Ikan Hias Kecil - 11 Ikan Hias Kecil untuk Aquarium Kecil Kamu


Ikan Hias Kecil - Kali ini hewan air info akan menjelaskan kepada kamu yang mempunyai aquarium kecil namun ingin memelihara ikan hias yang bagus dan juga muat untuk aquarium kamu. Ya ikan hias kecil merupakan solusi untuk para pecinta ikan hias namun tidak punya tempat atau aquarium yang besar.


Walaupun ikan hias ini kecil namun jika kamu membeli ikan kecil ini mereka akan menggerombal dan jika kamu lihat dari aquarium yang jernih maka akan terlihat sangat indah. Ikan hias kecil juga tidak kalah indah dari ikan hias yang berukuran besar. Jadi simak baik-baik penjelasan dari hewan air info ini yah.
ikan hias kecil
ikan hias kecil

daftar isi

  1. Ikan Hias Kecil
  2. Jenis Ikan Hias Kecil
  3. Cara Merawat Ikan Hias di Aquarium Kecil

Ikan Hias Kecil

Seperti ciri ciri ikan hias lainnya, ikan hias kecil ini mempunyai ciri ciri yang sama seperti ikan hias besar yaitu mempunyai corak atau warna yang menarik dan indah. Namun biasanya ikan hias kecil ini lebih suka bergerombol dari pada ikan hias besar seperti ikan arwana yang lebih suka menyendiri. Jadi kamu bisa memelihara banyak ikan hias kecil di aquarium yang kecil juga.

Adapun beberapa jenis ikan hias kecil yang sudah hewan air pilihkan untuk kamu. Cekidot.

Jenis Ikan Hias Kecil

1. Ikan Corydoras

ikan hias kecil - ikan corydoras
Ikan Corydoras

Ikan corydoras sebenarnya ikan sapu sapu, namun jangan salah walaupun ikan sapu sapu terkenal dengan ikan pemakan segalanya dan hanya sebagai pembersih aquarium namun ikan sapu sapu jenis corydoras ini merupakan jenis ikan hias kecil loh. Ikan corydoras yang terkenal dan sering dicari oleh para penggemar ikan hias adalah ikan corydoras perunggu, ikan corydoras julii, ikan corydoras albino, dan ikan corydoras pygmy.


Untuk harga dari ikan corydoras ini sangatlah murah dan harga ikan corydoras ini berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 10.000. Kalo ingin tahu banyak tentang corydoras ini kamu bisa membaca artikel : Ikan Sapu Sapu - Ikan yang Bukan Sekedar Pembersih Aquarium.

2. Ikan Barb

ikan hias kecil - ikan barb
Ikan Barb

Ikan barb ini adalah ikan hias kecil selanjutnya ikan ini mempunyai ukuran kecil dan suka bergerombol dengan kawanannya. Satu kelompok ikan barb ini mempunyai 5 ikan barb didalamnya. Ikan barb ini juga sangat bagus untuk kamu yang masih pemula dalam memelihara ikan hias. Karena ikan barb ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Harga ikan barb ini juga sangat murah karena berkisar Rp. 2.500 sampai Rp. 10.000.

3. Ikan Lemon Tetra

Ikan Lemon Tetra

Ikan lemon tetra ini mempunyai keunikannya yaitu mempunyai tubuh yang transparan dan mempunyai warna lemon pada tubuhnya, ikan lemon tetra ini juga bisa disatukan dengan ikan hias jenis lain yang seukuran karena ikan lemon tetra ini bukan tipikal ikan yang menyerang.

Harga ikan lemon tetra ini juga sangat murah yaitu Rp. 2.500.

4. Ikan Rasbora Harleiquin

ikan hias kecil - ikan rasbora harleiquin
Ikan Rasbora Harleiquin

Ikan rasbora harleiquin ini merupakan ikan hias yang berukuran kecil yang indah dan juga mudah untuk di pelihara. Aku sarankan untuk kamu yang ingin membeli ikan rasbora harleiquin ini sebaiknya kamu membeli langsung 6 ekor dalam 1 aquarium karena ikan rasbora harlequin ini mempunyai sifat bergerombol.

Harga ikan rasbora harleiquin ini sangat murah karena berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 6.000.

5. Ikan Honey Gourami

ikan hias kecil - ikan honey gourami
Ikan Honey Gourami

Ikan jenis ini mempunyai warna yang cerah dan juga bisa beradaptasi di segala jenis air jadi kamu tidak perlu khawatir dengan ikan hias ini. Ikan honey gourami ini juga termasuk dalam ikan yang sangat kecil dibadingkan dengan ikan hias kecil lainnya.

Harga ikan honey gourami ini hanya Rp. 5.000.

6. Ikan Bandit

ikan hias kecil - ikan bandit
Ikan Bandit

Ikan bandit ini merupakan ikan hias kecil selanjutnya ikan bandit ini termasuk dalam catfish. Ikan bandit ini mempunyai warna dominan yaitu putih pucat dan memiliki corak garis horizontal berwarna hitam di matanya, lalu ikan ini juga mempunyai warna hitam juga di bagian belakang tubuhnya. Ikan bandit ini juga tidak akan menyerang ikan lain yang berada di sekitarnya.

Harga ikan bandit ini sangat murah berkisar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000.

7. Ikan X ray Tetra

ikan hias kecil - ikan x ray tetra
Ikan X ray Tetra

Ikan x ray tetra ini sangat cocok dengan aquarium kecil yang mempunyai berbagai macam jenis ikan, karena ikan jenis ini mempunyai ukuran yang kecil dan juga bisa beradaptasi dengan ikan kecil jenis lainnya. Ikan x ray tetra ini mempunyai tubuh yang transparan yang digunakan sebagai perlindungan dari predator yang akan memangsanya.

Harga ikan x ray tetra ini hanya Rp. 1.500 saja untuk 1 ekor.

8. Ikan Botia Zebra

ikan hias kecil - ikan botia zebra
Ikan Botia Zebra

Ikan botia zebra ini berasal dari asia tenggara dan asia timur seperti di myanmar, jepang, tiongkok, india, dan indonesia. Ikan botia zebra ini termasuk ikan nokturnal yang suka bergerombol dengan kawnannya dan juga ikan botia zebra ini mempunyai ukuran yang kecil. Ikan botia zebra ini terkenal dikalangan pecinta ikan hias kecil karena mempunyai warna yang unik.

Sebenarnya ikan botia di indonesia ada juga yang berada di alam liar tepatnya di daerah kalimantan tepatnya di sungai barito dan di sumatera tepatnya di sungai batanghari. Sebenarnya ikan botia ini ditangkap di alam liar dan di jual kembali, namun sekarang ikan botia zebra ini sudah ada tempat budidayanya.

Harga ikan botia juga tidak terlalu mahal karena berkisar Rp. 3.000 untuk yang berukuran kecil hingga Rp. 25.000 untuk ikan botia zebra dewasa. Walaupun murah ikan botia zebra ini mempunyai corak yang bagus untuk dipelihara kok.

Untuk mengetahui apa saja sih jenis ikan botia kamu bisa membaca artikel : Ikan Botia - Berbagai Jenis dan Harga Ikan Botia.

9. Ikan Molly

ikan hias kecil - ikan molly
Ikan Molly

Ikan hias kecil selanjutnya adalah ikan molly yang mempunyai warna-warna yang sangat bagus, ikan molly juga cocok untuk kamu yang mempunyai aquarium kecil dan ingin memelihara berbagai macam ikan hias karena ikan molly ini tidak menyerang ikan lainnya, dan ikan ini juga tidak akan tumbuh menjadi besar karena panjang maksimal hanya 12 cm.

Ikan molly ini juga mudah untuk di berikan makan karena termasuk omnivora jadi kamu hanya tinggal memberi makan pelet untuk ikan molly ini. Harga ikan molly ini sangatlah terjangkau sekitar Rp. 1.000 untuk yang anakan dan Rp. 5.000 untuk yang indukan atau dewasa. Adapun artikel lengkapnya kamu bisa membaca : ikan molly - penjelasan ikan molly dan harga ikan molly terlengkap.

10. Ikan Platy

ikan hias kecil - ikan platy
Ikan Platy

Ikan platy ini merupakan ikan yang sangat bagus karena mempunyai warna-warna yang indah dan juga ikan platy ini mudah untuk berkembang biak. Hewan ini juga mempunyai tubuh yang kecil yaitu 4 cm sampai 6 cm, yang dimana ikan platy betina lebih besar dibandingkan ikan platy jantan. Ikan platy juga mampu bertahan hidup hingga 3 tahun sampai 4 tahun.

Kesulitan dalam merawat ikan platy ini adalah saat melahirkan bayinya induk ikan platy akan menjadi kanibal dan memankan anaknya yang baru dilahirkan. Harga ikan platy sangat murah dari mulai Rp. 1.500 hingga Rp. 45.000. Namun ada juga harga ikan platy termahal yaitu mencapai Rp. 150.000 untuk ikan platy jenis blood sword tail.

11. Ikan Guppy

ikan hias kecil - ikan guppy
Ikan Guppy

Jika kita lihat sekilas ikan guppy mungkin akan mirip dengan ikan cupang namun ikan guppy ini mempunyai sifat tidak terlalu agresif dibandingkan dengan ikan cupang, jadi ikan guppy ini cocok untuk kamu yang ingin memelihara beragam ikan dalam 1 aquarium. Ikan guppy ini juga tidak terlalu besar jadi mudah untuk menempatkannya di aquarium kecil.

Harga ikan guppy juga lumayan mahal untuk beragam jenisnya untuk yang termurah harganya berkisar Rp. 25.000 sampai Rp. 45.000 untuk yang paling mahal. Untuk info lebih lengkap dari ikan guppy ini kamu bisa membaca artikel : Ikan Guppy - Mengetahui Harga dan Jenisnya Secara Lengkap.

Cara Merawat Ikan Hias di Aquarium Kecil

Untuk merawat ikan hias yang akan ditempatkan di aquarium kecil sebaiknya kamu harus memilih aquarium kecil yang pas untuk diberikan hiasan dan juga ikan serta berikan filter dan juga aerator untuk menjaga kebersihan dan ph dalam aquarium. Walaupun sudah ada filter sebaiknya 2 minggu sekali aquarium dikuras airnya dan menggantinya dengan yang baru.

Pilihlah ikan yang akan ditempatkan di aquarium kecil karena jika kamu memberikan ikan yang agresif seperti ikan cupang pada aquarium kecil dan menyatukannya dengan ikan lain maka mereka tidak akan akur dan cenderung salah satunya akan cepat mati. Jangan juga memberikan banyak ikan pada aquarium kecil karena akan menyebabkan ruang gerak untuk ikan lebih sedikit.

Berikan sebuah lobang diatas aquarium sebagai ventilasi udara aquarium, namun jangan memberi lobang terlalu besar karena ikan bisa meloncat keluar aquarium. Saya sarankan untuk di berikan jaring lubang ventilasi untuk menghindari ikan yang akan meloncat.

Jangan menaruh aquarium kecil anda dekat dengan sinar matahari karena bisa menyebabkan ganggang tumbuh lebih cepat di aquarium kamu. Berikan pakan yang bagus dan teratur untuk ikan hias kecil kamu, seperti pakan alami dan kamu bisa juga memberikan pelet untuk ikan hias kecil kamu.

Sekian penjelasan tentang ikan hias kecil ini semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kamu dan jangan lupa untuk mengunjungi hewanairinfo.blogspot.com lagi untuk membaca artikel tentang segala jenis hewan air, jangan lupa juga membagikan artikel ini yah, Terima Kasih.


2 Responses to "Ikan Hias Kecil - 11 Ikan Hias Kecil untuk Aquarium Kecil Kamu"

  1. menarik niche blognya om!hehehe jadi tertark melihara ikan :)
    jangan lupa mampir keblog sedehrana saya ya :)

    ReplyDelete
  2. This is important for tanks with a lot of fish that produce a lot of waste. Using a canister filter will help polish your water until it's crystal clear. One downside to canister filters is that they can be slightly harder to clean and begin to lose flow as they get clogged until they are cleaned out again. Because of this, if you are lazy about keeping up with regular filter maintenance, trapped debris and detritus can lead to an increase in nitrates. For this reason the canister filter has received the nick name "nitrate factory" among fellow aquarists. https://aquariaguide.com/best-filters-for-betta-fish/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel