Ikan Sumatra - 5 Jenis Ikan Sumatra Beserta Harga dan Cara Budidayanya

Ikan Sumatra - Ikan ini masuk dalam kategori ikan air tawar yang mempunyai ukuran mini. Hewan ini juga sering dijadikan favorit para penggemar ikan hias untuk mengisi aquascapenya. Kali ini hewanairinfo.blogspot.com akan membahas tentang ikan sumatra secara lengkap jadi kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.

ikan sumatra
Ikan Sumatra


Ikan Sumatra

Ikan ini mempunyai nama lain yaitu Puntius Tetrazona, Sumatra Barb atau Tiger Barb merupakan ikan yang berasal dari Sumatra dan Kalimantan namun ikan ini juga bisa ditemukan di daerah Thailand dan Semenanjung Melayu. Ikan ini mempunyai banyak nama seperti ikan sumatra tiger atau ikan sumatra barb.

Ikan ini mempunyai ukuran kecil yaitu 70mm dan warna tubuhnya dominan kekuningan dan ada 4 garis vertikal yang ada ditubuhnya. 4 garis vertikal tersebut ada di bagian mata sampai ekornya. Pada bagian sirip, ekor, dan mulut berwarna kemerahan lalu di bagian sirip punggungnya berwarna hitam namun ada sedikit ada garis merah.

Ikan sumatra memang terkenal galak jadi hewan air info sarankan untuk tidak menggabungkan dengan ikan yang ukurannya lebih kecil atau yang bersifat damai seperti ikan guppy. Lebih baik menyatukan ikan ini dengan ikan sejenisnya karena ikan ini suka bergerombol.

Manfaat ikan sumatra ini sangat bagus untuk diternakan karena memelihara ikan ini tidak sulit dan banyak yang mencari ikan ini untuk dijadikan ikan hias. Banyak sekali ikan sumatra untuk aquascape karena mempunyai ukuran yang mini dan jenis yang beragam. Berikut jenis-jenis ikan sumatra.

Jenis Ikan Sumatra

1. Ikan Sumatra Balon

Ikan Sumatra Balon
Ikan Sumatra Balon

Ikan ini mempunyai warna dominan kekuningan dengan ada 4 garis vertikal di tubuhnya dari mata, badan, dan ekor. Pada bagian sirip bawah, bibir, dan ekor mempunyai warna kemerahan namun sirip atas mempunyai warna hitam dengan diujungnya terdapat warna kemerahan.

Harga ikan sumatra balon ini berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 42.000 tergantung dari ukuran ikan tersebut.

2. Ikan Sumatra Balon Slayer

Ikan Sumatra Balon Slayer
Ikan Sumatra Balon Slayer

Ikan sumatra jenis ini sebenarnya mirip dengan ikan balon yang sama-sama mempunyai 4 garis vertikal namun yang membedakan dari ikan sumatra slayer ini adalah sirip dan ekornya lebih panjang dari ikan sumatra balon.

Harga ikan sumatra balon slayer ini juga lumayan mahal berkisar Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000 atau lebih karena lumayan sulit untuk mendapatkan ikan jenis di pasar ikan.

3. Ikan Sumatra Albino

Ikan Sumatra Albino
Ikan Sumatra Albino

Ikan sumatra albino ini mempunyai warna dominan putih susu dan pada garis vertikalnya warnanya lebih putih dari warna dominan di tubuh ikan ini. Harga ikan sumatra albino ini sangat murah hanya berkisar Rp. 2.500 sampai Rp. 5.000 saja.

4. Ikan Sumatra Hijau

ikan sumatra hijau
Ikan Sumatra Hijau

Ikan sumatra hijau ini mempunyai ciri khas yaitu warna dominan yang hijau dan pada bagian sirip bawah mempunyai warna merah. Ikan sumatra ini berbeda dengan ikan sumatra biasanya yang mempunyai garis vertikal karena ikan ini hanya mempunyai warna dominan hijau pada tubuhnya dan merah di sirip bawah, sirip punggung, dan mulut.

Harga dari ikan sumatra hijau ini sangat murah karena hanya Rp. 3.500 - Rp. 5.000 tergantung ukuran dari ikan tersebut.

5. Ikan Sumatra Albino Pink

Ikan Sumatra Albino Pink
Ikan Sumatra Albino Pink

Ikan ini sebenarnya sama dengan jenis ikan sumatra albino namun perbedaannya adalah warna albino dari ikan ini cenderung ke merah muda atau pink dan pada bagian mulutnya mempunyai warna merah cerah. Pada bagian sirip bawah, ekor, dan sirip punggung mempunyai warna merah terang juga namun tidak terlalu dominan.

Harga ikan ini juga murah dan hampir sama dengan harga ikan sumatra albino yaitu berkisar Rp. 4.000 sampai Rp. 5.000. 

Cara Budidaya Ikan Sumatra

Budidaya ikan sumatra lumayan mudah dan tidak terlalu sulit. Untuk memulainya kamu harus memilih ikan sumatra yang bagus untuk proses pemijahan, minimal ikan sumatra betina yang akan dijadikan pemijahan adalah kurang dari 6 bulan dan untuk ikan jantannya pilihlah yang mempunyai warna mencolok dan tubuh yang ramping.

Ikan sumatra merupakan ikan yang produktif karena ikan betinanya mampu menghasilkan telur berkisar 400 sampai 800. Telur akan mulai menjadi larva sekitar 2 sampai 4 hari tergantung kualitas air.

Kualitas air yang bagus untuk proses pemijahan adalah air harus mempunyai substrat/tanaman air untuk menempelkan telur, suhu air sekitar 20 sampai 60 derajat Celsius atau lebih bagus 25 derajat celsius saat proses pemijahan, Ph untuk air netral, dan sebaiknya air yang akan digunakan untuk proses pemijahan diberikan obat anti jamur terlebih dahulu.

Proses pemijahan hanya membutuhkan substrat, 1 ikan betina, dan 1 ikan jantan. Substrat sebelum dimasukan harus dibersihkan dan memasukan ikannya saat sore dan harus di kontrol proses pemijahannya saat malam hari sebelum jam 10 malam. Lihat dengan baik substrat tersebut karena telur sangat kecil dan bening.

Jika substrat terisi telur maka induk dipisahkan dengan telur lalu biarkan teur itu menetas yang biasanya memakan waktu 2 sampai 4 hari. Setelah menjadi larva di minggu pertama sebaiknya diberi makan rotifera atau infusoria, pada minggu ke tiga sudah bisa diberikan pakan buatan seperti pelet halus dan cacing sutra sampai larva tersebut sudah berumur 2 bulan dan siap untuk dijual.

Cara Merawat Ikan Sumatra

Merawat ikan sumatra ini sangatlah mudah karena mereka diberi pakan buatan maupun alami mereka tetap memakannya. Namun yang membuat sulit memelihara ikan ini adalah air yang harus selalu dijaga kebersihannya dan juga ikan sumatra ini terkenal galak atau agresif jadi tidak semua ikan bisa disatukan dengan ikan ini seperti ikan mas.

Makanan ikan sumatra tidak sulit karena ikan ini termasuk omnivora jadi kamu bisa memberi makanan kering seperti pelet dan makanan hidup seperti cacing saring. Hindari makanan berkalori tinggi karena akan mengakibatkan ikan sumatra menjadi gendut dan susah untuk membuahi ikan sumatra betina.

Ikan ini bisa disatukan jika aquarium yang kamu gunakan besar dan tidak kecil seperti aquascape. Lalu jangan sampai ikan sumatra disatukan dengan ikan yang mempunyai gerakan lambat dan sirip yang panjang seperti ikan cupang, ikan manfish, ikan mas, dan gurami kerdil. Hewan air info sarakan untuk menyatukan ikan sumatra dengan ikan koi dan ikan koki dalam kolam ikan hias atau di aquarium yang besar.

Harga Ikan Sumatra

Tabel Harga Ikan Sumatra

Jenis Ikan Sumatra

Harga

Harga Ikan Sumatra Balon Rp. 10.000 - Rp. 40.000
Harga Ikan Sumatra Balon Slayer Rp. 50.000 - Rp. 100.000
Harga Ikan Sumatra Albino Rp. 2.500 - Rp. 5.000
Harga Ikan Sumatra Hijau Rp. 3.500 - Rp. 5.000
Harga Ikan Sumatra Albino Pink Rp. 4.000 - Rp. 5.000

Itulah penjelasan lengkap dari ikan sumatra semoga kamu terbantu dengan adanya artikel ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke temanmu yang suka dengan ikan sumatra juga yah. Terima Kasih.





0 Response to "Ikan Sumatra - 5 Jenis Ikan Sumatra Beserta Harga dan Cara Budidayanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel