Ikan Salamander - 9 Jenis Ikan Salamander Axolotl Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Ikan Salamander - Banyak ikan yang mempunyai corak yang cantik dan unik untuk dipelihara namun apakah kamu sudah coba memelihara ikan unik yang mirip seperti kadal dan punya tanduk seperti naga ? Kalo belum coba untuk memelihara ikan salamander atau ikan axolotl.

Ikan Salamander
Ikan Salamander

Ikan Salamander

Hewan air ini termasuk dalam kategori amfibi karena bisa hidup di darat dan air namun ikan ini lebih sering berada di dalam air. Secara fisik ikan ini mirip seperti kadal karena mempunyai kaki, ekor yang panjang, dan hidung. Ikan salamander atau ikan oxolotl ini berasal dari mexico tepatnya danau Xochimilco.

Ikan ini sangat cocok untuk ditaruh di aquascape karena mempunyai tubuh yang unik. Hewan yang mempunyai nama ilmiah Ambystoma mexicanum memiliki panjang berkisar 15-17 cm. Pada bagian kepalanya mempunyai tanduk yang sebenarnya itu merupakan insang. Dengan kulit yang lembab ikan salamander ini lebih sering hidup di air dibandingkan darat.

Untuk kamu yang ingin memelihara ikan ini lumayan sulit karena ikan salamander ini sangat sensitif apalagi jika air yang digunakan untuk memeliharanya kotor maka ikan salamander ini akan mudah mati. Umur ikan ini lumayan panjang karena mampu hidup sampai 10 tahun dan ada beberapa jenis ikan salamander dan harga ikan salamander axolotl hias yang bagus untuk dipelihara loh.

Jenis Ikan Salamander

1. Ikan Salamander Leucistic (Axolotl Leucistik)

Ikan Salamander Leucistik
Ikan Salamander Leucistik

Axolotl Leucistik ini merupakan jenis axolotl atau ikan salamander yang sering ditemukan di pasar ikan atau di breeder axolotl. Ikan ini mempunyai ciri khas warna tubuhnya yang dominan putih atau merah muda di bagian tanduknya, lalu dibagian matanya menonjol dengan warna hitam. Harga axolotl Leucistik ini berkisar Rp. 199.000 sampai Rp. 330.000.

2. Ikan Salamander Wildtype (Axolotl Wildtype)

Ikan Salamander Wild Type
Ikan Salamander Wild Type

Axolotl Wildtype ini mungkin akan terlihat sangat menyeramkan karena mempunyai warna hitam atau hijau tua dan tubuh yang lebih besar. Dengan ciri-ciri tersebut membuat jenis ini terlihat seperti kadal besar. Harga axolotl wildtype ini berkisar Rp. 550.000.

3. Ikan Salamander Copper (Axolotl Copper)

Jenis ini bukan hanya mempunyai warna yang cerah seperti kuning/orange dan putih namun mempunyai corak yang unik yaitu bulatan kecil yang mempunyai warna hitam yang menyebar dari kepala hingga bagian ekor.

4. Ikan Salamander Albino (Axolotl Albino/Putih)

Ikan Salamander Albino
Ikan Salamander Albino

Seperti namanya jenis ini mempunyai warna putih di seluruh tubuhnya dan pada bagian mata dan tanduk/insang mempunyai warna putih susu. Jenis ini termasuk sulit untuk ditemukan dan jarang pasar ikan atau pembudidaya mempunyai jenis albino. Harga axolotl jenis ini berkisar Rp. 175.000 untuk anakan atau berukuran kecil dan Rp. 325.000 untuk yang sudah besar.

5. Ikan Salamander Golden Albino (Axolotl Golden Albino)

Ikan Salamander Golden Albino
Ikan Salamander Golden Albino

Axolotl golden albino ini mempunyai ukuran sama dengan jenis lainnya namun mempunyai warna dominan emas dan terdapat warna putih di bagian perut axolotl jenis ini. Pada bagian insang/tanduk ikan ini mempunyai warna yang lebih merah. Harga axolotl golden albino ini berkisar Rp. 285.000 sampai Rp. 450.000 tergantung ukuran dari ikan tersebut.

6. Ikan Salamander Melanoid (Axolotl Melanoid/Hitam)

Ikan Salamander Melanoid/Hitam
Ikan Salamander Melanoid/Hitam

Axolotl melanoid atau ikan salamander hitam ini mempunyai warna yang unik karena hanya mempunyai warna hitam yang pekat diseluruh tubuhnya hingga dibagian tanduknya. Harga dari axolotl melanoid ini berkisar Rp. 199.000 sampai Rp. 300.000.

7. Ikan Salamander Piebald (Axolotl Piebald)

Axolotl piebald mungkin menjadi jenis ikan axolotl atau salamander yang sangat langka dan mahal. Keunikan hewan ini adalah dicoraknya yang terdapat bercak hitam dibagian atas tubuhnya. Sebenarnya bercak hitam yang ada diatasnya merupakan kerusakan pigmen pada kulitnya. Harga axolotl piebald ini bisa mencapai Rp. 1.200.000.

8. Ikan Salamander Blue (Axolotl Blue/Biru)

Pada jenis ini mempunyai warna biru hanya pada bagian sirip atas dan kepalanya axolotlnya dan pada bagian tubuhnya dominan berwarna putih. Harga axolotl jenis ini berkisar Rp. 180.000 untuk yang berukuran 15-14cm.

9. Ikan Salamander Tiger (Axolotl Tiger)

Jenis axolotl terakhir ini termasuk langka karena tubuhnya mempunyai pola seperti macan dan warna dominan axolotl ini juga tidak terlalu cerah berbeda dengan axolotl copper. Dengan langkanya jenis ikan ini harganya pun sangat mahal, harga axolotl tiger ini berkisar Rp.500.000 sampai Rp. 2.000.000 tergantung pada keunikan coraknya.


Cara Merawat Ikan Salamander/Axolotl

Hewan air ini merupakan jenis hewan yang jinak jadi tidak akan sulit untuk dipelihara. Walaupun jinak jika ingin memindahkan hewan ini disarankan untuk tidak memegang kulitnya karena ikan salamander termasuk dalam kategori hewan permeabel atau menyerap oksigen memakai kulitnya.

Berikan akuarium yang cukup dalam dan isi air berkisar 56 liter sampai 75 liter, usahakan akuarium ditempatkan di ruangan yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari. Suhu akuarium yang bagus untuk ikan salamander ini berkisar 14-20 celsius dan jangan sampai melebihi 24 celsius. Berikanlah aksesoris pada dasar akuarium seperti tanaman, kastil kecil, rumah, atau dekorasi yang muat untuk bersembunyi ikan axolotl.

Jangan berikan kerikil berukuran kecil pada dasar akuarium karna akan mudah tertelan oleh hewan ini, gunakanlah kerikil berukuran besar agar ikan salamander dapat berpijak dengan mudah. Berikan filter dengan arus yang kecil dan usahakan taruh di tempat yang tidak mudah terjangkau oleh hewan ini.

Walaupun termasuk hewan jinak namun jika kamu menyatukan ikan salamander dengan kelamin jantan pada 1 akuarium maka mereka bisa saja bertarung dan saling memakan karena ikan ini mempunyai sifat kanibal. Hewan air info sangat menyarankan agar meyatukan ikan ini dengan berbeda kelamin agar mereka bisa kawin, musim kawin ikan ini terdapat pada bulan Desember hingga Juni.

Makanan ikan salamander adalah daging kecil, hati, cacing, siput, krustasea, dan ikan kecil, setelah memberikan makan ikan ini sebaiknya mengecek akuarium apakah ada sisa makanan yang berada di dasar akuarium jika ada maka harus segera dibersihkan agar tidak merusak kejernihan air.

Harga Ikan Salamander/Axolotl

Tabel Harga Ikan Salamander/Axolotl

Jenis Ikan Salamander/Axolotl

Harga

Ikan Salamander Leucistik Rp 199.000 - Rp 330.000
Ikan Salamander Wildtype Rp 550.000
Ikan Salamander Albino Rp 175.000 - Rp 325.000
Ikan Salamander Golden Albino Rp 285.000 - Rp 450.000
Ikan Salamander Melanoid/Hitam Rp 199.000 - Rp 330.000
Ikan Salamander Piebald Rp 1.200.000
Ikan Salamander Blue Rp 150.000
Ikan Salamander Leucistik Rp 500.000 - Rp 2.000.000


Begitu banyak jenis ikan salamander ini dan harga dari ikan ini juga sangat mahal. Jadi untuk kamu yang ingin mencoba memelihara ikan ini sebaiknya harus sudah menyiapkan semua keperluan ikan ini agar tidak mudah mati saat kamu memeliharanya. Terima Kasih.

0 Response to "Ikan Salamander - 9 Jenis Ikan Salamander Axolotl Beserta Harga dan Cara Merawatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel