Ikan Sarden - Banyaknya Kandungan dan Manfaat di Dalam Ikan Sarden ini | Hewan Air Info

Ikan Sarden - Siapa sih yang tidak mengenal ikan sarden ini ? ya ikan ini sering sekali dijadikan makanan dan juga terkenal dengan ikan sarden kaleng. Ikan ini sangat disukai oleh banyak orang karena dagingnya yang lembut dan juga mudah untuk diolah apalagi ikan sarden kaleng juga mempunyai rasa yang nikmat.

Ikan ini juga mempunyai banyak kandungan gizi maka tak heran banyak yang mengkonsumsi ikan ini. Kali ini hewan air info akan membahas ikan sarden ini dengan lengkap. Jadi kamu akan lebih tahu tentang ikan ini dari manfaat kandungan gizi dan lainnya. CEKIDOT!!! .

ikan sarden
ikan sarden
daftar isi
  1. Ikan Sarden
  2. Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel
  3. Kandungan Gizi Ikan Sarden
  4. Manfaat Ikan Sarden

Ikan Sarden

Sebenarnya nama ikan sarden ini merupakan istilah yang sering tertukar. Hal tersebut mengakibatkan FAO dan juga WHO menyebut bahwa ada 21 spesies ikan yang bisa dinamakan dengan ikan sarden. Jenis ikan sarden ini sangatlah banyak seperti sardina pilchardus, brisling, pilchard amerika selatan, sardinella aurita, hilsa, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya jenis ikan sarden ini membuat ikan sarden ini sering disamakan dengan ikan makarel, ikan makarel itu apa sih ? sebenarnya ikan makarel bukan termasuk ikan sarden namun ikan makarel ini masuk dalam keluarga ikan kembung dan tenggiri dan terdapat pada laut atlantik.

Sementara itu ikan sarden sendiri berasal dari laut mediterania, ikan ini juga masuk dalam clupeidae dan kandungan minyak di ikan sarden ini sangatlah tinggi. Pada saat berukuran kecil ikan sarden ini sering dinamakan ikan herring.

Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel

Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel
Perbedaan Ikan Sarden dan Ikan Makarel

Perbedaan ukuran dari ikan makarel dan sarden juga cukup terlihat untuk ukuran ikan sarden mempunyai tubuh yang dilindungi sisik yang warnanya perak dan di dagingnya berwarna gelap, ikan sarden sendiri masuk ke dalam ikan berukuran kecil.

Untuk ikan makarel mempunyai tubuh yang remping lalu memanjang. Pada tubuh ikan makarel juga mempunyai garis hitam yang memanjang. Ikan makarel ini juga mempunyai tubuh yang cukup besar dibandingkan ikan sarden, adapun ikan makarel yang terbesar dan terkenal yaitu jenis makarel sirip hiu atau nama lainnya bluefin.

Perbandingan harga dari kedua ikan ini juga sangat berbeda, Untuk ikan makarel sendiri karena termasuk dalam ikan yang sangat sulit ditangkap maka tak heran ikan makarel mempunyai harga yang mahal dibandingkan ikan sarden yang mudah ditangkap karena populasinya yang masih banyak dan harga ikan sarden ini masih murah dan terjangkau.

Untuk ikan sarden juga termasuk yang aman  dibandingkan ikan makarel karena BPPOM mengeluarkan sebuah daftar bahwa ikan kalengan yang mempunyai kandungan cacing parasit adalah ikan makarel yang hidup di perairan dingin bukan dari indonesia. Oleh karena itu ikan sarden kalengan masih bisa untuk di konsumsi.

Kandungan Gizi Ikan Sarden

Kandungan Gizi Ikan Sarden
Kandungan Gizi Ikan Sarden

Pada ikan sarden sendiri mempunyai banyak kandungan gizi yang membuat kamu bisa menjadi sehat seperti adanya kandungan vitamin dan mineral. Pada sajian ikan sarden 1 ekor kamu bisa mendapatkan 13% vitamin B, 25% niasin, dan 150 persen vitamin B12. Pada sarden juga terdapat fosfor, natrium, kalsium, dan juga selenium.

Ikan ini juga menjadi sumber untuk asam lemak omega 3 yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Pada ikan sarden kaleng sebenarnya mempunyai kandungan nilai protein yang tinggi hal tersebut berdasarkan buku tabel komposisi pangan indonesia oleh persatuan ahli gizi indonesiapada 2009.

Di dalam buku tersebut ikan kaleng mempunyai kandungan air 72,7 gram, protein, 19,9 gram, karbohidrat 3,4 gram, energi, 109 kkal, dan lemak 1,8 gram. Namun jika dibandingkan dengan ikan segar ikan kaleng masih kalah jauh dari ikan segar.

Banyak sekal yang bingung apakah ibu hamil boleh makan sarden kaleng ?. Pertanyaan tersebut pasti sangat banyak ditanyakan oleh seorang ibu yang baru hamil. Sebenarnya ibu hamil itu sangat dianjurkan memakan ikan yang mempunyai kandungan banyak asam lemak omega 3, protein dan zat-zat penting untuk ibu hamil.

Ikan sarden merupakan salah satu dari ikan yang boleh dimakan oleh ibu hamil karena mempunyai kandungan protein, omega 3, dan zat besi. Ibu hamil juga harus memakan ikan tersebut dalam kondisi sudah matang. Ada beberapa jenis ikan yang boleh di makan ibu hamil seperti salmon, teri, ikan harring, atlantic makarel, tiram, trout, dan sarden.

Konsumsi ikan sarden yang bagus untuk ibu hamil adalah 340 gram per minggunya hal tersebut di rekomendasikan olh The Food and Drug Administration (FDA) dan Enviromental Protection Agency (EPA).

Ibu hamil juga harus memghindari ikan-ikan yang mempunyai kandungan merkuri tinggi dan sangat dianjurkan untuk tidak memakan ikan mentah, ikan hiu, marlin, dan ikan todak. Namun walaupun ikan sarden kalengan aman di konsumsi sebaiknya ibu hamil memakan ikan yang segar karena kandungan gizinya lebih banyak.

Manfaat Ikan Sarden

Manfaat Ikan Sarden
Manfaat Ikan Sarden


Setelah membahas kandungan ikan sarden sekarang aku akan membahas apa manfaat ikan sarden ? Pasti kalian suka sekali dengan ikan sarden apalagi ikan sarden kalengan. Namun apakah kamu tahu manfaat yang ada di dalam ikan sarden ini ? kali ini saya akan membahas manfaat ikan sarden secara lengkap.

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Dengan adanya kandungan protein yang banyak di dalam ikan sarden ini membuat ikan ini menjadi komoditi untuk dijadikan sumber makanan sehat dan berguna untuk menjaga berat badan kamu tetap ideal. Kandungan lemak sehat dan protein ini juga berguna untuk mengontrol kadar gula yang ada di tubuh kamu.

Ikan ini juga bisa membuat kamu jadi lebih kenyang dalam jangka waktu lebih lama, dengan membuat kita lebih lama kenyang hal tersebut akan membuat kita makan tidak terlalu banyak dan bisa membuat kalori dan lemak yang masuk menjadi sedikit dan berat badan kamu tidak akan bertambah.

2. Untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Seperti yang sudah saya singgung tadi diatas bahwa ikan sarden ini mampu mengontrol gula darah hal tersebut dikarenakan ikan ini mempunyai protein dan juga lemak sehat yang berguna untuk memperlambat proses penyerapan gula di dalam aliran darah.

Untuk membuat kandungan yang masuk dalam tubuh kamu makin maksimal kamu bisa menggabungkan olahan ikan sarden dengan karbohidrat lainnya, seperti contoh pasta. Hal tersebut bisa membantu untuk tubuh yang melepaskan glukosa dari karbohidrat menjadi lambat di dalam darah yang akan membuat kita terhindar dari lonjakan gula darah.

3. Sebagai Sumber Mineral dan Vitamin

Dengan adanya kandungan vitamin dan mineral yang banyak di dalam ikan ini membuat manfaat ikan sarden ini menjadi banyak. Ikan sarden ini juga mempunyai jenis vitamin B12 ataupun vitamin D. Vitamin tersebut berguna untuk merawat otak, menjaga fungsi saraf, dan untuk pembentukan sel di dalam darah.

Jika tubuh kamu mengalami gangguan pada kesehatan dan vitamin dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik maka akan membuat tubuh kita mengalami kerusakan saraf, gangguan fungsi pada mental, kekurangan sel oksigen, dan kelelahan kronis. Pentingnya vitamin D juga untuk menjaga kekuatan tualng anda dan terhindar dari osteoporosis.

4. Menghindari Gangguan Depresi dan Kecemasan

Kandungan di dalam ikan sarden yang membuat kita terhindar dari depresi dan kecemasan adalah kandungan asam lemak omega 3, karena ada sebuah penelitian membuktikan bahwa omega 3 itu sangat bermanfaat untuk mental. Hal tersebut di perkuat dengan zat gizi tersebut yang berkerja maksimal dalam menjaga fungsi di otak dan memperbaiki suasana hati.

5. Terhindar dari Penyakit Jantung

Adanya asam lemak omega 3 membuat ikan ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita, seperti manfaat untuk pencegahan penyakit jantung hal tersebut dikarenakan mempunyai sifat antiradang, menurunkan tekanan darah, bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida yang tidak baik untuk tubuh, dan mengurangi resiko pembekuan darah.

Jika kamu ingin tubuh kamu mempunyai pertumbuhan ataupun perkembangan yang normal maka kandungan omega 3 juga harus cukup. Dengan kandungan omega 3 yang tidak di buat di dalam tubuh maka kamu harus memenuhinya dengan makan suplemen ataupun memakan ikan sarden ini.

Sekian pembahasan lengkap untuk ikan sarden ini semoga kamu bisa mendapatkan ilmu dari artikel ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-temanmu agar tidak lupa dalam memakan ikan karena mempunyai banyak manfaat. Terima Kasih.


0 Response to "Ikan Sarden - Banyaknya Kandungan dan Manfaat di Dalam Ikan Sarden ini | Hewan Air Info"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel