Ikan Manfish - 10 Jenis Ikan Manfish Beserta Harga dan Cara Budidayanya


Ikan Manfish - Kali ini hewan air info akan membahas tentang ikan manfish atau ikan angelfish yang sangat cantik. Kenapa ikan ini cantik karena ikan ini mempunyai warna corak yang beragam dan juga gerakan di aquarium yang sangat anggun membuat ikan ini populer dikalangan para penggemar ikan hias air tawar terindah.

Ikan ini juga termasuk dalam kategori ikan karnovora loh, ikan ini juga mudah ditemukan di pasar ikan karena termasuk dalam kategori ikan yang sering dicari. Kali ini aku akan membahas ikan ini secara lengkap dari jenis ikannya, harga ikannya, cara merawatnya, dan juga informasi lain yang pastinya belum kamu ketahui dari ikan manfish ini.

Ikan Manfish
Ikan Manfish


daftar isi
  1. Ikan Manfish
  2. Jenis Ikan Manfish
  3. Cara budidaya Ikan Manfish
  4. Harga Ikan Manfish

Ikan Manfish

Ikan ini mempunyai nama lain yaitu Pterophyllum Scalare dan ikan ini termasuk dalam ikan tropis loh jadi bagus dipelihara di indonesia. Ikan manfish ini termasuk dalam golongan ikan hias besar dan rakus karena suka sekali memakan juvenil dan udang ataupun ikan kecil. Namun kelakuannya yang rakus berbeda dengan tubuhnya yang indah dengan corak yang ada ditubuhnya ini.

Bentuk dari ikan ini adalah lebar dan pipih, ikan ini mempunyai panjang hingga 15 cm ataupun lebih karena ikan ini mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Ikan ini menjadi ikan hias air tawar terindah yang disukai para penggemar ikan hias aquascape. Jika dilihat bentuknya ikan ini mirip sekali dengan ikan discus. merawat ikan ini lumayan sulit namun untuk kamu yang ingin memelihara harus mempunyai aquarium yang besar untuk tempat ikan ini bergerak.

Ikan ini dibesarkan di amerika serikat dan pada saat masih di alamnya angelfish atau ikan manfish ini sangatlah berbeda dari versi sekarangnya. Ikan ini menyukai perairan yang tenang atau lambat seperti dikawasan amerika selatan. Seperti di Brazil, Peru, dan Equador Timur. Ikan ini mempunyai 3 spesies yaitu Pterophyllum Altum, Pterophyllum Dumerilii, dan Pterophyllum Scalare dan jenis yang paling dicari adalah Dumerilii yang merupakan spesies yang langka.

Ikan ini seperti ikan laut yang berbentuk pipih, mempunyai garis hitam, dan warna perak. Bentuk kepala ikan ini mengerucut dan sirip ikan ini terlihat besar. Ikan ini termasuk predator karena memangsa ikan lain yang lebih kecil. Namun sebenarnya ikan ini berasal dari air tawar loh bukan air laut.

Jenis Ikan Manfish

1. Ikan Manfish Altum

ikan manfish altum
Ikan Manfish Altum

Ikan jenis ini mempunyai harga yang mahal karena keindahan bentuk tubuhnya. Ikan ini mampu tumbuh besar mencapai 40 cm jika kamu bisa merawatnya dengan benar, warna dari ikan jenis ini adalah hitam namun ada juga yang berwarna abu-abu dan putih. Ikan ini mempunyai ciri khas yaitu garis vertikal berjumlah 3 yang ada di tubuhnya. Pada ekor jenis ikan manfish ini mempunyai belang yang berwarna putih dan orange.

Ikan ini juga tidak terlalu agresif jika disatukan dengan ikan jenis lain yang seukuran dalam 1 aquarium. Harga ikan manfis althum ini lebih dari Rp. 15.000 

2. Ikan Manfish Dusky Blushing

Ikan Manfish Dusky Blushing
Ikan Manfish Dusky Blushing

Ikan jenis ini mempunyai keunikan yaitu warna pada pipi merah atau blushing lalu di mata ada warna hitam atau dusky. Ikan ini juga sering disebut dengan ikan manfish putih karena warna dominan dari ikan ini adalah putih. Ikan ini sangat mudah ditemui dipasar ikan namun harga dari ikan ini sangat bervariasi tergantung dari ukuran ikan ini.

3. Ikan Manfish Koi

Ikan Manfish Koi
Ikan Manfish Koi

Dengan nama jenisnya yaitu koi ikan ini mempunyai corak seperti ikan koi yaitu dominan putih dengan ada warna orange dan juga corak hitam yang tidak beraturan di sekujur tubuhnya. Ikan ini mempunyai harga mencapai Rp. 15.000 saja. Namun mungkin di daerah kalian akan berbeda harganya.

4. Ikan Manfish Blushing

Ikan Manfish Blushing
Ikan Manfish Blushing

Seperti namanya Blushing yaitu memerah ikan jenis ini mempunyai ciri khas yaitu warna yang memerah di tubuhnya. Pada mata ikan ini mempunyai warna hitam dan di bagian sirip dan tubuhnya mempunyai warna putih tulang. Ikan ini juga masih terjangkau untuk kalian beli dan cari di pasar ikan terdekat.

5. Ikan Manfish Marble

Ikan Manfish Marble
Ikan Manfish Marble

Ikan ini mempunyai ciri khas warna seperti batu marmer dan corak tersebut ada pada seluruh tubuh ikan ini. Pada bagian kepala ikan ini sedikit ada warna kuning lemon atau emas, dan pada siripnya mempunyai garis yang warnanya hitam. Harga ikan ini sangat murah karena berkisar Rp. 5000 sampai Rp. 7.500.

6. Ikan Manfish Gold

Ikan Manfish Gold
Ikan Manfish Gold

Ikan manfish ini mempunyai warna dasar yaitu gold atau emas. Dengan warna emas yang mendominasi sekujur tubuh ikan ini membuat ikan in tampak elegan. Sebenarnya ikan ini mempunyai sedikit warna perak namun karena tidak terlalu dominan maka ikan ini diberi sebutan ikan manfish emas.

Pada bagian sirip dan dadanya berwarna putih dan pada punggung ikan ini berwarna emas hingga sirip bagian perut dan ekor. Saat masih kecil ikan jenis ini tidak langsung muncul warna emas namun seiring bertambahnya umur ikan ini maka ikannya akan bertambah warna emasnya.

Harga ikan ini juga terjangkau karena hanya berkisar Rp. 7.500 sampai Rp. 15.000 tergantung ukuran dan tempat dimana kamu membelinya.

7. Ikan Manfish Setengah Hitam

Ikan Manfish Setengah Hitam
Ikan Manfish Setengah Hitam

Ikan Manfish setengah hitam atau half black ini sangatlah unik jika kamu ingin memelihara ikan ini namun ikan jenis ini belum terkenal dikalangan ikan hias. Warna ikan ini adalah setengah hitam pada bagian belakang dan di perut dan sirip punggung mempunyai warna dasar setengah hitam.

Harga ikan ini sangat murah yaitu Rp. 5.000 namun harga bisa lebih mahal jika ukuran dan corak setengah hitam ikan ini makin unik.

8. Ikan Manfish Silver

Ikan Manfish Silver
Ikan Manfish Silver

Ya seperti namanya ikan ini mempunyai warna dominan perak dengan adanya garis vertikal yang berwarna hitam. Biasanya garus yang ada di tubuhnya berjumlah 3, keunikan lainnya adalah ikan ini mempunyai warna kuning yang kehitaman yang ada di bagian atas tubuhnya dari bagian kepala hingga ekor. Ikan ini mudah ditemukan di Indonesia dan ikan ini mempunyai harga yaitu Rp. 10.000.

9. Ikan Manfish BW Slayer

Ikan Manfish BW Slayer
Ikan Manfish BW Slayer

Ikan Manfish BW Slayer ini adalah ikan manfish black and white slayer berarti ikan ini merupakan ikan manfish jenis slayer dengan warna dominan yaitu hitam dan putih. Ini merupakan ikan manfish yang sangat digemari oleh para penggemar ikan hias. Keunikan dari ikan in iadalah warna yang  hitam dan putih lalu tubuh ikan ini mampu mencapai 20 cm atau lebih.

Bentuk sirip yang panjang atau seperti slayer ini membuat keunikan dari ikan ini bertambah dan harus di pelihara oleh kamu. Harga ikan ini lumayan terjangkau berkisar Rp. 10.000 sampai 25.000 saja.

10. Ikan Manfish Zebra

Ikan Manfish Zebra
Ikan Manfish Zebra

Ikan ini hampir sama dengan Ikan Manfish BW Slayer hanya saja yang membedakan dengan ikan manfish zebra ini adalah ikan ini tidak mempunyai sirip yang atau tubuh yang panjang (slayer). Ikan ini mudah ditemukan di pasar ikan dan mempunyai harga yang terjangkau juga.

Cara Budidaya Ikan Manfish

Untuk memulai budidaya ikan manfish ini sangat memerlukan sebuah ketelitian dan kesabaran agar bisa mendapatkan corak warna angelfish yang bagus dan indah. ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan oleh kamu untuk budidaya ikan ini.

1. Mempunyai Wadah Untuk Pemijahan


Langkah awal dalam budidaya ikan ini adalah anda mempunyai wadah khusus untuk pemijahan ikan ini. Kamu bisa menggunakan aquarium maupun kolam ikan menurut saya jauh lebih baik kamu bisa menggunakan aquarium karena dengan tempat yang tembus pandang kamu bisa lebih mudah dalam mengawasi ikan kamu.

Untuk aquariumnya kamu bisa membeli dengan ukuran P80 cmx L40 cm x T40 cm, Jangan lupa untuk membersihkan dinding pada aquarium menggunakan spons atau kamu bisa memakai desinfektan pada dinding aquarium bagian dalam. Setelah dibersihkan bilas aquarium itu sampai bersih.

Lalu isi aquarium tersebut dengan air dan diamkan selama 1 hari atau 24 jam setelah itu aquarium pemijahan sudah siap untuk ditinggali oleh indukan.

2. Bedakan Indukan Ikan Manfish Betina dan Jantan


Untuk mendapatkan bibit ikan yang bagus kamu harus bisa membedakan mana indukan jantan manfish yang bagus dan indukan manfish betina yang bagus.Pilihlah ikan yang terlihat sehat untuk dijadikan indukan. Berikut perbedaan ikan manfish jantan dan betina.

Untuk ciri-ciri ikan manfish jantan yaitu mempunyai bentuk kepala yang lumayan besar, ukuran yang lebih besar dibandingkan betina, jika dilihat dari atas manfish jantan terlihat pipih, dan diantara mulut ke sirip bagian punggung mempunyai bentuk cembung.

Ciri-ciri ikan manfish betina yaitu ukuran tubuh dan kepala lebih kecil dari manfish jantan, pada bagian perut terlihat besar atau menonjol jika kamu lihat dari bagian punggung, dan diantara mulut dan sirip punggung membentuk sebuah garis.

3. Pemijahan Indukan Manfish


Saat anda berhasil melakukan pemilihan indukan manfish lalu anda masukan kedua indukan tersebut pada aquarium dengan perbandingan 1 banding 1 dan jangan lupa untuk memberikan paralon pada aquarium yang fungsinya untuk bertelur induk betina manfish.

Setelah selesai prosesnya maka indukan akan memebrsihkan paralon tersebut dan memulai menempelkan telurnya di paralon tersebut dan manfish jantan akan sering menyemprotkan telor tadi dengan sperma dengan tujuan untuk membuahinya.

4. Perawatan untuk Larva


Pisahkan telur dengan induknya karena jika tidak maka telur tersebut akan dimakan oleh induknya sendiri, masukan telur tersebut di aquarium yang sudah diberikan methlene blue agar telur tidak terjangkit jamur parasit.

Setelah 2 sampai 3 hari telur akan menetas dan menghasikan larva ikan. Pada saat masih larva tidak usah diberikan makanan kurang lebih 3 hari karena saat larva mereka masih memiliki cadangan makanan sendiri. Kamu harus menyiapkan pakan yang alami untuk larva ini yaitu artemia dan kutu air. Jika sudah berusia 4 sampai 5 hari dan si larva ini mulai berenang berarti mereka sudah tidak punya cadangan makanan.

5. Melakukan Pendederan untuk Bibit Ikan Manfish


Saat bibit ikan sudah berusia 1 bulan maka bibit ikan tersebut harus dipindahkan ke aquarium yang airnya sudah di biarkan selama 1 hari. Sebaiknya pendederan bibit ikan ini dipilih dengan ukuran tubuh yang sama. Jadi kamu membutuhkan beberapa aquarium yang berbeda-beda untuk menampung bibit ikan yang mempunyai ukuran berbeda-beda.

Pada proses ini bibit ikan diberikan makanan seperti cacing sutra.

6. Proses Pembesaran Ikan Manfish


Untuk membuat ikan manfish menjadi besar maka kamu harus memberikan makanan cacing sutra pada minggu pertama dan di minggu berikutnya kamu harus memberikan pelet halus atau masih menggunakan cacing sutra.

Pemilihan kedua makanan tersebut tergantung dari sulitnya kamu mendapatkan stock makanan tersebut karena pemberian makanan ini akan dilakukan sebagai langkah pembiasaan untuk 1 jenis makanan yang nantinya akan terus diberikan sampai besar.

Kamu juga harus sering mengganti air setiap 2 minggu sekali dan kamu juga bisa memberikan filter agar oksigen dalam aquarium disuplai dengan baik. Proses ini dilakukan sampai usia 3.5 bulan, jika aquarium sudah terasa penuh kamu bisa memindahkan ikan pada usia 1,5 bulan ke tempat lainnya.

7. Proses Sampling


Proses ini bisa dilakukan setiap 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali agar kamu bisa memantau perkembangan ikan manfish ini. Kamu bisa menggunakan timbangan digital dan mistar untuk digunakan sebagai alat ukur berat dan panjang dari ikan ini. Sampling ini juga digunakan untuk menentukan jumlah pakan yang baik untuk diberikan pada ikan ini dengan persentase 5% sampai 15 % dari berat tubuh ikan perhari.

8. Pemberian Makanan Pada Proses Pembesaran


Pada saat proses pembesaran kamu bisa memberikan makan ikan tersebut 2 kali sehari pada saat pagi dan juga sore, Pakan yang digunakna bisa pelet halus maupun cacing sutra. Jangan memberikan jumlah pakan yang berlebihan karena pakan sisa akan membusuk di dalam air dan bisa memicu adanya bakteri penyakit ( ini untuk jenis pakan pelet ) .

lebih bagus diberikan cacing sutra dengan setiap minggunya diberikan tambahan takaran karena ikan manfish setiap minggu ukuran akan bertambah terus.

9. Menanggulangi adanya Penyakit


Ikan ini mudah untuk terkena penyakit dan penyakit yang sering menjangkiti ikan ini adalah fin rot. Penyakit tersebut sering menyerang ikan yang mempunyai sirip panjang seperti manfish ini. Penyebab adanya penyakit tersebut adalah bakteri Flexibacter Collumnaris.

Tanda-tanda ikan manfish terkena penyakit tersebut adalah adanya luka dan berdarah di bagian sirip atau pada bagian sirip adanya geripis. Cara mengatasi penyakit ini adalah memisahkan ikan yang terkena penyakit tersebut dan sesegera mungkin mengganti air aquarium dengan yang baru. Lalu kamu bisa memberikan desinfektan pada air aquaium yang baru.

Ikan yang sudah dipisahkan diberikan aquarium atau wadah khusus lalu berikan larutan NaCl 15% dan rendam ikan selama 30 menit dengan diberi Acrivalvine berdosis 0,3 mg/1.

Harga Ikan Manfish


Tabel Harga Ikan Manfish

Jenis Ikan Manfish

Harga

Harga Ikan Manfish Black Angel Rp. 2.500
Harga Ikan Manfish Platinum Red Eye Rp. 13.500
Harga Ikan Manfish Zebra Rp. 5.000
Harga Ikan Manfish Silver Rp. 7.000
Harga Ikan Manfish Marble Rp. 5.000
Harga Ikan Manfish Slayer Black White Rp. 20.000




0 Response to "Ikan Manfish - 10 Jenis Ikan Manfish Beserta Harga dan Cara Budidayanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel