Ikan Mas Koki - 7 Jenis Ikan Mas Koki Beserta Harga dan Cara Merawatnya


Ikan Mas Koki - Siapa sih yang tidak tahu ikan mas koki ini ? Ikan mas koki ini merupakan ikan hias populer dikalangan para pecintanya. Ikan mas koki ini juga sangat mudah untuk dipelihara karena tidak memerlukan perawatan khusus dan juga ikan mas koki ini jika dibudidaya tidak memerlukan biasa yang besar loh.

Untuk memelihara ikan mas koki ini tidak sesulit saat memelihara anjing dan kucing loh karena ikan mas koki ini tidak memerlukan perawatan ekstra seperti vaksi. Ikan mas koki hanya memerlukan aquarium yang pas untuk bergerak, diberikan makanan secara berkala, dan sering bersihkan juga aquarium minimal 1 kali dalam 2 minggu. Walaupun ikan mas koki ini sering diburu namun ada jenis ikan mas koki termahal loh yang akan hewanairinfo.blogspot.com jelaskan di artikel ini cekidot!!.
ikan mas koki
ikan mas koki

daftar isi
  1. Ikan Mas Koki
  2. Jenis Ikan Mas Koki
  3. Ikan Mas Koki Mutiara
  4. Ikan Mas Koki Oranda
  5. Ikan Mas Koki Black Moor
  6. Ikan Mas Koki Ranchu
  7. Ikan Mas Koki Ryukin
  8. Ikan Mas Koki Bubble Eye
  9. Ikan Mas Untuk Konsumsi
  10. Cara Merawat Ikan Mas Koki
  11. Harga Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Sebelum kita mengetahui jenis ikan mas koki dan harga ikan mas koki sebaiknya kamu mengetahui ikan mas koki dulu. Ikan mas koki atau ikan emas koki ini mempunyai nama ilmiah sebenarnya goldfish yang berarti ikan emas. Walaupun namanya ikan emas namun ikan ini mempunyai banyak sekali jenis warna yang menarik dan tidak melulu hanya emas.

Ikan mas koki ini juga mempunyai kombinasi warna yang sangat menarik dan bisa membuat kamu takjub lalu ingin memeliharanya seperti contoh ikan mas komet, ikan mas shubunkin, ikan mas koki panda, dan masih banyak lagi yang nanti akan saya jelaskan ini. Harga ikan mas koki ini juga ada yang mahal dan ada juga yang terjangkau tergantung dari jenisnya.

Selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa jenis ikan mas koki yang bisa untuk dimakan dan ikan mas hias yang tidak mempunyai daging yang banyak tetapi ikan mas hias ini mempunyai corak yang sangat menarik.

Jenis Ikan Mas Koki

Berikut penjelasan tentang berbagai jenis jenis ikan mas koki beserta gambarnya :

1. Ikan Mas Koki Mutiara

ikan mas koki
Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara ini merupakan jenis ikan mas koki yang paling dicari dengan keunikannya yaitu ikan ini mempunyai sisik yang timbul seperti mutiara. Ikan ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 5 cm - 7 cm.

Ikan mas koki mutiara ini juga mempunyai kombinasi warna yang sangat menarik dengan rata - rata warnanya seperti putih polos, kuning, belang, putih dan merah, putih dan orange. Harga ikan mas koki mutiara ini adalah Rp. 150.000 untuk yang berukuran dewasa. Harga Ikan koki mutiara ini juga termasuk jenis ikan mas koki termahal karena pernah dilelang mencapai harga Rp. 3.000.000.


2. Ikan Mas Koki Oranda

ikan mas koki
Ikan Mas Koki Oranda

Ikan mas koki oranda ini merupakan ikan mas koki yang sulit dipelihara oleh para pemula karena ikan mas koki oranda ini mempunyai pergerakan yang cepat. Keunikan dari ikan mas koki oranda ini adalah ikan ini mempunyai bentuk kepala yang sangat unik dan juga mempunyai kombinasi warna yang sangat variatif.

Ikan mas koki oranda ini berasal dari jepang dan cina ikan ini juga termasuk yang paling dicari oleh para penggemar ikan hias yang ada di dunia. Bentuk kepala dari ikan mas koki oranda ini seperti buah rasberry, ukuran dari ikan mas koki oranda ini sekitar 5 cm sampai 10 cm dan harga ikan mas koki oranda ini termasuk murah dibandingkan dengan harga ikan mas koki mutiara berkisar Rp. 50.000.

3. Ikan Mas Koki Black Moor

ikan mas koki
Ikan Mas Koki Black Moor

Ikan mas koki black moor ini biasa juga disebut sebagai ikan mas koki hitam karena ikan mas koki jenis ini mempunyai warna yang hitam pekat di seluruh tubuhnya dan juga kedua mata dari ikan mas koki black moor ini menonjol. Ikan mas koki jenis ini bisa tumbuh hingga 15 cm dan umurnya berkisar 6 tahun sampai 25 tahun.

Ukuran biasa dari ikan mas koki black moor ini adalah 5 cm sampai 7 cm dan harganya berkisar Rp. 25.000.

4. Ikan Mas Koki Ranchu

ikan mas koki
Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan mas koki ranchu ini merupakan ikan mas koki yang sangat unik karena ikan mas koki ranchu ini mempunyai sirip yang lebih kecil dibandingkan jenis ikan mas koki lainnya dan ikan mas koki ranchu ini mempunyai ukuran tubuh yang bulat dan perut yang juga besar mengakibatkan ikan mas koki ranchu ini sulit untuk berenang secara lincah seperti jenis ikan mas koki lainnya.

Walaupun ikan mas koki ranchu ini sulit untuk berenang tapi ikan mas koki jenis ini disebut juga dengan raja ikan mas oleh para penggemarnya. Warna dari ikan koki mas ranchu ini semuanya cenderung pucat dan pada tengah kepalanya terdapat warna merah. Ukuran ikan  ini berkisar 5 cm sampai 10 cm dan harga ikan mas koki ranchu ini berkisar Rp. 60.000 untuk yang berukuran dewasa.

5. Ikan Mas Koki Ryukin

ikan mas koki
Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan mas koki ryukin ini merupakan ikan mas koki yang sangat cantik yang berasal dari jepang. Tubuh dari ikan mas koki ryukin ini berbentuk pendek dan juga bungkuk dan juga tidak mempunyai punuk. Sirip ikan mas koki ryukin ini juga berbeda dari ikan mas koki ranchu yang kecil ikan mas koki ryukin ini mempunyai sirip yang besar dan ada juga yang besarnya bisa mencapai 2 kali dari tubuhnya sendiri.

Ikan mas koki ryukin ini mempunyai kepala yang berbentuk lancip. Ikan jenis ini sulit dibudidayakan di indonesia jadi tidak salah jika jenis ikan mas koki ini sangat sulit ditemukan di indonesia. Untuk harga ikan mas koki ryukin ini adalah Rp. 80.000.

6. Ikan Mas Koki Bubble Eye

ikan mas koki
Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan mas koki bubble eye ini mempunyai keunikan pada pipinya yang ukurannya besar namun mata dari ikan mas koki bubble eye ini kecil hal tersebut menjadikan ikan mas koki bubble eye ini menjadi ikan mas koki yang menggemaskan. Tubuh dari ikan mas koki bubble eye ini juga tidak terlalu besar yaitu berkisar 15 cm.

Ikan mas koki jenis ini juga termasuk dalam ikan mas koki mahal karena harga per ekornya mencapai Rp. 75.000.

7. Ikan Mas Untuk Konsumsi

ikan mas koki
Ikan Mas Untuk Konsumsi

Jenis ikan mas yang bisa dikonsumsi mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar dari jenis ikan mas hias atau jenis ikan mas koki hias ukurannya pun bisa mencapai 2 kali atau 4 kali lipat dari ikan mas hias. Adapun jenis ikan mas konsumsi ada ikan mas sinyonya, ikan mas taiwan, ikan mas punten yang berasal dari desa punten, ikan mas merah, ikan mas majalaya, dan masih banyak lagi.

Ikan mas terbesar juga ada dan yang terkenal di indonesia adalah ikan mas danau toba yang mempunyai ukuran sangat besar dibandingkan ikan mas jenis lainnya.

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Untuk merawat ikan mas koki dengan baik kamu seharusnya memberikan akuarium yang luas bukan hanya menempatkan ikan mas koki pada sebuah kendi kaca karena pada tempat yang sempit ikan mas koki kamu akan kesulitan dalam mendapatkan oksigen. Tempat yang kecil juga akan menyulitkan kamu karena kamu harus sering menguras airnya untuk bisa mengontrol oksigen yang ada di tempat tersebut.

Jika kamu menggunakan wadah akuarium sebaiknya kamu menutup atas dari akuarium ikan mas koki karena ikan mas koki merupakan tipikal ikan yang suka meloncat ke atas air. Gunakan lampu yang memberikan kehangatan pada aquarium. Berikan aerator dan juga filter untuk membersihkan kotoran pada air di akuarium namun walaupun sudah ada filter kamu juga harus menguras air dalam akuarium minimal 1 kali per 2 minggu.

Jangan lupa juga memberikan makanan kepada ikan mas koki kamu secara berkala berikan makanan pelet pada ikan mas koki namun jangan memberinya secara berlebihan karena jika akamu memberikan secara berlebihan pelet yang tidak dimakan akan membuat akuarium menjadi kotor karena pelet bisa saja tergenang atau masuk ke dasar aquarium.

Harga Ikan Mas Koki

Tabel Harga Ikan Mas Koki

Jenis Ikan Mas Koki

Harga

Harga Ikan Mas Koki Mutiara Rp 150.000
Harga Ikan Mas Koki Ryukin Rp 80.000
Harga Ikan Mas Koki Bubble Eye Rp. 75.000
Harga Ikan Mas Koki Lionhead Rp 65.000
Harga Ikan Mas Koki Black Moor Rp 40.000
Harga Ikan Mas Koki Ranchu Rp 60.000
Harga Ikan Mas Koki Oranda Rp 30.000

Itulah penjelasan lengkap dari ikan mas koki secara lengkap semoga kamu bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini dan jangan lupa untuk share ke teman-teman mu yah. Terima Kasih

0 Response to "Ikan Mas Koki - 7 Jenis Ikan Mas Koki Beserta Harga dan Cara Merawatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel