Ikan Palmas - 16 Jenis Ikan Palmas Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Ikan Palmas - Pada artikel ini hewan air info akan menjelaskan tentang ikan yang mempunyai bentuk mirip naga dan disebut juga sebagai ikan predator, nah ikan tersebut adalah ikan palmas. Ikan ini memang bukan berasal dari Indonesia namun sekarang sudah di budidaya di Indonesia dan mempunyai banyak jenisnya apa saja jenis ikan palmas yang ada berikut ulasannya.

Ikan Palmas

daftar isi
  1. Ikan Palmas
  2. Jenis Ikan Palmas
  3. Cara Merawat Ikan Palmas
  4. Harga Ikan Palmas

Ikan Palmas

Ikan palmas atau nama latinnya Polypterus ini merupakan ikan air tawar yang mempunyai bentuk mirip naga dan berasal dari perairan Afrika, di Indonesia hewan air ini sudah bisa dibudidayakan jadi kamu bisa mulai memelihara ikan palmas di rumah.

Ikan ini mempunyai bentuk fisik ular namun mempunyai sirip dibagian bawah dan di atasnya. Pergerakan dari ikan ini lumayan lincah dan tidak jarang terlihat merayap didasar air. Ikan palmas ini merupakan ikan yang agresif apa lagi jika sedang mencari mangsa hal tersebut dikarenakan ikan palmas termasuk dalam kategoi karnivora.

Hewan ini mempunyai panjang yang bisa mencapai 30 cm dan sekarang banyak sekali yang mencari ikan palmas ini untuk di jadikan ikan hias karena mempunyai beberapa jenis yang coraknya indah jika dilihat dari aquarium. Berikut jenis ikan palmas yang cocok dijadikan ikan hias.

Jenis Ikan Palmas

1. Ikan Palmas Albino

Ikan Palmas Albino
Ikan Palmas Albino


Ikan palmas jenis ini hanya mempunyai warna putih dominan atau albino namun ada sedikit corak warna kuning di bagian sirip atas dan dibagian mata mempunyai warna merah. Jenis ikan ini sangat indah untuk dipelihara karena warna putih dan lampu di aquarium membuat ikan ini enak dilihat apalagi jika sedang bergerak dengan anggun membuat ikan ini menjadi sangat indah.

Harga ikan palmas albino ini juga sangat terjangkau karena berkisar Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 untuk berbagai ukuran.

2. Ikan Palmas Orna

Ikan Palmas Orna
Ikan Palmas Orna


Ikan palmas jenis ini mempunyai motif di tubuhnya yang sangat unik dan bagus yaitu mempunyai warna dominan hitam dengan bintik-bintik yang warnanya sedikit oren atau kuning. Jenis ini berasal dari afrika dan ikan palmas orna terbesar bisa mencapai 50cm -75cm. Untuk harga ikan palmas orna ini mencapai Rp. 250.000.

3. Ikan Palmas Endlicheri

Ikan Palmas Endlicheri
Ikan Palmas Endlicheri


Ikan palmas jenis ini sangat mudah ditemukan di pasar ikan karena ikan jenis ini mudah dibudidayakan dan juga banyak dicari oleh penggemar ikan hias. Bentuk corak yang pada jenis ini seperti pasir dengan corak-corak hitam dan mempunyai tubuh yang lumayan besar yang bisa mencapai 63 cm.

Harga ikan palmas endlicheri sangat beragam tergantung ukuran dari ikan tersebut ada yang hanya Rp. 25.000 dengan ukuran sekitar 5cm dan ada yang mencapai Rp. 500.000 yang ukurannya sudah 60 cm keatas.

4. Ikan Palmas Senegalus

Ikan Palmas Senegalus
Ikan Palmas Senegalus


Ikan ini mempunyai warna dominan abu-abu dan tidak memiliki corak seperti ikan palmas orna maupun endlicheri. Palmas senegalus ini mempunyai panjang tubuh yang berkisar 13 cm-23 cm dan harga ikan palmas senegalus berkisar Rp. 15.000 - Rp. 40.000 tergantung ukuran dari ikan palmas senegalus.

5. Ikan Palmas Lapradei

Ikan Palmas Lapradei
Ikan Palmas Lapradei


Jenis selanjutnya merupakan ikan palmas yang mampu tumbuh mencapai 75 cm-100 cm dan ikan ini mempunyai pola garis dari ekor hingga tubuh bagian kepala. Corak tersebut membuat jenis ikan ini seperti ular yang sedang didalam air. Harga ikan palmas lapradei ini lumayan mahal karena untuk ukuran 15 cm harganya mencapai Rp. 150.000 dan untuk harga Rp.250.000 ukuran ikan ini mencapai 25cm.

6. Ikan Palmas Ansorgii

Ikan Palmas Ansorgii
Ikan Palmas Ansorgii


Ikan jenis ini mempunyai corak tidak beraturan seperti endlicheri yaitu dominan putih namun ada corak hitam yng tidak beraturan bentuknya dan yang membedakan dengan jenis endlicheri adalah ukurannya yang lebih kecil yang hanya mampu mempunyai panjang 30 cm. Harga ikan palmas ansorgii ini mencapai Rp. 365.000 untuk ukuran 30cm.

7. Ikan Palmas Congicus

Ikan Palmas Congicus
Ikan Palmas Congicus


Jenis ikan palmas ini juga termasuk dalam kategori raksasa karena ukurannya yang berkisar 100cm sampai 120cm. Ikan ini juga mempunyai rahang yang sangat kuat yang membantunya untuk memangsa makanannya. Harga ikan palmas congicus ini mencapai Rp. 250.000.

8. Ikan Palmas Teugelsi

Ikan Palmas Teugelsi
Ikan Palmas Teugelsi


Palmas teugelsi ini mempunyai warna hitam dan terdapat corak kekuningan dengan garis di bagian bawah dari ekor sampai ke kepala. Ukuran ikan palmas jenis ini berksiar 45cm-70cm dan pada bagian sirip atas membentuk seperti kipas sampai bagian ekor ikan yang bentuknya melebar. Harga dari ikan ini lumayan mahal yaitu Rp. 400.000.

9. Ikan Palmas Mokelembembe

Ikan palmas jenis ini mempunyai warna yang hampir sama dengan jenis teugelsi namun lebih gelap dan mempunyai sirip yang lebih tajam dan terlihat bergerigi sirip atasnya. Harga ikan palmas mokelembebe ini mencapai Rp. 350.000.

10. Ikan Palmas Retropinnis

Jenis palmas ini mempunyai ciri yaitu corak tubuhnya yang mirip polkadot namun sedikit gelap dan ikan jenis ini berasal dari perairan Afrika barat. Harga ikan palmas retropinnis ini lumayan mahal karena sampai Rp. 600.000.

11. Ikan Palmas Polli

Ikan palmas polli ini mempunyai warna cokelat dengan sedikit warna hijau. Jenis palmas ini mempunyai ukuran yang lumayan besar dengan ekor yang tidak terlalu besar. Harga ikan palmas polli ini lebih murah dibandingkan jenis Retroponnis yaitu Rp. 150.000

12. Ikan Palmas Weeksii

Palmas Weeksii ini mempunyai perbedaan dari bentuk kepalanya yang lebih besar dan rahang atas dan bawah sama-sama besarnya. Pada corak belang bagian atas jenis ini cenderung gelap dan di bagian bawahnya mempunyai warna terang yang cenderung polos. Harga ikan palmas weeksii ini hanya Rp. 200.000.

13. Ikan Palmas Bichir-Bichir

Ikan ini mempunyai corak kuning kehijauan dengan panjang yang mencapai 70 cm. Ikan ini mempunyai sisik yang cenderung cukup kasar. Harga ikan palmas bichir-bichir adalah Rp. 200.000.

14. Ikan Palmas Buettikoferi

Ikan ini mempunyai corak kuning keemasan dengan adanya corak gelap di sebagian tubuhnya. Bentuk ekor ikan ini melebar dan cenderung berbentuk oval. Harga ikan palmas buettikoferi ini mencapai Rp. 150.000.

15. Ikan Palmas Delhezi

Jenis ini mempunyai sisik pada tubuhnya yang keras dan mempunyai duri yang tajam dan keras di bagian atas. Ikan ini mempunyai kepala yang memanjang dan di bagian rahang atas lebih panjang dibandingkan rahang bawah. Harga ikan palmas delhezi ini bisa mencapai Rp. 500.000.

16. Ikan Palmas Bertanduk

Ikan palmas bertanduk merupakan ikan palmas yang baru menetas dan mempunyai insang tambahan yang mirip seperti salamander axolotl. Ikan palmas tersebut masih berukuran 10 cm sampai 15 cm. Dengan insang yang mirip tanduk tersebut membuat ikan ini mirip seperti naga.

Cara Merawat Ikan Palmas

Untuk merawat ikan ini mempunyai tingatan yang lumayan susah karena banyak persiapan yang harus kamu butuhkan seperti akuarium yang besar dan tinggi sebab ikan ini akan mengambil oksigen dengan naik ke permukaan lalu kembali lagi ke dasar akuarium. Suhu dan pH akuarium juga harus di kontrol, untuk suhu sekitar 16 sampai 27 derajat celsius dan untuk pH 6,5 sampai 7.

Ikan palmas merupakan ikan karnivora dan suka di dasar akuarium jadi makanan ikan palmas bisa diberikan udang, cacing atau serangga seperti jangkrik. Namun jika kamu ingin memberikan pelet maka kamu harus memberikan pelet tenggelam atau pelet pabrik yang khusus untuk ikan hias besar.

Pemberian makan ikan palmas juga harus diperhatikan karena ikan ini termasuk karnivora dan jika telat memberikan makan bisa saja saling menyerang apalagi jika ada ikan yang lebih kecil di aquarium yang sama. 

Untuk membudidayakan ikan palmas ini kamu harus bisa memilih indukan yang bagus namun biasanya indukan yang bagus mempunyai harga yang lumayan mahal. Membedakan ikan palmas jantan dan betina bisa dilihat dari lebar sirip analnya jika jantan sirip analnya lebih besar dibandingkan betina.

Harga Ikan Palmas

Tabel Harga Ikan Palmas

Jenis Ikan Palmas

Harga

Ikan Palmas Albino
Rp 10.000 - Rp 20.000
Ikan Palmas Orna
Rp 250.000
Ikan Palmas Endlicheri
Rp 25.000 - Rp 500.000
Ikan Palmas Senegalus
Rp 15.000 - Rp 40.000
Ikan Palmas Lapradei
Rp 150.000 - Rp 250.000
Ikan Palmas Ansorgii
Rp 365.000
Ikan Palmas Congicus
Rp 250.000
Ikan Palmas Teugelsi
Rp 400.000
Ikan Palmas Mokelembembe
Rp 350.000
Ikan Palmas Retropinnis
Rp 600.000
Ikan Palmas Polli
Rp 150.000
Ikan Palmas Weeksii
Rp 200.000
Ikan Palmas Bichir-Bichir
Rp 200.000
Ikan Palmas Buettikoferi
Rp 150.000
Ikan Palmas Delhezi
Rp 500.000

Itulah penjelasan lengkap dari ikan palmas semoga artikel ini mampu membantu kamu mengetahui tentang ikan palmas. Bagikan artikel ini ke temanmu yang juga membutuhkan pengetahuan tentang ikan palmas. Terima Kasih.

0 Response to "Ikan Palmas - 16 Jenis Ikan Palmas Beserta Harga dan Cara Merawatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel