Ikan Paus - Mengenal Ikan Paus Mamalia yang Hidup di Air Ikan Paus


Ikan Paus - Siapa sih yang tidak tahu mamalia air ini ? ikan yang mempunyai tubuh yang besar ini dan salah satu mamalia yang hidup di air ini memang mempunyai jenis yang sangat bermacam - macam, dari ikan paus yang hanya memakan plankton sampai ikan paus pembunuh. Kali ini hewan air info akan deskripsi ikan paus.



Kali ini hewan air info akan membahas tentang apa saja yang harus kamu ketahui tentang ikan paus ini. Karena ikan paus ini mempunyai banyak sekali fakta-fakta tersembunyi yang banyak dari kalian pasti tidak tahu. OK Cekidot !!!

ikan paus
ikan paus
daftar isi
  1. Ikan Paus
  2. Ikan Paus Terbesar
  3. Ikan Paus Berkembang Biak Dengan

Ikan Paus

Inilah deskripsi ikan paus yang lengkap. Paus adalah makhluk sosial, mamalia bernafas udara, mereka memberi makan anak mereka dengan susu mereka sendiri, dan mereka merawat anak-anak mereka dengan sangat baik dan mengajari mereka keterampilan hidup.

Banyak dari kita percaya paus itu istimewa, mereka tentu saja membangkitkan rasa kagum dan perasaan kekeluargaan. Paus termasuk hewan jinak karena banyak jenis ikan paus yang banyak orang bisa bersentuhan dengan mereka. Untuk makanan ikan paus sendiri sangatlah beragam ada yang memakan daging dan ada juga yang hanya memakan plankton.

Paus itu unik, indah dan anggun. Pada suatu pertunjukan mereka bermain, bernyanyi dan bekerja sama satu sama lain. Saat ini ada 90 spesies paus, lumba-lumba dan lumba-lumba yang diakui mereka secara kolektif dikenal sebagai 'cetacea' atau hanya 'paus'.

Cetacea secara luas dibagi menjadi dua kelompok, tergantung pada apakah mereka memiliki gigi (odontocetes) atau baleen (mysticetes).

Paus Baleen kadang-kadang disebut 'paus besar' karena ukuran keseluruhannya yang lebih besar. Ada 14 paus balin yang tidak mempunyai gigi sama sekali paus ini memiliki lempeng di mulut mereka untuk menyaring makanan mereka - plankton, krill (udang kecil) dan ikan kecil - dari air laut.

Akun paus bergigi untuk semua 76 spesies paus, lumba-lumba dan lumba-lumba yang tersisa dan mereka semua memiliki jumlah gigi yang bervariasi. Paus bergigi makan terutama ikan yang lebih besar, cumi-cumi, gurita dan kadang-kadang, mamalia laut lainnya.

Jadi cetacea mana yang kita sebut 'paus'? Itu tidak terlalu ilmiah tetapi paus mencakup semua paus balin dan paus bergigi besar seperti paus sperma, beluga, narwhal, dan paus paruh.

Karena ikan paus ini merupakan ikan yang sangat terkenal maka tidak dipungkiri bahwa ikan paus ini juga kerap dijadikan ikan paus kartun atau gambar ikan paus 2d. Kali ini saya akan membagikan ikan paus kartun untuk kamu koleksi di hp ataupun perangkat lainnya.

ikan paus
ikan paus kartun
ikan paus
ikan paus kartun
ikan paus
ikan paus kartun

ikan paus terbesar di dunia

Ikan paus memang menjadi hewan air besar namun ada juga beberapa ikan paus yang yang lebih besar dari ikan paus lain. Bisa saja ikan tersebut dinamakan sebagai ikan paus raksasa. Simaklah beberapa jenis ikan paus terbesar dan ikan paus kecil di dunia.

Ikan Paus Biru

ikan paus
ikan paus biru

Ikan paus biru ini merupakan ikan paus gede atau ikan paus terbesar yang ada didunia. Paus biru bukan hanya paus terbesar yang hidup sekarang paus biru merupakan makhluk terbesar yang pernah hidup di Bumi. Paus biru luar biasa raksasa jauh lebih besar daripada dinosaurus manapun, dan raksasa laut lainnya menjalani seluruh hidup mereka di air laut, di mana tubuh mereka didukung sepenuhnya. Mereka adalah makhluk yang luar biasa dan luar biasa!

Paus biru umumnya mencapai panjang mencapai 33 m. Paus biru di Belahan Bumi Selatan umumnya lebih besar daripada paus di Belahan Bumi Utara dan biru betina lebih besar dari jantan.

Paus biru terbesar yang tercatat adalah betina yang diukur di stasiun penangkapan paus Georgia Selatan di Atlantik Selatan (1909), dia 33,58m. Paus biru terberat itu juga adalah seekor betina yang diburu di Samudra Selatan, Antartika, pada 20 Maret 1947. Dia memperkirakan timbangannya mencapai 190 ton yang setara dengan sekitar 30 gajah atau 2500 orang.

Ikan paus biru sekarang sangat langka karena perburuan paus komersial yang tidak terkendali. Beberapa populasi ikan paus dapat terancam punah ataupun malah akan menjadi punah untuk ikan paus biru ini.

Ikan Paus Orca (Ikan Paus Pembunuh)

ikan paus
ikan paus orca

Ikan paus orca atau biasa disebut dengan ikan paus pembunuh ini adalah yang terbesar di antara lumba-lumba dan salah satu pemangsa paling kuat di dunia dan merupakan ikan paus kecil. Mereka langsung dikenali dengan warna hitam-putih mereka yang khas.

Cerdas dan berkelompok, orca membuat berbagai suara komunikatif, dan setiap pod (satu kelompok ikan paus orca) memiliki suara khas yang akan dikenali oleh anggotanya bahkan di kejauhan. Mereka menggunakan ekolokasi untuk berkomunikasi dan berburu, membuat suara yang bergerak di bawah air sampai mereka menemukan benda, lalu bangkit kembali, mengungkapkan lokasi, ukuran, dan bentuknya.

Walaupun ikan paus orca ini hidup di kutub namun ikan paus orca dapat ditemukan dari daerah khatulistiwa. Mereka berada di puncak rantai makanan dan memiliki beragam jenis hewan yang dimakan seperti ikan, penguin, dan mamalia laut seperti anjing laut, singa laut, dan bahkan ikan paus, mereka memangsa menggunakan gigi yang panjangnya bisa empat inci. ikan paus orca juga dikenal memakan anjing laut langsung dari es. Mereka juga makan ikan, cumi-cumi, dan burung laut.

paus orca berburu secara pod atau berkelompok, kelompok keluarga hingga 40 individu. Tampaknya ada populasi ikan paus orca. Kelompok-kelompok yang berbeda ini dapat memangsa binatang yang berbeda dan menggunakan teknik yang berbeda untuk menangkap mereka.

Mereka akan membagi kelompok dan setiap kelompok akan memangsa berbeda makanan seperti contoh kelompok orca ada yang memangsa ikan dan kelompok orca lainnya memangsa anjing laut. Semua polong menggunakan teknik berburu yang efektif dan kooperatif yang disamakan dengan perilaku serigala.

Ikan Paus Berkembang Biak Dengan Cara

Ikan paus merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Pada saat anak ikan paus masih kecil mereka akan sering berada di samping induknya dan mereka juga menyusu pada induknya. Ikan paus bernafas dengan paru-paru layaknya mamalia yang hidu di darat jadi tidak heran jika kamu sering melihat ikan paus menampakkan diri ke atas laut karena ikan paus sedang bernafas untuk mengambil udara di atas air.

Ikan paus juga melakukan perkembang biakkan dengan cara seksual antara paus betina dan paus jantan. Ikan paus betina mencapai umur dewasa sekitar umur 5 tahun sampai 7 tahun dan untuk ikan paus jantan dewasa berkisar 7 tahun hingga 10 tahun.

Saat proses akan berkembang biak ikan paus betina akan memilih ikan paus jantan dengan suara yang disukainya dan paus jantan akan pergi meninggalkan paus betina lalu paus betina akan cenderung melakukan perkembang biak kan lain dengan paus jantan lain.

Melihat tubuh dan biologi paus, ada banyak petunjuk bahwa nenek moyang mereka hidup di darat. Mereka menghirup udara dan merawat anak mereka dengan susu mereka sendiri, mereka juga memiliki sirip berbentuk dayung yang membungkus tulang tangan dengan lima 'jari'. Sebagai embrio, paus memiliki anggota tubuh kecil yang hilang sebelum lahir.

Itulah penjelasan tentang ikan paus secara lengkap dari hewan air info. Untuk request penjelasan ikan lain kamu bisa menuliskan di komentar agar nanti hewan air info akan menuliskan artikelnya secara lengkap. Untuk mencari info tentang ikan kamu bisa ke hewanairinfo.blogspot.com. Terima Kasih

0 Response to "Ikan Paus - Mengenal Ikan Paus Mamalia yang Hidup di Air Ikan Paus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel