Ikan Belida - 6 Jenis Ikan Belida Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Ikan Belida - Banyak sekali jenis ikan hias yang bisa dipelihara dari yang ikan hias biasa sampai ke ikan hias predator yang juga mempunyai banyak peminatnya. Contoh ikan predator yang banyak peminatnya yaitu ikan arwana, ikan oscar, ikan belida, dan masih banyak lagi. Kali ini hewan air info akan menjelaskan tentang salah satu ikan predator yang belum dibahas yaitu ikan belida.

ikan belida
ikan belida

Ikan Belida

Hewan air ini memang terkenal untuk di konsumsi dan bisa juga dijadikan bahan makanan untuk pempek, namun sekarang ikan belida ini bisa dijadikan sebagai ikan hias loh dan ada juga jenis ikan belida ini yang sangat cantik.

Ikan ini berasal dari sumatra selatan nama lain dari ikan ini adalah ikan lopis. Keunikan dari ikan ini adalah tubuhnya yang mirip dengan pisau oleh karena itu ikan ini masuk golongan Notopteridae yaitu ikan berpunggung pisau. Nama ilmiah dari ikan belida ini adalah Notopteridae Chitala H.B.

Ikan belida masuk dalam kategori ikan predator karena memakan ikan yang lebih kecil darinya dan ikan ini juga mampu mempunyai berat hingga 7 kg. Hal yang membuat ikan ini seperti pisau adalah sirip di bagian duburnya menyambung hingga ke ekor, jika sedang berenang sirip tersebut tampak sedang berkibar dan terlihat sangat indah. Bagian muka ikan ini cekung dari dekat punggung dan dibagian rahang memanjang.

Untuk ikan belida betina mempunyai sirip yang lebih pendek dari jantan dan tidak menutupu bagian kelaminnya. Sebelum terancam punah ikan belida dulu dijadikan sebagai bahan baku pempek dan pada 2005 ikan ini akhirnya digantikan oleh tenggiri dan mulai dibudidaya oleh Balai Budidaya Air Tawar Mandiangin Kalimantan Selatan. Ikan ini mempunyai jenis yang sering dijadikan ikan hias berikut jenis ikan belida.

Jenis Ikan Belida

1. Ikan Belida Albino

Ikan belida albino merupakan jenis ikan belida yang terkena kelainan genetik yang hanya mempunyai warna putih pada tubuhnya. Namun pada bagian mata ikan ini mempunyai warna merah segar. Ikan ini cocok untuk menghiasi aquarium kamu karena warna putih eksotisnya.

Harga ikan belida albino ini dimulai dari Rp. 165.000 sampai jutaan rupiah terganung dari ukuran ikan belidanya.

2. Ikan Belida Jawa

Ikan belida jawa ini mempunyai warna yang polos perak seperti ikan pada umumnya dan sedikit gelap pada sirip bawah. Ikan belida jawa ini dikabarkan sudah langka karena sering diburu untuk di konsumsi. Walaupun sudah jarang ikan belida jawa yang berwarna polos namun terkadang masih ada yang menjual ikan belida jawa yang jenisnya ikan belida hitam dengan harga Rp. 50.000 sampai  Rp. 150.000.

3. Ikan Belida Bangkok

Ikan belida bangkok ini merupakan jenis yang mudah untuk ditemukan dan harganya pun sangat murah untuk yang termurah harganya bisa mencapai Rp. 16.000 dan untuk yang termahal bisa mencapai Rp. 200.000 tergantung ukuran dan corak bulatan pada ikan jenis ini.

Ikan ini mempunyai keunikan di bagian tubuhnya mempunyai corak bulatan coklat dan di pinggir bulatan tersebut mempunyai warna putih. Ikan ini cocok sekali untuk menghiasi akuarium kamu karena corak yang unik.

4. Ikan Belida Royal

Jenis ikan belida ini merupakan yang paling mahal karena mempunyai keunikan corak yang sangat menarik yaitu adanya totol-totol hitam kecil dan bergaris yang ada di bagian perutnya. Ikan ini mempunyai nama latin yaitu Chitala Blanci.

Harga ikan belida royal ini sangat fantastis untuk yang termurah yaitu Rp. 300.000 sampai yang termahal sampai Rp. 4.000.000 atau mungkin bisa lebih.

5. Ikan Belida Terbesar

Ikan belida besar biasanya hanya bisa ditemukan di alam liar seperti di sungai atau kamu bisa mencariya di sungai daerah sumatera selatan karena disane merupakan habitat aslinya.

6. Ikan Belida Nile Afrika

Ikan belida jenis ini mempunyai bentuk kepala yang berbeda dengan ikan belida yang ada di Indonesia. Ikan ini berasal dari Afrika dan masih jarang ditemukan di Indonesia. Jenis ini juga mempunyai corak yang lebih berwarna dibandingkan ikan belida di Indonesia.

Untuk harga ikan ini yang berukuran kecil dengan ukuran 14 cm sampai 16 cm dihargai dengan Rp. 75.000 dan jika sudah besar bisa mencapai ratusan ribu atau jutaan rupiah.

Cara Merawat Ikan Belida

Ikan Belida merupakan jenis ikan yang tidak agresif ke sesama ikan dengan ukuran yang sama namun jika ikan ini berada di dalam akuarium dengan ukuran ikan yang lebih kecil darinya maka ikan tersebut akan dimakan karena ikan ini juga termasuk sebagai predator.

Hewan ini juga termasuk ikan air tawar yang biasa hidup di rawa, sungai, dan danau jadi membutuhkan air yang hangat untuk memelihara ikan ini. Untuk ikan belida yang masih muda biasanya sensitif jika akan dipindahkan ke akuarium baru dan bisa menyebabkan ikan tersebut mati karena syok, jika ingin memindahkan ke habitat baru seharusnya menunggu sampai ukuran ikan tersebut besar yaitu 25cm keatas agar ikan ini bisa beradaptasi dengan baik.

Ikan ini termasuk dalam kategori predator maka dari itu makanan untuk ikan ini adalah keong, cacing, ikan kecil, atau kamu bisa memberikan pelet kering dan pelet tenggelam. Ikan ini sering berenang di tengah dan bawah bagian akuarium jadi saya sarankan kamu harus mempunyai akuarium yang cukup besar agar ikan ini mampu bergerak dengan bebas di air.

Berikan akarium yang mempunyai filter yang baik karena ikan belida suka dengan air yang memiliki ph yang tinggi. Untuk suhu air yang bagus untuk ikan ini adalah sekitar 24-27 celsius. Berikan hiasan pada aquarium kamu agar tampak seperti habitat ikan belida yaitu rawa-rawa jadi kamu harus memberikan tanaman air, kayu untuk bersembunyi, dan beri alas pasir dan bebatuan.

Jika ingin menggabungkan ikan belida dengan ikan lain saya sarankan untuk menggabungkan dengan ikan yang ukurannya sama seperti ikan arwana. Ikan ini juga bisa terkena penyakit jika akuarium mempunyai air yang kotor dan penyakit yang biasa mengenai ikan belida adalah White Spot.

Untuk mencegah hal tersebut kamu bisa menggunakan air yang bagus seperti air ledeng dan diberikan sinar ultra violet jika ikan belida kamu sudah terkena White Spot maka harus segera disembuhkan dengan menggunakan Methyln Blue dan berikan sesuai anjuran.

Harga Ikan Belida

Tabel Harga Ikan Belida

Jenis Ikan Belida

Harga

Harga Ikan Belida Albino Rp. 165.000 - Rp. 1.200.000
Harga Ikan Belida Jawa Rp. 50.000 - Rp. 150.000
Harga Ikan Belida Bangkok Rp. 16.000 - Rp. 200.000
Harga Ikan Belida Royal Rp. 275.000 - Rp. 4.000.000

Cukup sampai sini penjelasan dari ikan belida ini semoga artikel ini mempu membantu kamu dalam mengenal ikan belida dan bisa merawat dengan baik ikan belida. Terima Kasih.

0 Response to "Ikan Belida - 6 Jenis Ikan Belida Beserta Harga dan Cara Merawatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel