Ikan Rainbow - 6 Jenis Ikan Rainbow Dengan Cara Merawat dan Budidayanya


Ikan Rainbow - Ikan ini adalah ikan yang sangat digemari oleh para penyuka aquascape dibandingkan dengan orang yang memlihara aquarium yang berukuran cukup besar, ikan ini mempunyai ukuran yang mini jadi tidak salah jika yang menggemari ikan ini adalah penggemar aquascape atau yang hanya mempunyai aquarium mini.

Ikan rainbow ini sangat bagus untuk aquascape karena bukan hanya mini namun ikan ini mempunyai warna dan corak yang sangat cantik. Ikan ini juga ramah dengan jenis ikan lainnya oleh karena itu ikan ini cocok untuk dijadikan ikan hias aquascape kamu.

ikan rainbow
ikan rainbow
daftar isi
  1. Ikan Rainbow
  2. Jenis Ikan Rainbow
  3. Cara Merawat Ikan Rainbow

Ikan Rainbow

Ikan rainbow ini mempunyai habitat asli di papua atau irian jaya dan juga bisa ditemukan di sulawesi. Ikan rainbow fish merupakan ikan khas dari danau ajamaru dan danau atinjau yang terletak di irian. Sebenarnya ikan ini sering berada di perairan seperi rawa, sungai atau danau yang mempunyai air yang bersih.

Klasifikasi maupun morfologi dari ikan ini termasuk dalam Melanotaeniidae, dengan genus Glossolepis Species, ikan ini mempunyai nama rainbow atau pelangi karena mempunyai warna di tubuh seperti pelangi.

Ciri khas dari ikan ini adalah tubuhnya yang mini dan hanya bisa mencapai 15 cm, untuk ukuran ikan jantan dan betinanya sangat berbeda dengan yang betina lebih kecil dibandingkan yang jantan. Bentuk dari ikan ini adalah pipih memanjang dan adanya 2 sirip pada punggungnya, mulut dari ikan rainbow ini kecil dan berbentuk seperti tabung. Ikan ini mempunyai warna yang mengkilap dan juga mencolok.

Kombinasi yang sangat menarik dari ikan ini membuat banyak sekali jenis ikan reinbow ini yang dibedakan dengan warna-warnanya. Ikan ini juga cocok untuk dipelihara di aquascape maupun aquarium mini dan di satukan dengan ikan lain karena ikan ini sangat ramah dan tidak agresif. Ikan yang cocok dengan ikan ini adalah ikan botia, ikan guppy, dan ikan molly.

Jenis Ikan Rainbow

1. Ikan Rainbow Boesemani

ikan rainbow boesemani
ikan rainbow boesemani

Ikan rainbow jenis ini mempunyai ukuran yang bisa mencapai 9 cm dan 7 cm untuk ikan yang berjenis kelamin perempuan. Jenis ikan ini juga sangat murah karena harganya hanya mencari Rp.1000 sampai Rp 10.000 itupun bisa lebih jika ikan ini mempunyai corak warna yang unik.

Nama ilmiah dari ikan ini adalah Melanotaenia Boesmani, ikan ini mempunyai bentuk pipih dan ikan ini mempunyai sirip di bagian punggungnya.

2. Ikan Rainbow Balloon

Ikan Rainbow Balloon
Ikan Rainbow Balloon

Jenis ikan rainbow balon ini mempunyai bentuk yang sangat untik karena ikan ini pendek dan bulat seperti balon. Ikan ini di kategorikan jenisnya berdasarkan warnanya seperti rainbow bosmani balon, rainbow lacustris balon, dan red rainbow balon.

3. Ikan Rainbow Merah

Ikan Rainbow Merah
Ikan Rainbow Merah

Ikan jenis ini mempunyai ciri khas yaitu warna tubuhnya yang dominan merah seperti bata. Ikan jenis ini bisa ditemukan di papua tepatnya di danau sentani. Ikan ini juga mempunyai bentuk sirip punggung ganda dan tubuhnya yang berbentuk pipih.

Ikan ini mempunyai panjang 12 cm untuk yang jantan dan betinanya mempunyai ukuran lebih pendek yaitu 10 cm.

4. Ikan Rainbow Lacustris

Ikan Rainbow Lacustris
Ikan Rainbow Lacustris

Ikan ini mempunyai nama ilmia Lake Kutubu Rainbow Fish. Ikan jenis ini mempunyai warna biru atau kehijauan lalu pada bagian bawahnya ikan ini cenderung berwarna putih, ikan ini mempunyai panjang hingga 10 cm.

5. Ikan Rainbow Makaloci

Ikan Rainbow Makaloci
Ikan Rainbow Makaloci

Ikan ini mempunyai warna dasar kehijauan dan merah pada sirip punggung dan sirip analnya, pada bagian sirip ekornya ikan ini mempunyai warna merah yang cerah, dan di tubuhya mempunyai warna dasar yang dominan yaitu silver metalik. Dibagian punggung ikan ini mempunnyai warna kecoklatan dan di perutnya mempunyai warna putih, ada juga garis memanjang horizontal yang berwarna hitam.

6. Ikan Rainbow Praecox

Ikan Rainbow Praecox
Ikan Rainbow Praecox

ikan ini mempunyai nama ilmiah yaitu Melanotaenia Praecox weber, jenis ikan ini mempunyai warna biru metalik dan di siripnya mempunyai warna yang merah. Warna yang ada di ikan ini akan lebih bagus saat sedang masa kawin atau memijah. Ikan ini juga termasuk pendek atau mungil karena hanya mempunyai ukuran 4 - 5 cm.

Cara Merawat dan Budidaya Ikan Rainbow

Jika kamu ingin merawat dan membudidaya ikan ini sebaiknya kamu mulai dengan memberikan tempat layaknya berada di habitatnya dengan memberikan tumbuhan-tumbuhan di dalam kolam atau aquarium karena di habitat aslinya ikan ini suka bermain di tumbuhan yang berada di dalam air.

Ikan ini merupakan ikan yang sulit untuk dirawat dan dipelihara karena anda perlu makanan dan air aquarium yang stabil dan berkulitas, jadi untuk pemula biasanya akan sulit dan di awal akan mendapatkan ikan yang mati mendadak.

Untuk aquarium yang ideal adalah dengan mengisi airnya berkisar 125 liter dengan temperaturnya yang berksiar 24 derajat celsius sampai 26 derajat celsius. Ukuran PH yang bagus untuk ikan ini adalah berkisar 6,5 sampai 7,5. Jika hal tersebut mampu terpenuhi maka ikan ini akan bertahan lebih lama.

Berikan juga aksesoris yang nyaman agar ikan ini nyaman hidup di aquarium dengan memberikan tanaman dan pasir agar ikan ini seperti berada di habitatnya. Berikan juga jenis ikan yang sama karena ikan ini lebih suka hidup bergerombol.

Makanan ikan ini juga harus berkualitas kamu bisa memberikan makanan beku atau pelet yang bagus dan juga berikan cacing darah seminggu sekali atau 2 kali untuk membuat ikan ini menjadi lebih sehat. Berikan juga makan seperti spirulina atau daun selada, jika kamu memberikan makanan yang tidak bagus maka ikan ini akan terkena infeksi dan mati.

Untuk budidaya ikan ini lebih baik kamu memberikan aquarium khusus untuk pross pemijahan, proses yang dilakukan adalah pertama kamu menaruh betina 1 atau 2 ekor pada aquarium pemijahan setelah itu tunggu beberapa jam kamu baru memasukan 2 atau 3 jantan. Proses ini biasanya memerlukan 2 mingguan, betina biasanya bertelur pada tanaman dan jantannya akan membuahinya.

Jika sudah bertelur sebaiknya anda segera memisahkan telurnya agar telur tersebut tidak ada yang mati dimakan oleh ikan yang lebih besar. Berikan makanan udang air asin pada anak-anak rainbow tersebut.

Itulah penjelasan tentang ikan ini dari jenis-jenisnya cara merawat dan budidayanya. Ikan rainbow bosemani sebenarnya sudah hampir terancam punah dan sudah dilarang untuk di peliharan jadi kamu bisa memilih jenis rainbow lain yang mempunyai warna yang tak kalah menarik dan sangat bagus untuk aquascape kamu.

Untuk kamu yang sedang mencari jenis ikan mungil lainnya kamu bisa membaca artikel ikan hias kecil disana mempunyai banyak sekali jenis yang sudah hewanairinfo.blogspot.com jabarkan secara lengkap. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu kalo ingin membahas ikan jenis lain kamu bisa komen dibawah yah. Terima Kasih

1 Response to "Ikan Rainbow - 6 Jenis Ikan Rainbow Dengan Cara Merawat dan Budidayanya"

  1. Dulu pernah sekali beli ikan Rainbow merawatnya mudah engga rewel ikannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel