Ikan Hampala - 7 Jenis Ikan Predator yang Bisa di Pelihara


Ikan Hampala - Para pemancing pasti tahu tentang ikan hampala ini karena ikan hampala ini sangat digemari oleh para pemancing karena ikan ini mempunyai tenaga dan kekuatan yang besar jadi sensasi dalam memancing dan tarik menarik dengan ikan ini sangatlah di nanti oleh para pemancing.

Kali ini hewan air info akan membahas secara lengkap tentang ikan hampala ini jadi untuk kamu yang ingin tahu tentang karekteristik ataupun jenis dari ikan hampala ini kamu bisa membaca artikel ini hingga selesai yah.

ikan hampala
ikan hampala
daftar isi
  1. Ikan Hampala
  2. Ikan Hampala Aquarium
  3. Jenis Ikan Hampala
  4. Ikan Hampala Terbesar
  5. Cara Memancing Ikan Hampala

Ikan Hampala

Ikan hampala ini mempunyai berbagai jenis panggilan loh seperti ikan hampal, ikan adungan, ikan hambal, dan ikan hampalong. Namun nama ilmiah dari ikan ini adalah Hampala Macrolepidota. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang sama dengan ikan mas. Ikan ini tersebar di Asia Tenggara dan juga di indonesia bagian barat.

Karakteristik dari ikan ini adalah rahang yang kuat dan sisik yang ukurannya besar dengan adanya noktah hitam yang berada di samping badan yang bisa di bengkokkan. Ikan ini termasuk dalam ikan predator yang memangsa ikan lain namun ikan ini tidak mempunyai gigi. Namun untuk menyerang ikan ini hanya mengandalkan kekuatan pada rahang dan mulutnya yang berukuran besar.

Ikan ini mempunyai sebutan ikan tempalung oleh para pemancing di pulau jawa. Ikan ini sangat menarik bagi kalangan pemancing karena gaya yang menarik dan atraktif saat sedang mengincar umpan mengakibatkan sebuah suara dentuman yang keras dan ikan ini akan cepat menarik umpan tersebut dan melahapnya dengan cepat.

Kekuatan rahang dari ikan ini sangat luar biasa karena mata kail yang keras bisa menjadi lembek jika dikunyah oleh hewan ini. Di sungai ikan ini mudah sekali untuk ditemukan namun para pemancing jarang menemukannya walaupun sudah memberikan umpan yang masih hidup. Anda juga bisa mencoba dengan umpan Minnow khusus dan buatlah seperti sedang bergerak namun umpan ini juga jarang untuk bisa mencapatkan ikan ini tertarik.

Ikan Hampala di Aquarium

Walaupun sering terlihat di sungai air tawar namun ikan hampala ini juga sering untuk dipelihara di aquarium loh adapun contoh ikan hampala yang sudah dipelihara di aquarium.
ikan hampala di aquarium
ikan hampala di aquarium
Jika anda ingin memelihara ikan hampala di aquarium maka hewan air info akan memberikan beberapa informasi tentang jenis ikan hampala ini jadi anda bisa memilih jenis mana yang menurut kamu bagus dan ingin di pelihara di aquarium kamu.

Jenis Ikan Hampala

1. Ikan Hampala Macrolepidota

Ikan Hampala Macrolepidota
Ikan Hampala Macrolepidota

Ikan jenis ini lebih sering terlihat di sungai yang mengalir yang terdapat bebatuan seperti kerikil, batu, dan pasir. Ikan jenis ini mempunyai panjang berkisar 600 mm sampai 700 mm. Ikan ini sering bergerombol dengan spesiesnya dan berkumpul di antara batang pohon yang terendam oleh air sungai.

Ikan ini bisa ditemukan di Semenanjung Malaysia, Borneo, Sumatera, dan Jawa. Ikan hampala jenis ini lebih sering dibudidaya untuk di konsumsi namun tidak banyak juga yang menjadikan ikan ini sebagai ikan peliharaan.

2. Ikan Hampala Ampalong

Ikan Hampala Ampalong
Ikan Hampala Ampalong

Ikan jenis ini berasal dari kalimantan dan sumatera. Ikan ini mempunyai badan dengan sisik yang lumayan agak besar. Punggung berwarna kehitaman dan warna perak pada sisinya. Sirip yang berada di punggung dan ekor warnanya kuning. Lalu sirip lainnya berwarna merah. Ikan ini sering juga digunakan sebagai ikan hias namun saat ikan ini berukuran kecil.

3. Ikan Hampala Bimaculata

Ikan Hampala Bimaculata
Ikan Hampala Bimaculata

Ikan ini tersebar di asia tenggara tempatnya di kalimantan ikan ini mempunyai panjang maksimal yang bisa mencapai 50 cm. Ikan ini suka sekali dicari para pemancing sebagai lawan yang sepadan. Ikan ini juga sering disebut dengan ikan hampala kalimantan.

4. Ikan Hampala Lopezi

Ikan Hampala Lopezi
Ikan Hampala Lopezi

Ikan ini sebenarnya berasal dari filipina, Langbuan, dan Busuanga namun sekarang ikan ini sudah ada di daerah kalimantan. Ikan ini mempunyai warna perak pada tubuhnya.

5. Ikan Hampala Sabana

Ikan Hampala Sabana
Ikan Hampala Sabana

Ikan selanjutnya adalah ikan hampala sabana yang mempunyai ukuran mencapai 41 cm ikan ini sering berada di air tawar tepatnya di sungai. Ikan ini juga dipelihara sebagai ikan hias karena mempunyai warna perak yang indah.

6. Ikan Hampala Dispar

Ikan Hampala Dispar
Ikan Hampala Dispar

Ikan hampala jenis ini mempunyai warna perak dominan namun ada bintik hitam di tengahnya pada sirip belakang mempunyai warna merah yang indah.

7. Ikan Hampala Salweenensis

Ikan Hampala Salweenensis
Ikan Hampala Salweenensis

Ini dia ikan hampala yang sering digunakan juga untuk ikan hias dengan tubuhnya yang ramping dan adanya corak hitam ditengah, di belakang kepala, dan di bagian ekor membuat ikan ini sangat bagus untuk kamu pelihara.


Ikan Hampala Terbesar

ikan hampala besar yang pernah di pancing berada di daerah sungai seluak yang berada di kota putussibau kalimantan barat. Ikan tersebut lumayan besar dan berat perlawanan dalam mendapatkan ikan hampala ini juga lumayan sulit jadi harus di bantu dengan alat. Inilah foto ikan hampala yang sudah ditangkap.

Ikan Hampala Terbesar
Ikan Hampala Terbesar


Cara Memancing Ikan Hampala

Sebelum memancing ikan ini sebaiknya anda menentukan tempat yang terbaik untuk memancing ikan ini. Ikan ini mudah ditemukan di danau, waduk, maupun sungai. Cari tempat yang sesuai dengan habitat ikan ini yaitu di tempat yang aliran airnya deras dan tidak dangkal, ikan ini suka pohon yang tumbang dan cekungan sungai yang berbatu.

Jika anda ingin mencarinya di danau anda bisa menemukannya di dekat gundukan pasir, batuan, atau kerikil karena biasanya ikan ini bergerombol disana untuk mencari makan. Untuk umpan yang jitu untuk ikan in adalah seragga atau udang-udang kecil. Ikan hampala yang berukuran kecil akan berkelompok.

Contoh umpan lain adalah dengan memberikan cacing dan ulat ataupun ikan yang mempunyai ukuran kecil seperti wader, uceng, dan tawes. Kamu juga bisa menggunakan umpan tiruan seperti flies, stickbait, crank bait, pencilbait, spinner, spoon, dan popper.

Kamu bisa menggunakan teknik memancing seperti casting, pelampung, flyfishing, dan glosor karena ikan ini termasuk dalam kategori ikan yang kuat jika sudah tersangkut ke umpan dan akan cenderung berenang berlawanan arah.

Kenali habitat ikan ini agar kamu bisa menemukan tempat memancing yang bagus dan terdapat banyak ikan hampala. Ikan ini suka sekali dengan aliran air sungai yang deras, tepian yang dangkal, dan berpasir. Hal tersebut karena ikan ini sering mencari makanan berupa ikan kecil di daerah tersebut.

Ikan ini akan betah berlama-lama di derah tersebut karena akan banyak makanan yang hanyut. Pada danau dan waduk ikan ini suka sekali dengan daerah yang mempunyai pasir, bebatuan, dan juga kerikil.

Itulah penjelasan tentang ikan hampala semoga artikel ini bermanfaat buat kamu dan jangan lupa untuk membagikan ke temanmu agar tahu apa saja jenis ikan hampala dan bagaimana cara memancing ikan hampala dengan benar. Terima Kasih

0 Response to "Ikan Hampala - 7 Jenis Ikan Predator yang Bisa di Pelihara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel