10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Bisa Dipelihara


Ikan Hias Air Tawar Terindah - ikan hias adalah ikan yang biasa di budidaya untuk dipelihara oleh para pecinta ikan. Untuk ikan hias sendiri mempunyai keunikan bentuk dan warna tersendiri yang membuat mereka banyak digemari oleh banyak orang. Hewan air ini mempunyai kelebihan lain dari ikan hias ini adalah mereka sangat nikmat saat di pandang dan memberikan suasana yang sejuk.



Di indonesia sendiri mempunyai banyak sekali jenis ikan hias yang sangat indah dan bagus yang juga menjadi komoditi ekspor keluar negeri karena ikan hias air tawar terindah yang ada di indonesia ini mempunyai keunikannya sendiri. Sekarang ini banyak juga yang sudah menjadi pembudidaya ikan hias karena mempunyai keuntungan yang tinggi.


ikan hias air tawar terindah
Ikan Hias Air Tawar Terindah

daftar isi

  1. 10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Bisa Dipelihara

10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Bisa Dipelihara


Kali ini saya akan membahas tentang beberapa ikan hias air tawar terindah yang bisa anda coba untuk memeliharanya dirumah dengan mudah. Menurut saya ikan - ikan air tawar ini juga tidak kalah menarik dibandingkan ikan hias lainnya. Mungkin dari beberapa ikan hias air tawar terindah ini ada juga yang menjadi ikan hias air tawar tercantik di dunia.


1. Ikan Arwana


ikan hias air tawar terindah
Ikan Arwana
Ikan arwana ini merupakan ikan hias air tawar terindah dan tercantik yang sangat digemari dan banyak sekali dicari oleh para pecinta hias. Dengan tubuhnya yang lumayan besar, warnanya yang mempunyai ciri khas sendiri, ikan ini juga mempunyai bentuk tubuh dan pergerakan saat berenang sangat tenang. Membuat ikan ini sangat indah untuk di pelihara.

Ikan ini mempunyai beberapa warna yang sangat populer dan sering dicari oleh penggemarnya yaitu ikan arwana super red, ikan arwana silver, dan ikan arwana golden red. Untuk harga ikan arwana sangat bervariasi tergantung jenis warnanya. Untuk yang termurah ada ikan arwana silver yang harganya berkisar Rp. 50.000 sampai Rp75.000.

Ada juga harga ikan arwana termahal adalah ikan yang mempunyai jenis-jenis warna yang unik seperti ikan arwana red dengan harga Rp. 500.000 sampai Rp. 750.000, harga ikan arwana golden red Rp. 750.000 sampai Rp. 850.000, harga ikan arwana irian mencapai Rp.150.000 sampai Rp. 175.000, dan ada juga yang sampai jutaan yaitu harga ikan arwana super red yang mencapai Rp. 2.500.000 sampai Rp. 3.000.000.

2. Ikan Cupang

ikan hias air tawar terindah
Ikan Cupang


Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar terindah yang mempunyai ukuran mini dengan sirip yang sangat besar dan lebar. Keunikan dari ikan cupang ini adalah ikan ini mempunyai sirip besar yang jika sedang berenang sirip itu akan bergerak dan berkibar layaknya bendera. Pada ikan cupang ini juga mempunyai warna-warna yang unik dan juga indah.


Ikan cupang ini juga mempunyai 2 fungsi yaitu bisa menjadi ikan cupang hias dan ikan cupang aduan. Untuk mencari ikan cupang ini sangatlah mudah anda bisa mencarinya pada pasar ikan tradisional yang ada di daerah anda. Ikan cupang ini juga mempunyai beberapa jenis yaitu ikan cupang halfmoon, ikan cupang plakat, ikan cupang koi, dan masih banyak lagi.

Untuk harga ikan cupang sendiri bermacam-macam ada juga harga ikan cupang termahal yang bisa mencapai jutaan yang biasanya ikan cupang tersebut termasuk dalam ikan cupang juara. Untuk harga ikan cupang plakat mencapai Rp. 60.000 sampai Rp. 2.000.000 untuk ikan cupang plakat juara. Harga ikan cupang halfmoon sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 500.000. Harga ikan cupang giant sekitar Rp. 20.000 sampai Rp. 200.000. Dan untuk harga ikan cupang koi sekitar Rp. 200.000 sampai Rp. 3.000.000.

3. Ikan Guppy

ikan hias air tawar terindah
Ikan Guppy
Ikan Guppy ini adalah ikan hias air tawar terindah selanjutnya yang juga mempunyai ukuran yang sama dengan ikan cupang. Ikan ini juga mempunyai banyak sekali penggemar di masyarakat. Ikan ini bukan berasal dari indonesia tetapi ikan guppy berasal dari daerah venezuela, guyana, dan kepulauan karibi yang ditemukan pada tahun 1859.

Indonesia mempunyai banyak sekali spesies ikan guppy yang bisa mencapai 40 jenis. Untuk ukuran dari ikan guppy ini sendiri hanya sekitar 2,3 cm - 5 cm untuk ikan guppy jantan dan untuk ikan guppy betina bisa mencapai 4 cm - 6 cm. Adapun jenis ikan guppy yang terkenal yaitu ikan guppy dragon, ikan guppy koi, ikan guppy dragon, dan ikan guppy cobra.

Harga ikan guppy sendiri sangat beragam sampai ada juga harga ikan guppy termahal dan harga ikan guppy lokal. Jadi anda bisa memilih ikan guppy ini sesuai dengan isi dompet anda. Untuk harga ikan guppy black moscow mencapai Rp. 35.000 untuk per pasang dewasa dan untuk per pasang anakan hanya Rp. 20.000. Harga Ikan guppy albino platinum Rp. 30.000. Untuk harga ikan guppy lokal hanya sekitar Rp 25.000 untuk yang termurah dan yang paling mahal mencapai Rp. 45.000.

4. Ikan Koi

ikan hias air tawar terindah
Ikan Koi
Ikan koi ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara karena ikan koi ini mempunyai sifat yang cukup jinak dan pergerakannya juga sangat lambat. Ikan koi ini berasal dari negeri jepang yang di sana mempunyai simbol yaitu kasih sayang. Ikan ini juga bisa dipelihara dan orang yang menyukai ikan ini biasanya menaruh ikan ini pada kolam ikan bukan di aquarium.

Dengan ditaruhnya ikan ini di aquarium bukan tanpa sebab karena ikan ini sangat enak saat dipandang dengan warna-warna ikan yang unik, pergerakan yang lamban, dan bergerombol saat diberi makan itulah sensasi nikmatnya memelihara ikan ini. Jenis ikan koi yang sering di pelihara adalah jenis bastar. Untuk info jenis ikan koi terlengkap bisa lihat disini ikan koi

Untuk mencari ikan koi ini anda tidak perlu ke jepang karena anda juga bisa mencari ikan koi blitar yang ikan tersebut di budidaya oleh pembudidaya di blitar. Harga ikan koi sendiri sangatlah bervariasi adapun harga ikan koi termurah dari yang anakan sampai harga ikan koi termahal dengan ukuran yang besar dan corak yang menarik. Harga ikan koi kohaku sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 150.000. Untuk harga ikan koi jenis sanke berkisar Rp. 45.000 sampai Rp. 200.000. Lalu ikan koi jenis showa berkisar Rp. 25.000 sampai Rp. 100.000.

5. Ikan Mas Koki

ikan hias air tawar terindah
Ikan Mas Koki
Ikan air tawar terindah selanjutnya adalah ikan mas koki ikan mini ini sangatlah dicari oleh para penggemar ikan hias untuk di taruh pada aquarium. Ikan jenis ini mempunyai keunikan khusus yaitu yaitu bentuk badan yang pendek dan bulat. Lalu warna dan sirip dari ikan mas koki ini membuat ikan ini menjadi sangat indah untuk dipelihara.

Ikan mas koki berasal dari china namun anda juga bisa menemukan ikan mas koki ini di indonesia karena ikan ini sudah banyak di budidaya oleh peternak ikan mas koki di indonesia karena harga yang ekonomis dan pasar yang menguntungkan. Adapun jenis ikan mas koki yang paling dicari adalah ikan mas koki oranda, ikan mas koki mutiara, ikan mas koki black, dan ikan mas koki ranchu.

Harga ikan mas koki ini sangatlah beragam untuk ikan mas koki oranda Rp. 30.000, Untuk harga ikan mas koki jenis mutiara Rp. 25.000, Harga ikan mas koki black. Rp. 25.000, Harga ikan mas jenis ranchu Rp. 35.000, ikan mas koki bubble eye atau mata balon Rp. 30.000, Dan untuk harga ikan mas koki termahal yang biasanya terdapat di pasar ikan hanya mencapai Rp. 45.000 dengan ikan mas koki jenis ryukin.

6. Ikan Louhan

ikan hias air tawar terindah
Ikan Louhan
Ikan louhan ini juga merupakan ikan hias air tawar terindah dengan keunikannya yaitu terdapat benjolan yang ada di kepalanya yang juga menyebabkan ikan ini disebut juga ikan jenong. Pada jenis ikan louhan lain juga mempunyai besar benjolan yang berbeda - beda tergantung pada jenis ikan louhannnya.

Dengan ukuran ikan louhan yang besar dan mempunyai ukuran sekitar 40 cm - 50 cm jadi anda perlu membuat aquarium yang besar jika ingin memelihara ikan louhan ini. Ada beberapa jenis ikan louhan yang sering di pelihara yaitu ikan louhan kamfa, ikan louhan cencu, ikan louhan srd, dan ikan louhan bonsai.

Untuk harga ikan louhan ini sangatlah mahal untuk ukuran yang sudah dewasa namun jika anda ingin membeli yang lebih murah anda bisa membeli ikan louhan anakan. Harga ikan louhan termahal bisa mencapai jutaan rupiah. Harga ikan louhan kamfa sekitar Rp. 850.00 sampai Rp. 3.500.000, harga ikan louhan jenis cencu sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 750.000, untuk ikan louhan jenis srd sekitar Rp. 400.000 sampai Rp. 1.500.000, dan untuk ikan louhan srd sekitar Rp. 400.000 sampai Rp. 1.500.000.

7. Ikan Manfish

ikan hias air tawar terindah
Ikan Manfish
Ikan manfish ini juga biasa dipanggil dengan sebutan angel fish. Ikan ini tidak berasal dari indonesia, ikan ini berasal dari amerika selatan tepatnya di perairan hutan amazon. Namun kamu juga bisa mencari ikan manfish ini di indonesia karena di indonesia ikan ini sudah banyak di budidaya loh. Ikan manfish ini juga cocok untuk di pelihara di aquarium karena bentuknya yang tidak terlalu besar.

Ikan manfish ini mempunyai beberapa jenis yang sering di cari yaitu ikan manfish platinum, ikan manfish jenis imperial, ikan manfish marble, dan ikan manfish black white. Semua jenis tersebut dibedakan dari warna ikan manfish tersebut.

Untuk harga ikan manfish sangatlah terjangkau, untuk harga ikan manfish black white sekitar Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000, harga ikan manfish silver hanya Rp. 10.000, harga ikan mas marble sekitar Rp. 5.000 sampai Rp. 7.500, harga ikan mas altum mencapai Rp. 15.000. Semua harganya bergantung pada ukuran pada setiap pasar ikan.

8. Ikan Komet

Ikan Komet
Ikan komet merupakan ikan yang berasal dari jepang ikan ini juga mempunyai kempiripan dengan ikan mas dan ikan mas koki. Ikan komet ini juga mempunyai keunikan tersendiri yaitu bentuk sirip dan ekor dari ikan komet ini seperti slayer yang kadang membuat ikan ini di sebut dengan ikan slayer atau ikan komet slayer.

Ikan komet ini bukan hanya mempunyai keunikan dari segi slayer namun ikan komet ini juga mempunyai warna - warna yang sangat menarik dan juga pergerakan dari ikan ini lamban jadi jika anda ingin melihatnya di kolam dengan air jernih maka hal tersebut akan membuat anda merasa nyaman saat melihatnya.

Harga ikan komet slayer ini mencapai Rp. 5.000 untuk yang anakan sampai Rp. 30.000 untuk ikan komet slayer dewasa. Harga ikan komet sara berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 15.000. Harga ikan komet berwarna hitam putih berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 40.000. Harga ikan komet warna hitam berkisar Rp. 15.000 Rp. 60.000.

9. Ikan Black Ghost

ikan hias air tawar terindah
Ikan Black Ghost

Ikan selanjutnya adalah ikan black ghost yang berasal dari perairan hutan amazon dan juga suriname. Ikan ini mempunyai banyak sekali sebutan ada yang menyebut ikan black ghos knifefish karena bentuknya yang seperti pisau, ada yang menyebutnya ikan bulu ayam karena bentuk seperti bulu ayam, dan ada juga yang menyebutnya sebagai ikan penari balet karena jika berenang gerakannya sangat lincah.

Ikan ini disebut sebagai ikan black ghost karena ikan ini mempunyai warna hitam yang kusam dan warna putih yang ada di ekor, ikan ini juga pada siang hari akan sering bersembunyi dan jika sudah malam hari ikan ini akan keluar dari persembunyiaannya.

Untuk harga ikan black ghost ini sekitar Rp. 25.000 untuk yang berumur 2 bulan dan untuk harga ikan black ghost besar bisa mencapai Rp. 500.000.

10. Ikan Platy

ikan hias air tawar terindah
Ikan Platy
Ikan platy ini merupakan ikan hias air tawar terindah ini juga karena mempunyai warna yang cerah. Keunikan lain dari ikan platy ini adalah bentuk tubuh yang yang besar dan mempunyai bibir yang imut. Makanan ikan platy ini juga mudah kamu tinggal memberikan pelet dan cacing sutera.

Jenis ikan platy ini juga beragam ada ikan platy pedang atau swordfish, ikan platy micky mouse yang mempunyai muka mirip tokoh kartun micky mouse, ada ikan platy gold wagtail, ikan platy red ballon hiffin, dan masih banyak lagi.

Untuk harga ikan platy juga cukup terjangkau, harga ikan platy micky mouse hanya berkisar Rp. 2.000. harga ikan red ballon hiffin hanya Rp. 3.000 . dan untuk harga ikan platy pedang juga tergolong murah hanya Rp. 5.000.

Itulah daftar 10 ikan hias air tawar terindah yang bisa dipelihara menurut saya semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memilih ikan hias yang akan dipelihara jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman anda. Terima Kasih.

0 Response to "10 Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Bisa Dipelihara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel