Ikan Buntal - 6 Jenis Ikan Buntal Hias Cantik dan Manfaat Ikan Buntal

Ikan Buntal - Kali ini hewan air info akan membahas tentang ikan buntal hias. Apakah kamu tahu apa itu ikan buntal ? Jika kamu belum mengetahui tentang ikan ini maka kamu harus membaca artikel ini hingga selesai karena hewan air info akan memberikan informasinya secara lengkap.

Ikan Buntal
Ikan Buntal

Ikan Buntal

Ikan buntal air tawar ini merupakan ikan yang sangat sering kamu jumpai di restoran atau di tempat makan karena ikan ini sering sekali dijadikan sebuah hidangan. Namun sebenarnya ada juga ikan buntal lucu yang bisa kamu pelihara juga loh. Memelihara ikan buntal juga sangat sulit berbeda dengan jenis ikan hias lainnya.

Ikan buntal ini mempunyai nama ilmiah yaitu Tetraodontidae ikan ini jika dilihat secara kasat mata hampir sama dengan ikan landak. Perbedaan dari keduanya adalah luas tulang belakang yang lebih luas ikan landak dibandingkan ikan buntal. Ikan buntal dalam bahasa inggris mempunyai nama lain yaitu Puffer Fish.

Ikan ini merupakan jenis vertebrata yang sangat beracun kedua setelah hewan katak racun emas. Organ-organ tubuh yang beracun biasanya berada di kulit, usus, dan hati, namun dibagian daging ikan ini tidak beracun oleh karena itu banyak sekali restoran yang membuat masakan dari daging ikan ini.

Ikan ini banyak ragambya yaitu mempunyai 121 spesies ikan yang dibagi menjadi 20 genera. ikan ini rata-rata terdapat di peraran tropis dan di zona sedang. Ukuran ikan ini mempunyai panjang lebih dari 100cm.

Sebelum membahas jenis ikan buntal yang indah coraknya sebaiknya anda harus membaca dulu apa saja manfaat dari ikan buntal untuk tubuh anda.

Manfaat Ikan Buntal

1. Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi

Jumlah kandungan lemak tak jenus dari ikan buntal yang banyak ini bisa membantu anda dalam mengurangi jumlah kandungan kolesterol jahat yang ada di tubuh anda. Jadi anda yang mempunyai kolesterol yang tinggi cobalah untuk memakan ikan buntal ini namun lebih baik anda konsumsi di restoran yang sudah ahli dalam mengolah ikan ini karena jika anda belum ahli dalam mengolahnya maka akan menjadi racun untuk anda.

2. Sebagai Sumber Protein Hewani

Fungsi dari protein hewani dari ikan ini adalah bisa membangun sistem kekebalan tubuh, Jadi dengan memankan ikan ini tubuh kalian bisa melawan rasa sakit yang diakibatkan oleh racun, bakteri, atau virus. Protein dari ikan  juga bisa berfungsi untuk keseimbangan basa dan asam di dalam tubuh, mengatur PH di tubuh anda, dan protein hewani ini juga bisa menjadi zat pembentuk massa otot juga loh.

3. Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Pada ikan buntal ini mempunyai kandungan mineral kalium yang bagus dalam mengaktifkan enzim yang digunakan untuk metabolisme tubuh kita. Jika kadar kalium anda tidak mencukupi maka tubuh anda bisa merasa cepat lemas karena energi yang dihasilkan berkurang.

4. Mempunyai Omega 3

Ikan ini mempunyai kandungan omega 3 yang bagus untuk meningkatkan kolestrol baik dan bisa menurunkan kadar trigliserida atau lemak yang ada di darah anda.

5. Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda merasa nafsu makan anda berkurang maka saya sarankan untuk mengkonsumsi daging ikan buntal ini sebagai lauk pauknya karena manfaat dari ikan buntal ini juga bisa menambah nafsu makan anda.

6. Meningkatkan Stamina Tubuh

Kenikmatan dari daging ikan buntal yang diolah dengan benar sangatlah enak untuk dimakan. Daging dari ikan tersebut juga mempunyai manfaat yang bagus utnuk tubuh anda yang saat beraktivitas merasa lemas maka anda bisa mencoba memakan daging ikan ini karena bisa meningkatkan stamina tubuh anda dan anda tidak akan lemas kembali dalam beraktivitas.

Jenis Ikan Buntal Hias

1. Mbu Puffer (Tetradon Mbu)

Ikan Buntal Mbu Puffer
Ikan Buntal Mbu Puffer

Ikan buntal jenis ini mempunyai ukuran sekitar 60cm sampai 75cm, utnuk memelihara ikan jenis ini sangatlah sulit karena ikan ini lama-kelamaan akan membesar dan akan sering memakan kerang dan harga dari kerang juga sangatlah mahal. Ikan ini juga termasuk kedalam ikan yang langka jika anda cari di pasar ikan hias padahal ikan ini mempunyai corak yang sangat cantik.

Ikan ini bisa dikatakan sebagai ikan buntal raksasa karena ikan ini mampu tumbuh hingga panjang mencapai 90cm dan dengan tubuh yang makin besar maka pengeluaran dana anda untuk merawat ikan ini juga akan membengkak. Namun untuk anda yang ingin mencoba memelihara ikan ini saya sarankan untuk membeli aquarium yang besar.

Makanan dari ikan ini adalah udang karang, keong, dan moluska. Saya sarankan untuk memberikan ikan ini makanan yang masih beku. Ukuran yang bagus untuk akuarium yang sesuai dengan ikan ini sebaiknya lumayan rendah sekitar 60 cm. Agar akuarium mudah untuk dibersihkan karena ikan buntal cenderung mengoyak mangsanya dengan gigitannya dan membuat aquarium anda mencaji berantakan dan kotor sehingga anda akan sering membersihkannya.

2. Red Eye Puffer

Ikan Buntal Red Eye Puffer
Ikan Buntal Red Eye Puffer

Ikan buntal mata merah ini mempunyai ciri khusus yaitu tubuh yang berwarna abu-abu dan bergaris dan mata yang merah seperti namanya. Untuk membedakan ikan betina dan jantan dari hewan air ini adalah dengan melihat pola dari betina yang lebih mencolok dibandingkan jantan. Ikan ini juga termasuk dalam kategori ikan buntal kecil yang ukurannya hanya 2 sampai 3 inci saja.

Jika anda ingin memelihara ikan ini sebaiknya anda menempatkan di akuarium tersendiri karena ikan ini sangat agresif pada ikan lain atau anda bisa menempatkan di tempat khusus yang berisi 2 ikan buntal mata merah jantan dan betina.

Makanan ikan ini sama dengan jenis ikan buntal lainnya yaitu udang, moluska, dan keong agar membuat gigi dari ikan ini terjaga. Makanan yang diberikan pun lebih baik dibekukan agar ikan sulit menggigitnya sehingga gigi akan cepat terkikis.

Ukuran makanan yang diberikan juga jangan terlalu besar karena ikan ini mempunyai ukuran yng mini dibandingkan jenis ikan buntal lainnya.

3. Eyespot Puffer

Ikan Buntal Eyespot Puffer
Ikan Buntal Eyespot Puffer

Ikan ini mempunyai nama lain yaitu Figure 8 Puffer Fish. Nama tersebut diberikan dari bintik yang ada di belakang ikan ini yang seperti 2 mata atau angka 8. Ikan ini juga termasuk dalam kategori ikan buntal yang mini dengan ukuran yang berkisar 7,5 cm. Ikan ini juga membutuhkan krustasea yang hidup di makanannya agar gigi ikan ini tetap terkikis.

Ada yang berpendapat bahwa ikan ini bisa hidup lama di air payau namun ada juga yang berpendapat bahwa ikan ini akan lebih sehat hidup di air tawar. Namun secara alami ikan ini hidup di air tawar. Ikan ini juga agresif dan sering menyerang ikan lainnya. Jika anda ingin memelihara ikan ini dengan ikan lainnya secara bebarengan lebih baik anda memilih ikan molly atau ikan tetra yang bergerombol, cepat dan relatif besar.

Makanan untuk ikan ini adalah moluska, udang, dan juga kerang. Saya sarankan untuk memberikan makanan yang masih hidup agar ikan ini mengejar sendiri makanannya di akuarium.

4. Fahaka Puffer

Ikan Buntal Fahaka Puffer
Ikan Buntal Fahaka Puffer

Ikan berikutnya merupakan ikan buntal kategori besar yang ukurannya berkisar 35cm - 45cm. Banyak sekali yang memelihara ikan ini karena keindahannya dan ukurannya yang besar. Untuk anda yang ingin memelihara ikan ini juga perlu akuarium yang besar karena ukuran ikan ini sangat fantastis.

Volume minimal untuk memelihara ikan ini adalah 450 liter namun lama- kelamaan anda juga membutuhkan akuarium yang lebih besar karena pertumbuhan ikan ini. Makanan yang bagus untuk ikan ini adalah kerang, kepiting, cacing, udang, udang karang, dan moluska. Makanan sebaiknya disajikan beku agar gigi dari ikan jenis ini terkikis secara alami.

Pemberian makanan ikan ini lebih baik secara bertahap untuk ikan yang masih muda lebih baik diberi makan keong ramshorn lalu jika sudah besar anda bisa memberikan Mystery Snail.

5. Congo Puffer

Ikan Buntal Congo Puffer
Ikan Buntal Congo Puffer

Ikan jenis ini mempunyai ukuran yang mini berkisar 7,5cm sampai 15cm. Ikan buntal jenis ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu bisa berubah warna dan juga membutuhkan krustasea untuk makanannya. Ikan jenis ini membutuhkan substrat daripada ikan buntal jenis lainnya.

Substrat yang dibutuhkan ikan ini akan digunakan sebagai tempat menguburkan tubuhnnya untuk menyergap mangsanya. Pada saat terkubur substrat ikan ini hanya akan menampakan matanya yang kecil dan sebagian tubuhnya ke atas substrat. Saat terkubur ikan ini akan mengubah warnanya sesuai dengan substratnya.

Ikan ini juga termasuk dalam ikan yang cerdas namun mempunyai kepribadian yang berbeda karena ada orang yang memelihara ikan ini bercerita bahwa ikan ini suka menanggapi pemiliknya jika tangan pemiliknya mendekati ikan ini namun sebagian lain ada yang tergigit oleh ikan ini.

Jika ingin memelihara ikan ini saya sarankan untuk diberikan akuarium terpisah karena ikan ini termasuk dalam predator penyergap jadi bisa saja ikan lain akan jadi mangsa oleh ikan buntal jenis ini.

Makanan untuk ikan ini bisa anda berikan cacing darah yang berlemak atau udang. Untuk memberikan cacing darah yang berlemak sebaiknya jangan diberikan setiap hari dan untuk udang berikanlah udang yang berukuran besar dan masih memiliki cangkang.

Anda juga bisa memberikan ikan ini makanan keong terompet Malaysia, keong tambak, keong hama, dan keong ramshorn besar. Ikan ini bisa menggigit cangkang keong hingga menembusnya lalu merusaknya.

6. Pea Puffer

Ikan Buntal Pea Puffer
Ikan Buntal Pea Puffer

Ikan buntal jenis ini masuk dalam kategori ikan buntal hias mini yang mempunyai ukuran sekitar 2,5cm sampai 3,5cm. Ikan ini bisa anda temukan di tempat penangkaran dan ikan hasil penangkaran biasanya lebih kuat dibandingkan dengan ikan hasil tangkapan karena ikan tangkapan akan lebih mudah terkena parasit internal dan lebih cepat mati dibanding ikan tangkapan.

Membeli ikan buntal hasil penangkaran lebih bagus karena ikan ini akan mudah berkembang dengan baik di akuarium. Ikan penangkaran sudah terbiasa dengan air yang berubah-ubah jadi akan lebih lama bertahan hidup di akuarium dibandingkan ikan tangkapan.

Untuk membedakan maka ikan buntal betina dan jantan anda bisa melihat dari warnanya. Ikan jantang mempunyai kerutan hijau neon atau metalik yang ada di sekitar mata dan di betina tidak ada. Pada jantan juga mempunyai garis gelap yang letaknya di tengah perut.

Ikan ini bisa dipelihara secara berkelompok dan anda juga harus memberikan aquarium yang besar karena ikan ini termasuk sangat teritorial dan akuarium harus dipenuhi dengan tanaman. Ikan ini mempunyai gigi yang tajam dan bisa menggigit ikan lain jadi saya sarankan jangan campur dengan ikan jenis lainnya.

Makanan untuk ikan ini adalah cacing tambang California, cacing putih, cacing tubifex, dan cacing darah. Walaupun ikan ini termasuk ikan yang tidak pilih-pilih dalam soal makanan namun ikan ini tidak suka dengan pakan pelet yang kering.

Harga Ikan Buntal

Tabel Harga Ikan Buntal

Jenis Ikan Buntal

Harga

Harga Ikan Buntal Green Puffer Rp. 15.000 - Rp. 20.000
Harga Ikan Buntal Fahaka Rp. 20.000
Harga Ikan Buntal Size XL Rp. 20.000 - Rp. 70.000
Harga Ikan Buntal Valentin Rp. 40.000
Harga Ikan Buntal Susu Rp. 22.900
Harga Ikan Buntal Kelapa Rp. 34.000 - Rp. 80.000
Harga Ikan Buntal Palembang/Dragon Puffer Rp. 125.000

Itulah penjelasan tentang ikan buntal secara lengkap. Apakah anda mulai minat untuk memelihara ikan hias ini jika anda masih pemula sebaiknya memilih ikan hias yang lebih mudah saja karena ikan buntal sangat sulit untuk di pelihara. Untuk melihat info tentan jenis ikan lainnya kamu bisa melihatnya di ikan hias disana banyak sekali informasi tentang ikan hias yang mudah dipelihara. Terima Kasih.

0 Response to "Ikan Buntal - 6 Jenis Ikan Buntal Hias Cantik dan Manfaat Ikan Buntal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel