Ikan Ringau - 5 Jenis Ikan Ringau Beserta Harga dan Cara Budidaya dan Merawat


Ikan Ringau - Ikan ini mungkin masih awam oleh anda karena ikan ringau ini baru terkenal di daerah asalnya yaitu kalimantan. Ikan ini mempunyai nama lain yaitu Tiger Fish atau ikan harimau hal tersebut dikarenakan ikan ini mempunyai corak warna yang mirip dengan hewan harimau.



Kali ini hewan air info akan membahas tentang ikan ini secara lengkap jadi untuk kamu penggemar ikan hias atau ingin mencari ikan hias baru untuk aquarium kamu, kamu bisa membaca ini dan mungkin kamu ingin membeli ikan ringau ini. CEKIDOT !!

ikan ringau
ikan ringau

daftar isi
  1. Ikan Ringau
  2. Budidaya Ikan Ringau
  3. Jenis Ikan Ringau
  4. Cara Merawat Ikan Ringau
  5. Harga Ikan Ringau

Ikan Ringau

Ikan ringau air tawar ini menjadi peluang bisnis baru yang sangat bagus karena mempunyai harga ekonomis tinggi, ikan ini juga bisa menjadi ikan hias maupun untuk konsumsi. Ikan ini mempunyai panjang hingga 28 cm. Ikan ringai ini termasuk dalam ikan yang tenang dan lebih suka untuk bersembunyi.

Ikan ringau ini sekarang menjadi komoditi baru untuk peluang bisnis karena peluang untuk usaha budidaya ikan ringau ini sangatlah menguntungkan. Dengan hasil panen yang akan sangat banyak dan harga jual untuk ikan ini yang mahal dan pemasaran ikan ini yang mudah membuat ikan yang berasal dari kalimantan ini menjadi peluang bisnis yang sangat bagus.

Untuk memulai membudidaya ikan ini juga tidak perlu modal yang sangat besar loh jadi siapa saja bisa memulai bisnis ikan ringau ini. Untuk lebih jelasnya akan saya jabarkan dengan lengkap dibawah ini tentang budidaya ikan ringau.

Budidaya Ikan Ringau

Seperti yang saya sudah katakan tadi ikan ini tidak memerlukan modal besar kamu hanya perlu pekarangan atau lahan kecil untuk dijadikan kolam. Peralatan awal yang harus ada dalam membudidaya ikan ringau ini adalah yang pertama bibit unggul karena untuk memulai budidaya harus mempunyai bibit unggul untuk bisa mendapatkan ikan ringau terbaik untuk di jual.

Kedua kamu memerlukan barang-barang umum untuk pembudidaya ikan seperti timba, jaring, paralon dan selang untuk saluran air, alat-alat untuk membersihkan kolam, jerigen, pompa air, dan yang terakhir adalah kamu harus membuat kolam ikan yang pas untuk awal membudidaya ikan ini.

Untuk pemasaran ikan ini sangatlah mudah karena yang mencari ikan ini bukan hanya dari kalangan penggemar ikan hias namun ada juga dari orang yang mengkonsumsi ikan ringau ini. Untuk kamu yang susah mematok harga aku akan memberikan kisaran harga ikan ringau ini yang mulai dari Rp. 58.000 sampai dengan Rp. 200.000 dengan semakin mahalnya harga maka semakin bagus corak warna yang dimiliki ikan ringau.

Jenis Ikan Ringau

1. Datnioides Pulcher


Ikan Ringau
Datnioides Pulcher

Jenis ikan ringau pertama ini merupakan ikan ringau dengan warna yang cantik. Ikan ini berasal dari Siam asia tenggara dan ada juga di daerah Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Dengan populasi jenis ikan ringau ini yang terancam punah membuat ikan jenis ini menjadi ikan ringau termahal. Sedikitnya populasi ikan jenis ini diakibatkan adanya over fishing untuk diperdagangkan dan juga rusaknya habitat asli jenis ikan ini.


2. Datnioides Microlepis

Ikan Ringau - Datnioides Microlepis
Datnioides Microlepis

Ikan ringau jenis datniodes microlepis ini merupakan ikan yang mudah untuk ditemukan di indonesia karena ikan ini berasal dari indonesia. Ikan ini mempunyai warna dasar yang tidak terlalu cerah dan mempunyai loreng atau belang yang lebih banyak. Ikan ini juga biasa disebut dengan ikan ringau sumatera dan ikan ringau kalimantan karena ikan ini berada di pulau Kalimantan dan Sumatera.

Namun perbedaan dari ikan ringau kalimantan dan ikan ringau sumatera adalah dari warna ikan ringau kalimantan yang lebih oranye ketimbang ikan ringau sumatera yang berwarna kuning.


3. Datnioides Undecimradiatus

ikan ringau - Datnioides Undecimradiatus
Datnioides Undecimradiatus

Jenis ini mempunyai warna keemasan yang cerah dan pada loreng atau belang di tubuhnya sangatlah tipis dan jarang dibandingkan dengan jenis ringau lain. Ringau jenis ini bisa ditemukan di negara Thailand tepatnya di Mekong.


4. Datnioides Campbelli

ikan ringau - Datnioides Campbelli
Datnioides Campbelli

Datniodes Campbelli ini merupakan jenis ikan ringau yang belang di bagian tubuhnya dan ikan ini terkesan kotor atau kusam, walaupun terlihat kotor ikan ini sangat dicari oleh para penggemar ikan hias maupun ringau. Ikan ini asalnya dari Papua Nugini.

5. Datniodes Polota

ikan ringau - Datniodes Polota
Datniodes Polota

Jenis ikan ringau terakhir ini bisa kamu temukan di berbagai negara seperti di Myanmar tepatnya di Yangon dan Sungai Salwen, India tepatnya di Chilka Lake, Hooghly Rivers, dan Mahanadi, Bangladesh di Sungai Ganges Delta, Vietnam terdapat di sungai Mekong Delta, Thailand ada di Danau Songkhla, Tha Taphal dan Sungai Chao Pharaya, Malaysia berada di Bernam, Perak, sungai malaka, Serawak dan Sungai Rajang, Singapura ada di pulau Ubin, lalu di Indonesia bisa ditemukan di Sungai Batang Hari, dan di pulau-pulau di Indonesia seperti Sumatra ada di Kapuas dan Sungai Barito dan di Kalimantan.

Keunikan ikan ringau jenis ini adalah warna dasar ikan ini adalah perak dan belang yang ada di tubuhnya yang tebal dan adanya bayangan loreng di belakangnya.

Cara Merawat Ikan Ringau 

Untuk merawat ikan ini kamu harus memberikan aquarium yang sama seperti pada habitatnya, PH harus diatur pada jumlah 7.4 hal tersebut karena untuk emnjaga nafsu makan dan warna pada ikan ringau ini agar stabil. Namun untuk jenis silver ringau atau silver datz kamu harus menyesuaikan airnya dalam kondisi payau atau fresh water kecuali kalo kamu memelihara jenis ikan ringau lainnya.

Ikan ini sangat sensitif untuk masalah air jadi jika air yang kamu gunakan kotor bisa menjadikan ikan ini terkena cloudy eyes. Ikan ringau ini terkenal sebagai ikan karnivora jadi kamu bisa memberikan ikan ini seperti ikan-ikan kecil yang masih hidup seperti ikan molly, platy, dan lainnya yang kamu bisa temukan di ikan hias kecil.

Agar aquarium untuk ikan ringau ini seperti ada di habitatnya kamu bisa menggunakan kayu bakau untuk tempat shading ikan ringau ini karena proses makan ikan ini adalah berburu dengan menggunakan cara menyergap. Jangan lupa juga dengan kandungan oksigen pada aquarium harus lebih banyak karena ikan ini menghirup banyak oksigen dibanding ikan lain.

Agar kamu bisa mendapatkan jenis ikan ringau dengan warna yang bagus atau warnanya cepat keluar maka kamu harus memberikan penerangan yang tidak terlalu terang dan isi aquarium ikan ringau kamu dengan ikan pari air tawar agar ikan ringau ini akan selalu waspada dengan teman 1 aquariumnya.

Kamu juga bisa mengunjungi batako batam untuk kamu yang ingin membuat kolam ikan menggunakan batako agar lebih kuat. Disana juga mempunyai harga yang terjangkau


Harga Ikan Ringau

Tabel Harga Ikan Discus

Jenis Ikan Discus

Harga

Harga Ikan Ringau Dewasa Rp. 1.200.000
Harga Ikan Dartz Tiger Fish 3 Cm Rp. 900.000
Harga Ikan Ringau Mini Rp. 600.000
Harga Ikan Dartz Borneo Rp 80.000


Itulah penjelasan lengkan dari ikan ringau, semoga kamu bisa mendapatkan ilmu tentang jenis ikan Ringau ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu yah. Terima Kasih.

0 Response to "Ikan Ringau - 5 Jenis Ikan Ringau Beserta Harga dan Cara Budidaya dan Merawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel