Ikan Koi - 12 Jenis Ikan Koi Indah Beserta Harga dan Cara Merawatnya

Ikan Koi - Hewan air yang akan dijelaskan kali ini adalah ikan koi yang merupakan ikan hias air tawar terindah karena hewan air ini mempunyai corak tubuh yang sangat cantik yang membuat hal tersebut menjadikan hewan air ini di sukai para penghobi ikan hias. Ikan koi ini menjadi sebuah penghilang stress bagi para pecinta hias khususnya penggemar ikan koi ini karena dengan menaruhnya di kolam dan melihatnya dari atas akan membuat pikiran kita menjadi tenang.



Ikan koi ini termasuk ikan yang mahal dan harganya mencapai jutaan untuk ikan koi termahal bisa mencapai miliaran rupiah. Pada artikel ini aku akan memberikan informasi tentang ikan koi ini dari jenis jenis ikan koi beserta harganya secara lengkap. CEKIDOT
ikan koi
ikan koi

daftar isi

  1. Ikan Koi
  2. Jenis Ikan Koi Termahal dan Termurah
  3. Cara Memelihara Ikan Koi
  4. Harga Ikan Koi





Ikan Koi


Sebelum kamu mengetahui jenis jenis ikan koi dan harganya kamu harus tahu dulu apa sih ikan koi ini. Ikan koi ini bukan berasal dari indonesia namun ikan koi ini berasal dari jepang ikan ini dianggap sebagai ikan karper di jepang atau yang berarti bersulam emas atau perak. Ikan koi ini mempunyai corak yang cantik dan juga termasuk ikan yang jinak.



Untuk membedakan jenis ikan koi ini hanya berdasarkan warnanya semakin unik dan langka warna dari ikan koi ini akan semakin mahal harganya. Ikan koi ini banyak dipelihara karena ikan ini dipercaya bisa membawa keberuntungan. Di indonesia banyak yang memanggil ikan koi ini dengan sebuatan ikan mas koi.



Dengan semakin menariknya corak dan warna dari ikan koi ini semakin banyak juga orang yang mengincarnya dan harganya akan sangat mahal dan bisa mencapai miliaran. Walaupun mahal harga ikan koi ini tapi yang mengincar ikan koi ini sampai ke seluruh dunia loh. Jika kamu bingung jenis ikan koi termahal apa saja kamu bisa melihat sampai bawah karena aku akan menjelaskan jenisnya di artikel ini dengan lengkap.



Jenis Ikan Koi Termahal dan Termurah


1. Ikan Koi Black Dragon

ikan koi
Ikan Koi Black Dragon



Ikan koi black dragon ini termasuk dalam jenis ikan koi termahal loh karena ikan koi jenis ini pernah dilelang yang dilakukan oleh momotaro koi farm harga ikan koi termahal ini mencapai 2.8 miliar loh. Sekedar information momotaro koi farm merupakan peternakan ikan koi terbaik yang berada di jepang jadi ikan koi black dragon yang dilelang pun mempunyai kualitas terbaik. Momotaro koi farm juga mempunyai banyak jenis ikan koi lain seperti kohaku, sanke, showa, dan lainnya.

Namun ada juga ikan mas koi termahal yang mencapai 27 miliar ikan tersebut jenis kohaku dan dilelang oleh sakai fish farm yang dilakukan pada tahun 2018.



Ikan koi black dragon ini mempunyai harga sangat mahal karena ikan koi black dragon ini mempunyai corak yang unik yaitu perpaduan antara merah, hitam, dan putih. Untuk membudidaya ikan jenis ini sangatlah sulit oleh karena itu populasi dari ikan koi black dragon ini sangatlah sedikit dan tidak sembarang tempat kamu bisa mendapatkannya.



2. Ikan Koi Slayer

ikan koi
Ikan Koi Slayer


Jika tadi ada ikan koi black dragon yang menjadi predikat harga ikan koi termahal mahal sekarang saya akan membahas jenis ikan koi slayer yang juga mempunyai nama lain yaitu ikan koi butterfly yang mempunyai harga terjangkau dan bisa kamu pelihara dirumah. Keunikan dari jenis ikan koi slayer ini adalah dari sirip panjang. Jenis ikan koi slayer ini yang paling dicari adalah jenis ikan koi slayer platinum namun harga ikan koi slayer platinum ini mencapai Rp. 5.000.000.

Harga ikan koi slayer ini adalah yang paling terjangkau dan harga ikan koi kumpany slayer atau ikan koi kumpai ini harganya berkisar Rp. 20.000 untuk ukuran yang kecil dan Rp. 160.000 untuk ukuran dewasa. Untuk ikan koi slayer terbesar hanya maksilam panjang 60 cm untuk yang lokal dan untuk ikan koi impor bisa mencapai 80 cm.

3. Ikan Koi Dainichi Showa

ikan koi
Ikan Koi Dainichi Showa

Hewan air yang bernama ikan koi dainichi showa ini merupakan ikan koi yang mempunyai harga ikan koi termahal loh karena pernah ikan koi dainichi showa ini terjual hingga 2,1 miliar loh untuk 1 ekornya. Hal yang membuat hewan air ini sangat mahal adalah dengan tidak adanya cacat pada tubuhnya, corak warna yang unik, dan sangat berbeda dengan ikan koi pada umumnya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan ikan koi dainichi showa terbaik kamu bisa pergi ke dainichi koi farm yang berada di Ojiya, Jepang. Disana mempunyai banyak koleksi koi terbaik dan juga disana sering mengadakan lelang ikan koi dengan harga yang bisa mencapai miliaran rupiah.

Untuk harga normalnya saja ikan koi ini masih sangat mahal karena harga per ekornya sebesar Rp. 100.000.000. Gimana kamu berniat memeliharanya ?.

4. Ikan Koi Showa

ikan koi
Ikan Koi Showa

Hewan air yang disebut ikan koi showa ini sebenarnya 1 jenis dengan ikan koi sebelumnya namun ikan koi showa ini harganya lebih murah dibandingkan dengan ikan koi dainichi showa. Ikan koi showa ini juga mempunyai keunikan seperti ikan koi dainichi showa yang mempunyai 3 warna, ikan koi showa ini juga mempunyai 3 warna namun warna dominan di ikan koi showa ini adalah hitam.

Harga dari ikan koi showa ini termasuk tidak stabil loh karena dengan ikan koi showa yang tidak ada namun banyak permintaan bisa melambungkan harga mencapai Rp. 1.000.000. Namun untuk harga umumnya biasanya berkisar Rp. 35.000 untuk yang berukuran kecil sampai Rp. 300.000 untuk yang dewasa.

5. Ikan Koi Maruten Kohaku

ikan koi
Ikan Koi Maruten Kohaku

Ikan koi maruten kohaku ini merupakan hewan air yang harganya mencapai miliaran loh karena ikan koi jenis ini saat dilelang di nigata pada tahun 2010 ada yang membelinya dengan harga 1,1 miliar. Harga yang mahal ini dikarenakan bentuk tubuh yang sangat sempurna dan dengan mempunyai panjang tubuh mencapai 60 cm.

Corak jenis ikan koi ini sangatlah cantik karena hanya warna dominan putih dan ada warna merah diatas tubuh ikan koi maruten kohaku ini.

6. Ikan Koi Sanke

ikan koi
Ikan Koi Sanke

Ikan koi jenis ini mempunyai warna yang sangat unik dan mempunyai 3 corak warna yang sangat unik yaitu merah hitam dan putih. Mungkin jika kamu melihat 3 warna tersebut akan sama dengan ikan koi showa namun ikan ini bukan dominan hitam melainkan ikan ini mempunyai dominan warna merah cerah.

Untuk harga dari ikan koi sanke ini sangatlah bervariatif bergantung pada corak di tubuhnya karena semakin unik coraknya maka semakin mahal harga dari ikan koi sanke ini. Harga ikan koi sanke ini di tahun 2019 sekitar Rp. 45.000 untuk yang berukuran kecil sampai Rp. 450.000 untuk yang dewasa.

7. Ikan Koi Blue Showa

ikan koi
Ikan Koi Blue Showa

Ikan koi selanjutnya adalah ikan koi dengan harga fantastis loh karena ikan ini pernah dijual dengan harga yang mencapai 700 juta. Ikan yang mahal tersebut di budidaya oleh farm dainchi koi. Warna dari ikan koi blue showa ini sebenarnya seperti ikan koi pada umumnya hanya seperti merah, putih, dan hitam.

Namun coraknya yang unik membuat harganya sangatlah mahal dan ikan koi blue showa ini juga termasuk besar karena ukurannya 35 cm di usia yang kurang dari 1 tahun.

8. Ikan Koi Kohaku

ikan koi
Ikan Koi Kohaku

Ini dia ikan koi yang paling dicari dan yang paling populer dikalangn para penghobi ikan koi yaitu jenis ikan koi kohaku atau ikan koi kohaku ginrin. Ini juga termasuk dalam harga ikan koi yang cukup mahal karena untuk ukuran dewasanya bisa mencapai Rp. 400.000.

Keunikan pada ikan koi kohaku ini adalah dengan mempunyai 2 corak warna yang khas yaitu merah dan putih. Untuk harga koi kohaku ukuran kecil standar mencapai Rp. 100.000 dan untuk yang anakan harganya mencapai Rp. 40.000.

9. Ikan Koi Ginrin Showa

ikan koi
Ikan Koi Ginrin Showa

Ikan koi jenis ginrin showa ini pernah dijual dengan harga 425 juta, hal yang membuat harga ikan koi ini mahal adalah kejuaraan yang dimenangkan oleh ikan koi jenis ini. Kejuaraan yang dimenangkan itu adalah Supreme Championship National yang dimenangkan 4 kali.

Jenis Ikan koi besar ini termasuk dalam jenis ikan koi yang cepat besar karena juga mampu hidup sampai dengan 15 tahun dan panjangnya bisa mencapai 76 cm.

10. Ikan Koi Asagi

ikan koi
Ikan Koi Asagi

Ikan koi asagi ini merupakan ikan yang sangat unik karena mempunyai warna silver pada tubuhnya yang menyebabkan ikan ini terlihat sangat mewah. Corak lain dari ikan ini adalah warna kuning, putih, oranye, merah.

Ikan ini sering sekali dicari oleh para penggemarnya namun harga dari ikan ini sangat mahal karena per ekornya mencapai Rp. 5.000.000. Walaupun mahal dengan bentuknya yang mewah ini para penghobi ikan koi membeli ikan ini karena jika kamu lihat dari atas kolam kamu akan merasakan hawa yang tenang dari ikan koi asagi ini.

11. Ikan Koi Chagoi

ikan koi
ikan koi chagoi

Kamu yang baru mengetahui ikan chagoi koi ini pasti akan mengatakan bahwa ikan ini adalah ikan mas namun ikan chagoi ini mempunyai satu warna dan tidak bercorak, lalu ikan chagoi koi ini mempunyai warna yang sangat cantik dan ikan koi chagoi ini mempunyai kualitas yang super.

Untuk harga dari ikan koi chagoi ini lumayan mahal yaitu berkisar Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000.

12. Ikan Koi Tancho Showa

ikan koi
Ikan Koi Tancho Showa

Ikan koi Tancho Showa ini mempunyai warna yang sangat menarik dan corak yang dihasilkan ikan koi tancho showa ini sangat indah. Warna khas dari ikan koi tancho showa ini adalah putih, hitam, dan merah di bagian atas kepalanya. Dengan corak yang sangat bagus ini harga dari ikan tancho showa koi ini sangatlah mahal.

Untuk harga ikan koi tancho showa ini mencapai Rp. 9.000.000 untuk yang berukuran 50 cm.

Cara Memelihara Ikan Koi

Cara memelihara hewan air ini juga kamu harus berhati - hati karena ikan koi ini sangatlah mahal, untuk tempat ikan koi ini biasanya para pecinta ikan koi ini selalu menaruh ikan koi dengan jumlah yang lumayan banyak pada kolam air agar mudah dilihat. Inilah cara memelihara ikan koi di kolam adalah dengan menyesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikannya karena ikan koi ini perlu ruang untuk bergerak

Untuk cara memelihara ikan koi supaya cepat besar adalah kamu harus memberikan makanan yang teratur dan juga liat kandngan yang ada di dalam nya seperti protein, lemak, kalori, dan karbohidrat sangat perlu untuk membuat ikan koi kamu menajdi lebih besar. Kamu bisa berikan pelet ikan dan juga cacing sutra untuk kandungan proteinnya. Untuk pelet ikan louhan yang bagus kamu bisa ke artikel ikan louhan.

Pemberian makan juga harus diatur jangan terlalu sering memberikan makanan ke ikan koi kamu. Untuk pemberian cacing sutra ini lebih baik kamu berikan saat ikan koi kamu masih anakan.

Untuk kamu yang tidak punya kolam kamu bisa menggunakan cara budidaya ikan koi di aquarium namun kamu juga harus memperhatikan ukuran aquarium kamu karena ikan koi butuh ruang untuk bergerak untuk contoh misal kamu mempunyai aquarium dengan ukuran 50 cm x 100 cm kamu bisa menempatkannya sekitar 20 ekor namun itupun dengan ukuran ikan koi 10 sampai 15 cm saja.

Kalo kamu ingin membuat kolam ikan koi yang pas buat rumah kamu hewan air info sudah menyiapkan referensi tersebut kamu bisa ke : kolam ikan minimalis terbaik untuk rumahmu

Untuk  kamu yang ingin melihat ikan cupang kamu bisa ke artikel ikan cupang hias

Harga Ikan Koi

Tabel Harga Ikan Koi

Jenis Ikan Koi

Harga

Harga Ikan Koi Kohaku Rp 40.000 - Rp. 400.000
Harga Ikan Koi Sanke Rp 45.000 - Rp. 450.000
Harga Ikan Koi Showa Rp 35.000 - Rp. 300.000
Harga Ikan Koi Slayer Rp 20.000 - Rp. 150.000
Harga Ikan Koi Chagoi Rp 150.000 - Rp. 500.000
Harga Ikan Koi Tancho Rp 125.000 - Rp. 550.000

Setelah kamu mengetahui harga dari ikan koi ini selanjutnya aku akan memberikan dimana tempat jual ikan koi. Untuk yang jual ikan koi bandung kamu bisa pergi ke seiryuu koi carp atau IDO koi disana menyediakan banyak jenis ikan koi, lalu untuk yang jual ikan koi jakarta kamu bisa pergi ke NusaKoi daerah jakarta timur, jakarta koi center daerah jakarta utara, dan Dodo koi daerah jakarta timur.

Kalo kamu di daerah tangerang ada juga yang jual ikan koi tangerang yaitu di xaverius kois, malo koi, dan house of koi. Kalo kamu di bekasi ada juga loh yang menjual ikan koi murah di bekasi yaitu di jatibening koi, ikanesia koi farm, dan koi blitar cibubur. Untuk kamu yang sedang bingung mencari referensi kolam ikan untuk ikan koi kamu hewan air info mempunyai referensinya di kolam ikan koi

Itulah penjelasan lengkap dari ikan koi terlengkap jangan lupa membagikan artikel ini ke temanmu dan jangan lupa juga kunjungi artikel lain dari hewanairinfo.blogspot.com . Terima Kasih

1 Response to "Ikan Koi - 12 Jenis Ikan Koi Indah Beserta Harga dan Cara Merawatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel