berwarna perak kusan berwarna kehitaman, sering juga pada sisi tubuh di bagian belakang mempunyai warna yang agak terang.

Ikan sepat ini masih sering digunakan untuk konsumsi dan juga budidaya karena ikan sepat siam ini mempunyai harga yang sangat mahal apa lagi jika sudah dibuat ikan sepat asin bisa mencapai Rp. 88.000.

2. Ikan Sepat Mutiara

ikan sepat - ikan sepat mutiara
Ikan Sepat Mutiara

Selanjutnya adalah ikan sepat mutiara yang termasuk dalam ikan sepat hias. Di Inggris ikan sepat ini terkenal dengan nama mosaic gourami, lace gourami, dan pearl gourami. Dengan namanya ikan sepat mutiara ikan ini mempunyai pola warna berbintik hitam dan ada bulat-bulat berwarna cerah, dan ada garis hitam lurus di sisi tubuh ikan ini.

Ikan sepat mutiara ini hidup di perairan rawa-rawa pada dataran yang rendah dan mempunyai air yang sedikit asam. Indonesia mempunyai daerah-daerah tempat ikan sepat mutira ini berada yaitu di Kalimantan dan Sumatera. Walaupun berhubungan dekat dengan jenis ikan sepat siam yang sering dikonsumsi ikan sepat mutiara ini lebih disukai masyarakat sebagai ikan hias atau ikan peliharaan.

Ikan ini bisa berkembangbiak di perairan yang tergenang dan terbatas. Oleh karena itu ikan ini sering ditemukan di genangan air ataupun rawa-rawa, ikan sepat mutiara ini juga termasuk dalam omnivora yaitu pemakan segalanya baik itu nabati seperti sayuran dan buah ataupun hewani seperti ikan-ikan yang berukuran lebih kecil dan udang kecil.

Untuk harga ikan sepat mutiara ini terjangkau loh yaitu berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 aja untuk per ekornya.

3. Ikan Sepat Madu

ikan sepat - Ikan Sepat Madu
Ikan Sepat Madu

Ikan sepat madu ini juga mempunyai nama lain yaitu guramy madu. Ikan sepat madu ini mempunyai warna yang terang layaknya emas dan jika terkena cahaya dari lampu aquarium ikan ini menjadi sangat bagus untuk menghiasi aquarium kamu, ikan ini juga tidak agresif jadi bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya.

Harga ikan sepat madu ini sangatlah murah berkisar Rp. 3000 untuk 1 ekornya jadi kamu bisa membeli banyak ikan sepat madu ini untuk mengiasi aquarium kamu.

4. Ikan Sepat Biru

ikan sepat - Ikan Sepat Biru
Ikan Sepat Biru

Seperti namanya ikan sepat biru ini mempunyai warna dominan biru yang sangat elegan dan sangat bagus untuk menghiasi aquarium kamu. Ikan ini mampu tumbuh menjadi besar sampai 12 cm. Walaupun ikan ini biasa mencari makan sendiri di aquarium dengan memakan lumut namun kamu juga harus memberikan makan ikan agar ikan ini mampu bertahan hidup lebih lama.

Jika ingin budidaya ikan ini kamu harus memilih ikan sepat indukan yang bagus. Untuk membedakan indukan betina dan jantan yaitu dengan melihat warna dan tubuhnya. Ikan sepat biru betina mempunyai tubuh yang lebih besar atau gemuk dan mempunyai warna yang pekat atau kusam, sedangkan yang jantan mempunyai warna tubuh yang terang dan mempunyai tubuh yang ramping.

Harga ikan sepat biru ini sama dengan jenis ikan sepat lain yaitu Rp. 3000.

5. Ikan Sepat Padi

Jenis ikan sepat terakhir adalah ikan sepat padi ikan ini sering dinamai juga dengan nama ikan sepat ronggerng. Ikan ini mempunyai 2 fungsi yaitu sebagai ikan hias dan juga sebagai ikan konsumsi. Ikan sepat padi ini mempunyai pernafasan seperti paru-paru oleh karena itu ikan ini mampu bernafas di udara.

Harga ikan sepat padi ini untuk 1 ekornya adalah Rp. 3000 atau kamu bisa mencarinya di sungai karena ikan jenis ini masih tergolong liar dan mudah untuk ditemukan di sungai dengan memberikan umpan ikan sepat yaitu telur semut, cacing, cacing darah, dan daging.

Cara Merawat Ikan Sepat

Merawat ikan sepat sebenarnya mudah namun kesulitan dalam merawat ikan ini adalah ikan sepat ini bisa saja menjadi agresif di aquarium dan menyerang ikan lainnya walaupun sebenarnya ikan ini sangat ramah dengan ikan lainnya. Kemudahan dalam memelihara ikan ini adalah ikan ini tidak mempunyai kadar suhu air berkisar 24 sampai 27 derajat. Untuk komposisi air di aquarium juga tidak terlalu berpengaruh pada ikan ini.

Isi aquarium kamu dengan tanaman yang agak lebat, cahaya pada aquarium sebaiknya terang, usahakan aquarium selalu dalam keadaan tertutup namun tidak terlalu rapat karena ikan ini akan sering kepermukaan untuk mendapatkan udara. Pakan ikan sepat ini bisa dengan serangga, ataupun pelet buatan karena ikan ini tergolong omnivora atau pemakan segalanya.

Berikan juga teman aquarium yang mempunyai sifat damai dan tidak agresif atau kamu bisa memberikan beberapa teman ikan sepat lain namun jumlah ikan sepat jantan sebaiknya lebih banyak dibandingkan ikan sepat betina karena jika jantan banyak dan betina sedikit maka bisa terjadi kerusuhan atau perkelahian antara ikan sepat jantan untuk memperebutkan betina.

Harga Ikan Sepat

Tabel Harga Ikan Sepat

Jenis Ikan Sepat

Harga

Harga Ikan Sepat Siam Rp. 3000 per ekor
Harga Ikan Sepat Mutiara Rp. 10.000 - Rp. 20.000 per ekor
Harga Ikan Sepat Madu Rp. 3000 per ekor
Harga Ikan Sepat Biru Rp 3000 per ekor
Harga Ikan Sepat Padi Rp 3000 per ekor


Itulah penjelasan tentang ikan sepat secara lengkap. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa bagikan artikel ini ke teman-teman mu loh. Jangan lupa mampir ke hewan air info yah

0 Response to "Ikan Sepat - 5 Jenis Ikan Sepat Hias Beserta Harga dan Cara Merawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel