6 Jenis Ikan Nemo Indah Beserta Harga dan Cara Merawat | Hewan Air Info

Ikan Nemo - Siapa sih yang tidak tahu ikan nemo ini ? ikan ini sudah termasuk seleberitis loh karena ikan ini dijadikan sebagai sebuah film yang namanya nemo. Ikan nemo ini mempunyai banyak sekali sebutan seperti ikan badut dan ikan giru, namun karena terkenalnya film nemo ini menjadikan ikan bernama ilmiah amphiprioninae ini menjadi ikan nemo.

Ikan nemo ini sebenarnya adalah ikan yang mempunyai habitat asli di laut tepatnya ikan ini selalu bersembunyi di terumbu karang warna ikan nemo ini rata - rata berwarna dominan orange, putih, kemerahan, jingga, dan kehitaman. Corak warna tersebut sangatlah menarik untuk para penggemar ikan nemo. Kali ini saya akan membahas tentang ikan nemo air tawar dan juga ikan nemo asli yah karena website ini khusus untuk informasi hewan air.
ikan nemo
ikan nemo

daftar isi

  1. Ikan Nemo
  2. Jenis Ikan Nemo
  3. Premnas Biaculeatus
  4. Amphiprion Percula
  5. Ocellaris Clownfish
  6. Amphiprion Sebae
  7. Amphiprion Polymnus
  8. Amphiprion Chagonesis
  9. Cara Merawat Ikan Nemo
  10. Harga Ikan Nemo


Ikan Nemo


Ikan nemo ini merupakan ikan hias yang berasal dari laut, untuk nama latin ikan nemo ini adalah amphiprioninae ini tersebar di lautan merah, lautan pasifik, dan juga karang besar australia. Di habitat aslinya yaitu di laut ikan nemo ini biasanya bersembunyi pada anemon laut karena anemon laut akan melindungi dirinya dari pemangsa lalu ikan nemo ini juga memakan makanan sisa dari anemon untuk membersihkannya. Ini disebut dengan simbiosi mutualisme yang berarti saling menguntungkan.



Walaupun ikan nemo ini hidup di anemon namun ikan ini tidak terkena sengatan dari anemon laut karena ikan nemo ini mempunyai cairan pada tubuhnya yang membuat ikan nemo ini kebal dari sengatan anemon laut.



Kalo kamu belum tahu ikan nemo ini pernah dijadikan sebuah film loh ada sekuelnya lagi film dari ikan nemo ini juga berjudul nemo untuk kamu yang belum tahu saya akan memberikan kilas balik gambar ikan nemo kartu.


ikan nemo
gambar ikan nemo kartun


Ikan nemo ini menceritakan tentang sebuah orang tua yang kehilangan anaknya lalu berpetualang denan temannya yaitu ikan dori.

Ok sekarang kita kembali ke topik setelah penjelasan sedikit tentang film nemo yah, dengan banyaknya permintaan untuk ikan nemo ini maka banyak pembudidaya ikan hias ini sekarang mulai budidaya ikan nemo air tawar ini dan hasilnya sekarang ikan nemo air tawar menjadi solusi bagi para penggemar ikan nemo yang ingin memeliharanya.

Untuk kamu yang ingin mengetahui harga ikan nemo clownfish ini juga bisa melihat di bawah artikel ini karena hewan air info akan memberikannya secara lengkap

Sebelum kamu ingin memelihara ikan nemo ini sebaiknya kamu harus mengetahui dulu jenis ikan nemo yang mempunyai corak warna yang sangat menawan.

Jenis Ikan Nemo

1. Premnas Biaculeatus (Ikan Nemo Merah Marun)

ikan nemo
Premnas Biaculeatus

Ikan nemo jenis ini mempunyai sebutan lain yaitu ikan nemo merah marun. Sesuai dengan nama dari ikan nemo ini yap ikan nemo ini mempunyai warna merah marun dengan adanya kombinasi corak dari warna putih yang membuat ikan nemo jenis ini sangat bagus untuk dipelihara. Walaupun sebenarnya ikan nemo ini berasal dari perairan indo pasifik.

Namun di era modern sekarang ini kamu tidak perlu khawatir karena sekaran ikan nemo sudah bisa kamu pelihara di akuarium dengan berisi air tawar. Ikan nemo ini mempunyai panjang tubuh mencapai 17 cm. 

2. Amphiprion Percula (Oranye Clownfish)

ikan nemo
Amphiprion Percula

Sesuai dengan namanya ikan nemo ini mempunyai warna dominan oranye dan juga ikan nemo jenis ini sangat populer dan paling sering diburu oleh para kolektor ikan hias. Namun walaupun banyak penggemarnya banyak pembudidaya ikan nemo ini kesulitan dalam membudidaya ikan nemo jenis ini karena membutuhkan kerja keras yang lebih.

Ikan nemo jenis ini juga mempunyai corak warna yang cerah dan juga gerakannya yang lincah.

3. Ocellaris Clownfish

ikan nemo
Ocellaris Clownfish

Ikan nemo jenis ini merupakan ikan nemo yang bisa ditemukan di jepang, australia utara, dan asia tenggara. Ikan ini mempunyai keunikan corak warna hitam dan putih yang sangat menarik. Tumbuh dari ikan nemo jenis ini termasuk dalam kategori gemuk atau gempal dan bentuknya yang menyerupai oval.

Walaupun ikan jenis ini akan terlihat sama saja dengan ikan nemo jenis lain namun kamu bisa membedakannya dari corak warna hitam dari ikan nemo ini.

4. Amphiprion Sebae

ikan nemo
Amphiprion Sebae

Ikan nemo jenis ini mempunyai panjang tubuh yang mencapai 14 cm dan di bagian punggung ikan nemo ini mempunyai duri yang berjumlah 10 sampai 11 duri. Ikan badut ini tidak berwarna orange melainkan berwarna kuning dan mempunyai warna hitam ataupun coklat tua. Warna kuning dari ikan nemo jenis ini ada di bagian sirip di dada dan ekor. Lalu ikan in juga mempunyai warna putih di tubuhnya sebagai pelengkap warna.

Ikan nemo jenis ini berasal dari samudra hindia.

5. Amphiprion Polymnus (Ikan Nemo Kuning)

ikan nemo
Amphiprion Polymnus

Ikan nemo jenis ini mempunyai panggilan lain seperti ikan clownfish saddleback atau ikan nemo kuning seperti namanya ikan jenis nemo ini berwarna kuning atau mendekati warna jingga, lalu di kombinasikan dengan corak putih dan hitam khas nemo. Ukuran dari ikan jenis ini mencapai 13 cm yang membuat ikan nemo jenis ini terlihat kecil daripada ikan nemo jenis lainnya.

6. Amphiprion Chagonesis

ikan nemo
Amphiprion Chagosensis

Ikan nemo jenis ini paling sering ditemukan di kawasan samudra hindia. Ikan nemo jenis ini mempunyai ukuran tubuh yang berkisar 10 cm sampai 18 cm. Warna ikan nemo jenis ini adalah merah kehitam hitaman, kuning, dan 2 corak dasar putih khas ikan nemo lalu untuk warna dasar ikan ini adalah kuning.

Cara Merawat Ikan Nemo

Untuk merawat ikan nemo ini kamu harus memberikan perhatian yang ekstra karena ikan nemo ini memiliki perbedaan dalam perawatannya dibandingkan dengan ikan hias lainnya.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran aquarium yang harus sesuai dengan ikan nemo yang akan kamu pelihara karena ikan nemo ini lebih aktif dibandingkan ikan hias atau ikan air tawar lainnya. Berikan juga air khusus seperti air asin hangat jika tidak ada kamu bisa memilih ikan nemo air tawar untuk dipelihara dan kamu tidak usah pusing untuk menemukan air asin hangat yang seperti air laut,

Lebih baik kamu memberikan sebuah teman karena ikan nemo akan mudah stress jika ikan nemo hanya sendirian pada akuarium. Lebih bagus lagi jika kamu juga memberikan anemon yang pas untuk ikan badut ini tapi kamu juga harus hati - hati karena jika salah jenis anemon ikan badut kamu akan tersengat,

Jangan lupa dengan memberikan alat - alat tambahan seperti filter dan aerator untuk menjaga udara yang ada di aquarium dan juga menjaga aquarium tetap bersih. Kuras juga aquarium secara berkala minimal 2 minggu sekali.

Harga Ikan Nemo

Setelah kamu mengetahui apa itu ikan nemo, jenis ikan nemo, cara merawat ikan nemo, sekarang kamu akan saya beritahu berapa harga dari ikan nemo ini agar kamu membeli sesuai dengan uang yang kamu punyai. Kamu juga bisa mencari jual ikan nemo tawar di pasar ikan terdekat kamu karena sekarang ikan nemo juga ada yang di budidaya di air tawar loh

Tabel Harga Ikan Nemo

Jenis Ikan Nemo

Harga

Harga Ikan Nemo Orange Anemonfish Rp 25.000 - Rp. 50.000
Harga Ikan Nemo Spinecheek Anemonfish Rp 35.000 - Rp. 60.000
Harga Ikan Nemo False Clown Anemonfish Rp 20.000 - Rp. 40.000
Harga Ikan Nemo Clown Anemonfish Rp 15.000 - Rp. 30.000

Itulah penjelasan lengkap tentang ikan nemo semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yah. Terima Kasih.

3 Responses to "6 Jenis Ikan Nemo Indah Beserta Harga dan Cara Merawat | Hewan Air Info"

  1. nama filmnya bukan nemo tapi Finding Nemo

    ReplyDelete
  2. @Zalfa Oriana Terima kasih sudah mengingatkan

    ReplyDelete
  3. Nemo jenis air tawar yang mana min..?makasih sblmnya..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel