Ikan Botia - 7 Jenis Ikan Botia Hias dan Harga Ikan Botia | Hewan Air Info


Ikan Botia - Kali ini hewanairinfo.blogspot.com akan menjelaskan tentang ikan botia yang juga sering disebut sebagai ikan badut. Ikan botia ini juga tidak kalah populer dengan ikan badut lainnya seperti ikan nemo. Ikan botia ini juga disukai oleh para penggemar aquascape karena ikan botia ini mempunyai tubuh yang kecil dan pas untuk dimasukan ke aquascape yang kecil juga.


Dengan terkenalnya ikan botia ini maka hewan air info akan menjelaskan secara lengkap ikan botia ini dari jenis hingga harga ikan botia. Jadi untuk kamu yang mencari referensi ikan hias yang bagus kamu bisa membaca artikel tentang ikan botia ini.

ikan botia
ikan botia

daftar isi
  1. Ikan Botia
  2. Jenis Ikan Botia
  3. Cara Merawat Ikan Botia
  4. Harga Ikan Botia

Ikan Botia

Ikan botia ini hidup di daerah Indonesia tepatnya Kalimantan oleh karena itu ada juga yang menyebut ikan botia kalimantan, di mana ia tumbuh hingga lebih dari satu kaki panjangnya. Untungnya untuk ikan botia, di antara penggemar akuarium, ikan botia ini menjadi primadonanya. Keunikan dari ikan botia ini adalah tubuhnya bergaris oranye dan hitam, sirip merah, dan perilaku aktif telah membuatnya menjadi salah satu ikan hias paling populer.

Ikan botia badut adalah favorit bagi penggemar hobi air tawar. Ini adalah ikan yang damai dan hidup berdampingan dengan baik dengan hampir semua ikan di dalam aquarium. Ikan botia ini aktif di siang hari. Ada manfaat ikan botia di dalam aquarium loh ikan ini memakan makanan yang jatuh dan juga bisa menjadi pembersih di aquarium. Ikan botia ini juga kadang-kadang disebut ikan tanpa kulit, tetapi memiliki sisik kecil yang tertanam di kulitnya.

Ikan botia ini juga bukan hanya berasal dari indonesia namun ada juga ikan botia india yang berasal dari india yang mempunyai corak yang menarik juga. Nah sekarang hewan air info akan menjelaskan secara lengkap apa aja sih jenis ikan botia, cara merawat dan juga harga ikan botia. Jadi kamu harus membacanya sampai selesai yah.

Jenis Ikan Botia

1. Botia Dario (Bengal Loach)

Ikan Botia - Botia Dario
Botia Dario

Ikan botia jenis bengal ini merupakan ikan botia yang bisa ditemukan di Bhutan yaitu di sungai gaylegphug, dan di bangladesh ikan jenis ini bisa ditemukan di utara dan timur bangladesh. Ikan bengal loach atau botia dario ini juga biasa dikenal dengan queen loach, diacanthus zebra, diacanthus flavicauda, dan botia geto.

Ikan botia jenis ini merupakan jenis ikan botia omnivora atau pemakan segalanya yaitu memakan cacing, udang, ketimun, dan juga zukini.

2. Botia Striata (Zebra Loach)

Ikan Botia - Zebra Loach
Zebra Loach

Ikan botia jenis ini bisa mencapai 9 cm pada ukuran terbesarnya. Ikan ini berasal dari India tepatnya di Ghats Barat. Ikan botia striata ini mempunyai ciri-ciri yaitu garis-garis yang warnanya hitam dan coklat di tubuhnya, namun di bagian ekornya ikan ini bergaris hitam dan putih kecoklatan.

Ikan ini biasa disebut sebagai ikan yang pemalu karena sering bersembunyi di pasir-pasir, tanaman air, ataupun di properti yang ada di aquascape dan aquarium tempat ikan ini tinggal. Ikan ini bukan tipe ikan yang menyendiri melainkan berkelompok, jadi jika kamu ingin memelihara ikan ini di aquarium sebaiknya kamu harus mempunyai 3 sampai 4 ekor ikan karena jika sendiri ikan ini akan menjadi stress.

3. Botia Almorhae (Yoyo Loach)

Ikan Botia - Yoyo Loach
Yoyo Loach

Ikan botia jenis ini sering disebut sebagai ikan botia india, Ikan botia Pakistan, almora loach, dan botia grandi gray. Ikan botia almorhae ini asalnya dari Nepal dan India. Ikan botia almorhae ini memang mempunyai julukan Pakistani Loach ikan ini tidak berasal dari pakistan loh, ikan ini sering ditemukan di aliran sungai gangga yang arusnya tenang.

Ikan botia almorhae ini juga mempunyai corak khas yaitu putih dan hitam abu-abu yang bentuknya abstrak atau tidak beraturan pada sekujur tubuhnya.

4. Yasuhikotakia Morleti (Skunk Loach)

Ikan Botia - Skunk Loach
Skunk Loach

Ikan botia jenis ini mempunyai nama lain yaitu botia morleti, botia horae, dan skunk botia. Ikan botia jenis ini berasal dari negara Thailand tepatnya berada di sungai Mekong, sungai Chao Phraya, dan sungai Mae Klong.

Ikan botia ini mempunyai bentuk mulut yang lebih lancip dibandingkan jenis ikan botia lainnya dibagian rahang dari ikan botia ini mempunyai duri yang bisa menutup maupun membuka. Ikan sunk botia ini mempunyai warna abu-abu perak dan mempunyai garis tebal berwarna hitam pada bagian pangkal ekornya.

Ikan botia jenis ini berbeda dengan ikan botia striata yang pemalu ikan ini cukup agresif dan juga aku sarankan kalo kamu ingin memelihara ikan botia jenis ini sebaiknya tidak dicampur dengan ikan yang lebih kecil karena akan menyebabkan ikan yang lebih kecil akan diserang oleh ikan botia jenis ini.

5. Ambastaia Sidthimunki ( Dwarf Loach )

Ikan Botia - Dwarf Loach
Dwarf Loach

Ikan botia jenis ini mempunyai nama lain yaitu ladderback loach, pygmy loach, dan chain loach. Ikan botia jenis pygmy loach ini asalnya dari negeri Thailand, tepatnya ikan ini berada di lembah Mae Klong dan sungai Khwae Noi lalu di sungai Utaran.

Ikan botia jenis ini mempunyai ciri-ciri garis berpola yang mempunyai bentuk seperti rantai yang warnanya hitam yang lokasinya ada di tengah tubuhnya, dan corak tersebut berada di kepala sampai pangkal ekor. Ikan ini juga sudah mulai punah karena perburuannya di alam liar yang membuat ikan botia jenis ini juga akhirnya dilindungi oleh Thailand.

6. Blue Botia (Yasuhikotakia Modesta)

Ikan Botia - Blue Botia
Blue Botia

Seperti namanya blue botia ikan jenis botia ini mempunyai warna berwarna biru di sekujur tubuhnya namun pada bagian sirip dan ekor ikan botia jenis ini mempunyai warna merah, hal tersebut membuat ada juga nama lain dari ikan botia jenis ini yaitu red finned loach, redtail botia, dan colored botia. Ikan botia jenis ini bisa ditemukan di daerah Vietnam, Laos, Thailand, dan Kamboja.

Bentuk dari ikan botia ini adalah memanjang dan melengkung, warna dari sirip dan ekor ikan botia ini juga bukan hanya berwarna merah namun ada juga yang berwarna kuning. Disaat ikan botia ini masih kecil warnanya akan cenderung ke abu-abu kehijauan.

7. Clown Loach Botia (Chromobotia Macracanthus)

Ikan Botia
Clown Loach Botia

Inilah ikan botia terpopuler di indonesia sebagai ikan hias kecil karena mempunyai warna yang sangat menarik yaitu warna dasar kuning dan terdapat 3 garis lebar yang mempunyai warna hitam. Ikan botia jenis ini juga sering disebut dengan ikan botia badut. Ikan botia badut ini mempunyai 4 pasang sungut.

 Ikan ini juga mempunyai sepasang sirip yang berada di bagian dada. Banyak sekarang yang tidak bisa membedakan ikan botia badut kalimantan dan ikan botia badut sumatera ini, untuk membedakan kedua ikan tersebut adalah pada ikan botia kalimantan mempunyai sepasang sirip pada perut yang warnanya orange kemerahan dan hitam, lalu yang berasal di sumatra siripnya berwarna kemerahan semuanya.

Cara Merawat Ikan Botia

Untuk merawat ikan botia ini lumayan sulit karena ikan botia ini mempunyai sisik atau kulit yang tipis yang membuat ikan botia ini sangat terancam jika ada zat beracun yang masuk ke dalam aquarium, jadi sebaiknya kamu juga tidak memberikan obat atau zat apapun ke aquarium lalu kamu juga harus memastikan air di dalam aquarium harus bersih.

Jika kamu ingin memelihara ikan botia ini secara berkelompok sebaiknya kamu mempunyai ukuran aquarium yang pas agar ikan botia ini bisa bergerak secara bebas di aquarium. Dengan sifat ikan botia ini yang termasuk dalam omnivora atau pemakan segalanya sebaiknya kamu juga sering membersihkan aquarium agar ikan botia ini tidak sembarangan dalam memakan apapun yang ada di aquarium.

Walaupun perkembangan ikan botia ini sangat lambat dan juga tidak bisa maksimal seperti di habitat aslinya, kamu bisa mengoptimalkan perkembangannya dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk ikan botia kamu agar bisa berkembang sampai 15 cm dalam 1 tahun.

Kamu juga harus memberikan dasar aquarium yang nyaman untuk tempat beristirahat ikan botia ini dan pilihlah tanaman yang pas untuk ikan botia ini seperti anubias, microsorum pteropus, dan taxiphyllum. Walaupun pemakan segalanya kamu bisa memberikan pelet ikan botia yang alami seperti artemia, bloodworm, daging ikan, daging udang, beefheart, atau kamu bisa memberikan kacang polong rebus dan ketimun.

Adapun fungsi ikan botia di aquascape adalah bisa untuk membersihkannya karena ikan botia ini terkenal sebagai omnivora atau pemakan segalanya namun kamu juga harus sering menjaga kebersihan aquascape kamu yah, dan ikan botia ini mempunyai fungsi lain yaitu bisa memperindah aquascape kamu karena ikan botia ini juga termasuk dalam ikan hias kecil yang cantik loh.

Harga Ikan Botia


Tabel Harga Ikan Botia

Jenis Ikan Botia

Harga

Harga Ikan Botia Clown Rp 35.000
Harga Ikan Botia Makranda Rp 20.000
Harga Ikan Botia India Rp 28.000
Harga Ikan Botia Kalimantan Rp 25.000
Harga Ikan Botia Modesta Blue Rp 50.000

Itulah penjelasan dari ikan botia secara lengkap semoga kamu bisa mendapatkan referensi untuk ikan hias kamu jadi kamu tidak perlu bingung tentang ikan hias yang akan kamu beli untuk aquascape dan aquarium kamu. Terima Kasih.

1 Response to "Ikan Botia - 7 Jenis Ikan Botia Hias dan Harga Ikan Botia | Hewan Air Info"

  1. Ikan botia banyak jenisnya juga ya..terima kasih banyak ya infonya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel