Ikan Rtc - 7 Jenis Ikan Hias Berkumis Yang Mempesona


Ikan Rtc - Pada artikel ini hewan air info akan menjelaskan ikan hias berkumis yaitu ikan rtc kamu pasti bingung apakah ada ikan berkumis yang bisa menjadi ikan hias ? ada loh contoh saja ikan sapu sapu mereka walaupun di cap jelek namun mempunyai corak dan keindahan untuk dipelihara sebagai ikan hias sama seperti ikan rtc ini.



Namun sebelum kamu memutuskan untuk memelihara ikan ini sebaiknya kamu mencoba untuk mengetahui secara lengkap tentang ikan ini agar kamu tahu bagaimana cara memelihara ikan ini dengan benar dan bisa bertahan hidup lama saat dipelihara oleh kamu.

ikan rtc
Ikan Rtc
daftar isi
  1. Ikan RTC
  2. Jenis Ikan RTC atau Catfish
  3. Cara Budidaya Ikan RTC
  4. Cara Merawat Ikan RTC
  5. Harga Ikan RTC

Ikan Rtc

Ikan rtc ini mempunyai kepanjangannya yaitu ikan Red Tail Catfish atau biasa disebut dengan lele ekor merah perpaduan ekor dan tubuhnya sangat kontras dan hal tersebut membuat ikan ini sangat digemari untuk di pelihara. Jika warna ekor semakin merah maka umur ikan ini semakin panjang loh.

Ikan ini juga mempunyai ukuran bisa mencapai 1,8 meter dengan berat mencapai 80 kg dan umur ikan ini mampu mencapai 20 tahun. Ikan ini termasuk dalam kategori ikan omnivora atau pemakan segalanya jadi ikan ini masuk dalam kategori ikan predator namun ikan ini mampu hidup dengan jenis ikan catfish lainnya loh.

Ikan ini juga tidak mudah mati maupun sakit bahkan jamur atau panu pun tidak bisa mematikan ikan ini. Namun ikan ini mempunyai mitos loh yaitu jika memakan ikan ini yang mempunyai warna hitam maka kamu akan mendapatkan sial seumur hidup, mitos ini terkenal di negara india.

Jenis Ikan Rtc atau Catfish

1. Corydoras

Ikan Rtc - Ikan Corydoras
Ikan Corysdoras

Ikan jenis catfish pertama adalah ikan corydoras atau nama lainnya adalah armored catfish ikan ini mempunyai ukuran yang kecil ada juga banyak jenis corydoras yang bisa kamu pilih untuk menempati dasar aquarium kamu.

Ikan ini bisa dibarengkan dengan jenis ikan hias lainnya yang ada di aquarium, ikan mempunyai bentuk muka seperti ikan sapu sapu.

2. Banjo Catfish

Banjo Catfish
Banjo Catfish

Ikan ini diberinama banjo karena jenis ikan ini mempunyai bentuk yang mirip dengan jenis ikan banjo cat atau guitarrita. Ikan ini berasal dari amerika selatan, ikan ini juga sering berdiam diri dan masuk dalam golongan ikan nokturnal. Ikan ini mempunyai spesies lain seperti two rayed banjo catfish dan craggy banjo catfish.

3. Flat Nosed Catfish ( Ikan Rtc )

Ikan Flat Nosed Catfish
Ikan Flat Nosed Catfish

Ikan ini ada lah Ikan Rtc atau ikan red tails caitfish ikan ini sangat terkenal diantara jenis ikan predator yang dipelihara. Jika kamu ingin memelihara ikan ini kamu harus siap-siap mempunyai aquarium besar karena ikan ini mampu tumbuh hingga 1 meter lebih.

4. Antenna Catfish

Antenna Catfish
Antenna Catfish

Ikan ini dibagi menjadi 2 golongan yaitu asian antenna catfish dan south antenna catfish. Untuk ikan catfish yang berada di south america mempunyai beberapa jenis yaitu zebra shovelnose, marbled pim, four lined pimelodus, lima shovelnose.

5. Naked Catfish

Naked Catfish
Naked Catfish

Ikan ini mirip dengan ikan jenis synodontis dan suka berenang secara terbalik.

6. Pangasius Catfish

Pangasius Catfish
Pangasius Catfish

Ikan selanjutnya ini lumayan banyak peminatnya ikan ini juga mempunyai sebutan lain yaitu shark catfish karena mempunyai bentuk seperti ikan hiu. Ikan ini mampu tumbuh besar mencapai 1 meter bahkan pernah ditemukan giant mekong catfish yang bisa mempunyai ukuran mencapai 2,5 meter. yang merupakan ikan catfish terbesar.

7. Suckermouth Catfish ( Ikan Sapu Sapu )

Ikan Sapu Sapu

Ikan sapu sapu ini termasuk dalam ikan catfish yang suka membersihkan aquarium walaupun ikan ini sering memakan kotoran namun ikan ini mempunyai corak yang bagus untuk dipelihara dan mempunyai banyak jenis ikan sapu sapu hias.

Cara Budidaya Ikan Rtc

Untuk budidaya catfish ini sangatlah menguntungkan karena tidak akan mudah rugi karena banyak yang mencari ikan catfish ini untuk memulai berbisnis ikan rtc ini anda bisa memulai dengan modal kecil dengan menggunakan lahan kecil dekat pekarangan.

Peralatan untuk budidaya atau merawat ikan rtc ini adalah timba, paralon, teral, kolam yang sudah dibuat, jaring, dan alat-alat untuk membersihkan kolam ikan. Kamu bisa membeli bibit ikan rtc di pasar ikan atau di pengepul ikan hias.

Harga yang dipatok untuk  ikan rtc ini sangatlah menguntungkan berkisar Rp. 15.000 sampai Rp. 30.000 dan itupun masih terus berubah tergantug harganya di pasar. Pemasaran ikan rtc atau catfish pun sangat mudah walaupun persaingan penjual ikan rtc ini sangat banyak.

Cara Merawat Ikan Rtc

Untuk merawat ikan rtc ini sangatlah mudah anda hanya perlu kolam atau aquarium yang besar karena ikan ini mampu tumbuh mencapai 1 meter, ikan ini juga mempunyai pertumbuhan sangat cepat. Ikan ini juga jarang sekali stress ataupun sakit jadi untuk pemula sangat mudah memelihara ikan ini.

Gantilah air yang ada di aquarium ikan rtc iniselama 3 kali seminggu, mengganti air yang ada di kolam ikan atau aquarium juga sebaiknya 15% diganti dengan air segar. Jika kamu berniat mengganti air untuk ikan rtc ini sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama 1 malam agar kaporit yang ada di air akan mengendap di dasar tandon.

Jika kamu memulai memelihara ikan rtc ini saat masih kecil kamu harus menyiapkan tempat untuk bersembunyi ikan rtc kecil ini, kamu bisa menggunakan kayu santigi atau pralon untuk tempat persembunyian ikan ini. Jika sudah beranjak dewasa sebaiknya hilangkan aksesoris yang ada di aquarium agar tidak dimakan oleh ikan rtc ini.

Jangan juga menggunakan heater maupun termometer karena itu berbentuk kaca atau akrilik karena akan mudah dikoyak oleh ikan rtc ini lalu dimakan. Jangan lupa tutup bagian atas aquarium atau kolam anda karena ikan ini sering melompat dan lompatannya juga sangat kuat jadi bisa anda berikan pemberat diatas tutup aquarium maupun kolam anda.

Berikan asupan makanan yang cukup untuk ikan rtc ini jika ikan masih kecil maka sebaiknya sehari 1 kali dan jika sudah berumur 2 tahun maka anda wajib memberikannya 2 kali dalam seminggu karena ikan ini termasuk ikan yang rakus jadi jika anda memberikannya secara sering maka makanan yang diberikan akan cepat habis dan membuat ikan ini membuang kotoran lebih banyak dan membuat aquarium atau kolam lebih cepat kotor.

Kamu juga bisa mencampurkan ikan ini dengan ikan hias lain seperti ikan gabus dan ikan belida. Ingat juga untuk mencampurkan ikan ini dengan ikan yang mempunyai ukuran sama karena jika lebih kecil akan membuat ikan rtc ini memakan ikan lainnya yang lebih kecil

Harga Ikan Rtc

Tabel Harga Ikan Rtc

Jenis Ikan Rtc

Harga

Harga Ikan Rtc Hias Rp. 50.000
Harga Ikan Rtc Platinum Rp. 11.000.000
Harga Ikan Rtc size 35 cm Rp. 300.000

Itulah penjelasan lengkap tentang ikan rtc dan jenis ikan catfish yang mempunyai bentuk yang menarik untuk di pelihara dan bukan cuma untuk di jadikan konsumsi. Jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima Kasih.

0 Response to "Ikan Rtc - 7 Jenis Ikan Hias Berkumis Yang Mempesona"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel