7 Jenis Ikan Louhan Beserta Harga dan Cara Merawatnya LENGKAP



Ikan louhan - Ikan louhan ini merupakan ikan yang sangat sering dicari dan juga dibudidaya di indonesia karena di indonesia sendiri komoditi untuk ikan louhan ini juga sangat dicari. Ikan louhan ini juga mempunyai daya tarik yang unik untuk kamu yang sedang ingin mencari ikan hias yang bagus untuk dipelihara.

Sebelum kamu memulai memelihara ikan louhan ini juga termasuk dalam ikan hias air tawar terindah jadi sebaiknya kamu harus tahu dulu tentang ikan louhan, jenis - jenis ikan louhan, cara merawatnya, dan juga anda harus tahu harga dari setiap jenis ikan louhan yang ada agar kamu bisa memilih ikan louhan yang pas di kantong kamu. Di hewan air info akan memberikan ulasannya

ikan louhan
Ikan Louhan
daftar isi
  1. Ikan Louhan
  2. Jenis Ikan Louhan
  3. Cara Merawat Ikan Louhan
  4. Harga Ikan Louhan

Ikan Louhan

Ikan louhan ini sebenarnya berasal dari hasil perkawinan dari ikan cichlidae yang dilaukan di malaysia pada tahun 1993. Saat penemuan awal ikan ini dinamai ikan karoli yang berarti kapal tempur karena saat menemukan ikan ini peneliti tersebut menemukan punuk atau adanya benjolan yang berada di kepala ikan louhan.

Ikan louhan ini juga termasuk dalam jenis ikan hibrida jadi ikan ini hanya bisa ditemukan di tempat budidaya dan bukan di tempat lain. Walaupun ikan ini ditemukan pada tahun 1993 namun ikan ini baru diresmikan pada tahun 1998 dan akhirnya membuat ikan ini menjadi sangat populer hingga sekarang.

Hal yang membuat populer dari ikan ini juga bukan hanya tentang benjolan dikepalanya namun corak warna yang unik dari ikan louhan ini juga sangat menarik dan membuat ikan ini banyak dicari oleh para penggemarnya. Corak warna ikan ini juga sebagai pembeda untuk jenis ikan louhan. Untuk mengetahui perbedaaan jenis ikan louhan saya akan memberikan infonya :

Jenis Ikan Louhan

Sebelum kamu memelihara ikan ini sebaiknya kamu sudah memulai untuk memilih jenis ikan louhan mana yang akan kamu pilih untuk nanti dipelihara. Jenis ikan ini sangatlah bervariasi dari warna maupun harganya. Jadi berikut jenis ikan louhan :

1. Ikan Louhan Golden Red


ikan louhan
Ikan Louhan Golden Red

Menurut saya jenis ikan louhan tercanik adalah jenis golden red karena pada ikan ini mempunyai tubuh yang sangat cantik dan juga warna emas dan merah yang membuat ikan ini jadi lebih cantik untuk kamu pelihara. Tetapi sebelum kamu mau memelihara ikan ini kamu harus berfikir kembali karena ikan ini sangatlah mahal.

Namun jika kamu ingin membelinya saya sarankan kamu membeli anakan dari ikan ini dan kamu juga harus memilih anakan ikan ini dengan sangat teliti karena ikan ini saat masih anakan kulit nya belum berwarna emas dan merah. Warnanya akan muncul saat ikan ini sudah dewasa karena hormone dari kulitnya akan muncul.

2. Ikan Louhan Kemalau

ikan louhan
Ikan Louhan Kemalau
Jenis ikan louhan selanjutnya adalah jenis ikan louhan kemalau. Ikan jenis ini sangatlah banyak diari oleh para penggemarnya namun ikan kemalau ini sudah sangat sulit untuk dicari jadi jika adapun harga dari ikan jenis ini akan sangat mahal dan bisa mencapai harga puluhan juta rupiah.

Keunikan dari ikan louhan kemalau ini adalah mempunyai corak seperti mutiara pada semua tubuh ikan ini. Pada bagian kepala yang jenong juga mempunyai perbedaan warna yang lebih tua dibandingkan di bagian tubuh yang lain. Saat masih kecil ikan ini belum memunculkan corak mutiaranya, corak akan muncul saat ikan ini sudah dewasa.

3. Ikan Louhan Kamfa

ikan louhan
Ikan Louhan Kamfa
Ini merupakan jenis ikan louhan kamfa yang paling digemari bukan hanya di indonesia saja namun penggemarnya sampai di asia tenggara. Ikan jenis ini bukan hanya cantik namun ikan louhan kamfa ini juga menawan dengan kombinasi corak di tubuhnya seperti membentuk bunga. Ciri lain dari ikan jenis ini adalah adanya bintik putih dibagian ekor maupun siripnya.

Keunikan lainnya adalah dimatanya yang cekung. Untuk ikan louhan kamfa ini sebenarnya hampir sama dengan ikan louhan cencu hanya yang membedakan pada bagian pipi dan kepalanya yang terlihat lebih ramping. Ikan louhan kamfa ini juga mempunyai jenis lainnya seperti ikan louhan kamfa f2, lion king, dan ikan louhan kamfa v8.

4. Ikan Louhan Cencu

ikan louhan
Ikan Louhan Cencu
Ikan jenis ini sering juga dipanggil sebagai ikan mutiara dan juga ikan ini di golongkan menjadi 2 yaitu cencu klasik dan cencu modern. Yang membuat ikan louhan cencu ini dipanggil ikan mutiara adalah bintik - bintik yang berwarna putih keabuan mirip seperti mutiara. Selain bintik tersebut pada ikan jenis ini juga mempunyai 2 warna yang berbeda pada tubuhnya.

Untuk membedakan ikan louhan cencu klasik dan modern adalah dari warna dominan pada ikan tersebut dan motif mutiaranya. Untuk yang klasik mempunyai motif mutiara yang lebih sedikit dan motif warna merah yang lebih dominan. Ukuran tubuh dari cencu klasik juga lebih kecil dibandingkan cencu modern. Cara merawat ikan louhan cencu ini sangat mudah dan akan dijelaskan di bagian bawah yah.

5. Ikan Louhan SRD

ikan louhan
Ikan Louhan Srd
Ikan louhan srd ini merupakan ikan louhan yang sangat terkenal dan juga dicari oleh para penggemarnya karena keunikan dari ikan ini yaitu mempunyai jenong yang lebih besar dibandingkan jenis ikan louhan lainnya. Bukan hanya indonesia saja ikan ini juga dicari di negara-negara asia tenggara.

Keunikan lain dari jenis ikan ini adalah warna mata yang sangat merah dan pada tengahnya terdapat warna hitam. Jenis ikan louhan termahal bisa saja menjadi milik ikan louhan jenis srd ini jika warna merah pada matanya semakin pekat.

6. Ikan Louhan Golden Base

ikan louhan
Ikan Louhan Golden Base

Ikan louhan golden base ini merupakan ikan louhan yang mahal karena mempunyai kombinasi warna yang sangat menawan yaitu kombinasi warna merah keemasan di tubuhnya dan ikan ini tidak mempunyai bintik hitam pada tubuhnya hal tersebut membuat banyak kolektor ikan louhan berburu ikan ini.

Yang membuat ikan ini berbeda dengan jenis lain hanyalah warna dari ikan ini yang rata atau menyeluruh di sekujur tubuh. Keunikan itulah yang membuat ikan jenis ini sangat diburu oleh banyak orang.

7. Ikan Louhan Bonsai

ikan louhan
Ikan Louhan Bonsai

Ikan louhan bonsai ini mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya yaitu ikan ini mempunyai bentuk tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan jenis louhan lainnya. Dengan keunikannya ikan louhan ini juga mempunyai harga yang mahal. Pada bentuk kepala ikan ini juga besar.

Jadi dengan kombinasi tubuh yang kecil dan kepala yang besar membuat hewan air unik ini sangatlah digemari oleh penyuka ikan louhan.

Cara Merawat Ikan Louhan

Setelah kita mengetahui jenis - jenis ikan louhan sekarang kita bisa memulai untuk merawat ikan louhan. Langkah pertama dalam merawat ikan louhan adalah anda harus mempunyai aquarium yang sesuai dengan ikan louhan yang akan kamu miliki. Untuk cara merawat ikan louhan yang masih kecil kamu tidak perlu membeli ikan aquarium yang besar dan memilih ikan louhan anakan yang benar adalah memilih yang sudah mempunyai jenong besar.

Untuk merawat ikan louhan yang masih kecil anda tinggal menaruhnya pada aquarium bersamaan tidak apa-apa namun jika sudah besar atau dewasa sebaiknya anda harus pisahkan karena ikan louhan bukan ikan yang bergerombol.

Untuk merawat ikan louhan cencu maupun ikan louhan jenis lainnya kamu jangan lupakan perlengkapan yang akan menunjang ikan louhan kamu alat yan dibutuhkan adalah aerator, termometer dan heater, penerangan, filter, tanaman air, dan juga batu.

Untuk pakan ikan louhan ini kamu bisa memberikan 2 pilihan antara makanan buatan ataupun alami untuk makanan buatan kamu bisa memberikannya pelet dan untuk makanan alami kamu bisa memberikan cacing, kutu air, artemia, dan udang.Kontrol juga kadar ph air pada aquarium. Untuk pembersihan aquarium bisa dilakukan 1 minggu sekali atau 2 minggu sekali. Untuk pelet ikan louhan terbaik ada beberapa merk seperti pelet ikan louhan hokky, pelet ikan louhan okiko dan tetra louhan.

Harga Ikan Louhan

Berikut daftar harga ikan louhan jika kamu ingin membelinya karena kamu perlu menyiapkan budget sebelum membelinya :

Tabel Harga Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan

Harga

Harga Ikan Louhan Golden Red Rp 650.000 - Rp 3.000.000
Harga Ikan Louhan Kamfa Rp 850.000 - Rp 3.500.000
Harga Ikan Louhan Cencu Rp 150.000 - Rp 750.000
Harga Ikan Louhan Bonsai Rp 250.000 - Rp 800.000
Harga Ikan Louhan SRD Rp 400.000 - Rp 1.500.000
Harga Ikan Louhan Golden Base Rp 450.000 - Rp 1.800.000
Harga Ikan Louhan Golden Red Rp 150.000 - Rp 600.000

0 Response to "7 Jenis Ikan Louhan Beserta Harga dan Cara Merawatnya LENGKAP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel